Terbit: 17 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Jika kalian sering mengantuk saat jam kerja di kantor maupun di sekolah padahal waktu istirahat sudah cukup, maka kalian harus mewaspadai kemungkinan mengalami afternoon slump. Pahami apa itu afternoon slump, penyebab, ciri, dan cara mengatasinya!

Kenali Afternoon Slump: Penyebab, Ciri, dan Cara Mengatasinya

Apa itu Afternoon Slump?

Afternoon slump adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan perasaan ngantuk atau lesu di siang hari, tepatnya antara pukul 1 siang hingga 3 sore. Beberapa sumber lain menyatakan bahwa afternoon slump biasanya dialami oleh karyawan maupun pelajar antara pukul 2 siang hingga 3 sore.

Afternoon slump biasanya tidak dapat ditahan, dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi saat bekerja. Orang yang mengalaminya akan cenderung melakukan kesalahan kerja dan tidak fokus pada jam-jam tertentu.

Tak hanya itu, afternoon slump juga dapat memengaruhi mood seseorang. Mungkin karena kondisi yang lesu dan ngantuk sehingga orang yang mengalaminya bisa jadi lebih mudah tersinggung atau marah.

Hal tersebut tentunya sangat berdampak buruk terhadap kinerja karyawan, pekerja, dan kemampuan belajar para siswa.

Baca Juga: Sindrom Kelelahan Kronis: Ciri-Ciri, Penyebab, Pengobatan, dll

Penyebab Afternoon Slump?

Afternoon slump dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, antara lain:

1. Ritme Sirkadian

Ritme sirkadian adalah jam internal dalam tubuh kita yang berfungsi untuk mengatur kapan waktunya tubuh kita beristirahat dan kapan waktunya kita terbangun. Ritme ini bekerja sama dengan otak dan berdampak terhadap kondisi kesehatan tubuh kita.

Secara alami, ritme sirkadian mengatur jam istirahat tubuh kita pada pukul 2 hingga 4 dini hari dan pukul 1 siang hingga 3 sore. Oleh sebab itu, pada jam-jam tersebut biasanya kita akan mengalami rasa kantuk yang tidak tertahankan.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur atau insomnia juga bisa menjadi penyebab utama terjadinya afternoon slump. Saat tubuh kita kurang tidur, maka kondisi tubuh kita akan cenderung lebih mudah lelah dan mengantuk di pagi hingga siang hari. Ini siklus yang alami sebagai upaya yang otak lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

3. Terlalu Banyak Konsumsi Karbohidrat

Aktivitas bekerja yang padat seringkali membuat kita cenderung makan siang dalam jumlah banyak, atau setidaknya mengkonsumsi nasi dalam jumlah banyak. Ini kebiasaan yang buruk yang bisa membuat tubuh jadi lelah dan mengantuk.

Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah besar saat makan siang membuat kadar gula dalam darah meningkat secara tajam, sehingga dapat memicu perasaan lesu dan moody.

4. Dehidrasi

Air adalah unsur paling banyak yang terkandung dalam tubuh manusia. Dehidrasi merupakan suatu kondisi di mana manusia kehilangan setidaknya 1,5% dari kandungan air dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh padatnya aktivitas kerja.

Saat mengalami dehidrasi, tubuh kita akan cenderung mudah lelah, lesu, atau bahkan moody. Beberapa orang mungkin mengatasinya dengan kopi atau teh, namun sebenarnya air mineral saja cukup untuk mengembalikan cairan tubuh.

5. Stres

Selain aktivitas fisik, stres yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan. Pasalnya ketika kita terlalu fokus untuk menyelesaikan suatu permasalahan, sebenarnya secara tidak sadar kita telah mengerahkan seluruh energi kita untuk mencari jalan keluar.

Baca Juga: Sering Ngantuk? Ini 10 Rekomendasi Minuman yang Bikin Melek

Ciri-Ciri Orang yang Mengalami Afternoon Slump

Orang yang mengalami afternoon slump biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Menguap secara berulang kali dan terus-menerus;
  • Mengantuk tidak tertahankan;
  • Tubuh merasa kelelahan;
  • Penglihatan menjadi kabur atau sulit fokus;
  • Otot-otot menjadi lemas seperti tidak bertenaga sama sekali;
  • Mood berubah-ubah dan seringkali menjadi mudah marah atau tersinggung;
  • Selalu ingin mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis; dan
  • Pada beberapa kasus, ada pula yang mengalami sakit kepala dan sakit perut.

Baca Juga: 15 Penyebab Sering Mengantuk yang Umum dan Jarang Disadari

Cara Mengatasi Afternoon Slump 

Afternoon slump sangat mengganggu produktivitas kita terutama saat bekerja. Jika kalian mengalami afternoon slump, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasinya:

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari 

Ritme sirkadian sebenarnya bisa kita atur sendiri dengan cara mengontrol paparan cahaya pada tubuh. Ketika kita bekerja terlalu lama di dalam ruangan, maka tubuh kita tak banyak terkena paparan sinar dan kondisi jadi lebih gelap serta temaram. Akibatnya, tubuh akan cenderung mengantuk.

Oleh sebab itu, usahakan agar meluangkan waktu sebentar saja berjemur di bawah sinar matahari agar otak kita mengatur ritme sirkadian dan tubuh tidak lagi mengantuk atau merasa lelah. Bila tidak memungkinkan, buka jendela sambil melakukan stretching sebentar.

2. Konsumsi Protein

Kedua, pastikan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat saat jam makan siang. Alih-alih karbohidrat, konsumsilah protein untuk menjaga agar tubuh menjadi kenyang lebih lama dan tentunya lebih bersemangat serta fokus dalam menjalani aktivitas.

3. Konsumsi Air yang Cukup

Dehidrasi merupakan salah satu alasan yang menyebabkan terjadinya afternoon slump. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kalian mengkonsumsi air dalam jumlah cukup. Apalagi bagi kalian yang bekerja di luar ruangan dan banyak melibatkan aktivitas fisik.

4. Hindari Kafein

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh saat sedang mengantuk di siang hari justru dapat berakibat pada kurangnya jam tidur di malam hari.

Alih-alih kafein, kalian bisa mengoleskan minyak yang memiliki aroma mint pada tubuh atau meletakkannya di sekitar kalian untuk menjaga tubuh tetap terjaga.

5. Tetap Produktif

Terakhir, untuk menghindari perasaan lesu dan kantuk yang semakin parah maka kalian bisa menyiasatinya dengan cara tetap bekerja dengan produktif.

Alihkan fokus pada pekerjaan, atau mungkin dengan melakukan hal-hal yang memicu aktivitas fisik, seperti merapikan meja dan mengorganisir berkas.

Kalian juga bisa menyiasatinya dengan mendengar lagu dengan irama yang menyenangkan atau berinteraksi dengan rekan kerja. Bila perlu, cuci muka agar tidak mengantuk dan semangati diri sendiri lagi agar tetap semangat menjalani sisa hari.

 

  1. McManus, Elicia. 2019. The Afternoon Slump – What Causes It And How To Avoid It. https://yourwellspace.com/the-afternoon-slump-what-causes-it-and-how-to-avoid-it/. (Diakses pada 25-12-2021).
  2. Wolfe, Lahle. 2019. The Symptoms and Causes of—and Cures for—an Afternoon Slump. https://www.thebalancecareers.com/causes-of-afternoon-slump-3514765. (Diakses pada 25-12-2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi