Terbit: 15 July 2022 | Diperbarui: 22 July 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Selama menjalankan program hamil, buah-buahan menjadi salah satu asupan penting untuk mendukungnya. Jika sudah bosan dengan buah yang dikonsumsi langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi jus. Simak daftar jus untuk membantu program hamil berikut ini!

10 Jus Buah untuk Membantu Program Hamil

Daftar Jus untuk Membantu Program Hamil

Serat tak hanya membantu meningkatkan bakteri baik di usus, kandungan ini juga dapat membantu mengatur hormon dan menurunkan tingkat stres.

Buah-buahan menjadi pilihan makanan yang mengandung serat. Selain itu, pada dasarnya buah-buahan memang baik untuk mendukung program hamil atau promil.

Kesehatan pencernaan yang baik, hormon yang seimbang, dan stres yang terkendali, pada akhirnya dapat mendukung Anda menjalani promil.

Apa saja jus buat kesuburan rahim? Berikut ini daftarnya:

1. Jus Beri

Jus buah beri, seperti bluberi, stroberi, dan raspberry, merupakan pilihan asupan yang baik untuk dikonsumsi selama menjalankan program hamil.

Buah ini mengandung asam folat dan zinc. Keduanya merupakan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Penting untuk Anda ketahui, radikal bebas dapat memengaruhi kualitas sperma dan sel telur.

Tambahkan jus beri ke dalam asupan harian Anda selama merencanakan program kehamilan. Jangan lupa kombinasikan dengan makanan yang mengandung protein dan lemak yang sehat agar memperoleh zat gizi seimbang.

Baca JugaPantangan Makanan agar Cepat Hamil yang Harus Diketahui Pria & Wanita

2. Jus Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah-buahan yang sebaiknya Anda konsumsi selama menjalani promil. Buah berwarna hijau ini mengandung asam folat yang tinggi. Seperti yang Anda ketahui, asam folat merupakan nutrisi penting yang baik untuk program kehamilan.

Selain folat, alpukat juga mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat membantu mendukung kesuburan. Vitamin E yang tinggi dalam alpukat dapat memperbaki lapisan rahim, sedangkan vitamin K bermanfaat untuk membantu tubuh Anda menyerap vitamin dengan baik.

Tak hanya itu, jus alpukat menyimpan kandungan tinggi potasium. Garam mineral ini merupakan nutrisi penting yang baik untuk air mani.

3. Jus Jeruk

Buah citrus, seperti jeruk, jeruk bali, dan berbagai jenis jeruk lainnya merupakan sumber vitamin C terbaik. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi lain, seperti kalsium, potasium, dan folat.

Perlu Anda ketahui, seluruh kandungan tersebut baik untuk kesuburan. Oleh karena itu, jus jeruk merupakan jus untuk membantu program hamil.

4. Jus Pepaya

Pepaya kaya akan kandungan asam folat, salah satu nutrisi penting untuk mendukung program hamil. Jumlah kandungan folat di dalam pepaya hampir sebesar 13 persen.

Jus pepaya juga mengandung vitamin C. Kandungan ini adalah antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

5. Jus Delima

Buah delima menyimpan beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti protein, serat, vitamin, potasium, dan folat.

Kandungan dalam buah ini memiliki efek antioksidan, antivirus, dan antitumor. Bahkan, jumlah kandungan antioksidan di dalam delima tiga kali lebih tinggi daripada teh hijau dan anggur.

Selain itu, sejumlah nutrisi pada jus delima dapat mendatangkan khasiat tertentu pada tubuh, seperti mengobati diabetes tipe-2, menjaga tekanan darah agar terkendali, dan mendukung program hamil.

Sebuah studi menemukan bahwa buah delima dapat membantu meningkatkan aliran darah ke rahim dan mengentalkan lapisan rahim. Hal ini akan membantu mengurangi risiko keguguran.

Baca JugaAdakah Posisi Bercinta agar Cepat Hamil? Cek Penjelasannya

6. Jus Bit

Jus untuk kesuburan rahim selanjutnya adalah buah bit. Buah ini memang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti asam folat, potasium, dan nitrat.

Seperti yang telah diketahui jika folat merupakan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi selama merencanakan kehamilan.

Selain itu, melansir Glamour, buah ini dapat meningkatkan aliran darah ke rahim untuk membantu implantasi embrio. Bit juga baik untuk Anda yang sedang menjalankan program fertilisasi in vitro (IVF).

7. Jus Semangka

Semangka mengandung amino acid yang bernama citrulline. Kandungan inilah yang membuat semangka menjadi buah yang segar dikonsumsi di tengah cuaca dingin. Pasalnya, citrulline memiliki efek menarik pembuluh darah sehingga dapat membantu mendinginkan suhu tubuh.

Selain itu, jus ini juga baik untuk program kehamilan karena kandungan citrulline tersebut mampu melebarkan pembuluh darah sama seperti efek viagra dalam mengatasi disfungsi ereksi. Karena alasan tersebut, buah ini dapat menjadi afrodisiak (meningkatkan hasrat seksual) alami.

8. Jus Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu buah yang tinggi akan kandungan vitamin C. Jumlahnya sendiri bahkan dapat memenuhi sebesar 138 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.

Selain itu, jus ini juga baik untuk kesuburan rahim karena mengandung likopen. Senyawa ini mampu mendukung program hamil Anda.

Menurut penelitian, pria yang mengonsumsi sayuran atau buah-buahan dengan kandungan ini dapat meningkatkan kualitas sperma hingga 70 persen.

Baca JugaMengenal Konsepsi dan Perannya dalam Kehamilan

9. Jus Apel

Jus untuk program hamil ini mungkin cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari. Selain menjadi buah favorit kebanyakan orang, manfaat apel untuk kesuburan juga tidak main-main.

Namun, apel sebaiknya Anda konsumsi secara langsung daripada mengolahnya menjadi jus. Pasalnya, khasiat apel terhadap kesuburan berasal dari kulitnya yang menyimpan sebagian besar serat.

10. Jus  Kiwi

Jus untuk membantu program hamil berikutnya adalah jus kiwi. Buah ini kaya akan vitamin C. Perlu Anda ketahui, 100 gram kiwi mengandung sekitar 80 persen kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Khasiat ini ikut berkontribusi terhadap keberhasilan program hamil yang sedang Anda jalankan.

Itulah daftar jus untuk membantu program hamil. Kombinasikan jus buah tersebut dengan makanan bergizi sehat lainnya untuk meningkatkan keberhasilan Anda dalam menjalani program hamil.

 

  1. Anonim. Male and Female Fertility Benefits of Watermelon. https://www.fertilitytips.com/male-and-female-fertility-benefits-of-watermelon/. (Diakses pada 15 Juli 2022).
  2. Dineshwori, Longjam. 2020. Trying to get pregnant? Drink pomegranate juice daily to boosthttps://www.thehealthsite.com/pregnancy/conceiving/trying-to-get-pregnant-drink-pomegranate-juice-daily-to-boost-your-fertility-771646/. (Diakses pada 15 Juli 2022).
  3. Gonzalez, Irina. 2020. 19 Foods That May Increase Fertility for the Ultimate Fertility Diet. https://www.glamour.com/story/foods-that-increase-fertility. (Diakses pada 15 Juli 2022). your fertility. 
  4. Kubala, Jillian. 2022. 4 Health Benefits of Kiwi. https://www.healthline.com/nutrition/kiwi-benefits. (Diakses pada 15 Juli 2022).
  5. Willett, Elizabeth. 2021. The Importance of Potassium and Sodium for Fertility Health. https://natural-fertility-info.com/potassium-sodium-for-fertility-health.html. (Diakses pada 15 Juli 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi