Terbit: 5 Maret 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kira-kira apa jenis sayuran termahal di indonesia? Yuk, simak fakta unik tentang sayuran paling mahal, bagaimana rasanya, dan apa saja kandungan nutrisinya pada pembahasan ini! 

11 Jenis Sayuran Termahal di Dunia, Apa Khasiatnya bagi Kesehatan?

Jenis Sayuran Termahal di Dunia

Pernahkah terpikir ada bayam seharga jutaan rupiah? atau kentang yang dihargai ratusan dolar AS per kilonya. Berikut ini adalah 11 sayuran termahal dari seluruh dunia, di antaranya:

1. Hop Shoots

Hop Shoots juga dikenal dengan nama hop asparagus. Sayuran ini sangat mahal, sekilonya dihargai sekitar €1,000 atau setara dengan Rp 16.000.000. Harga fantastis ini disebabkan oleh sulitnya membudidayakan hop asparagus. 

Selain itu, sayuran termahal dunia ini hanya dapat tumbuh di ketinggian 200-1.900 meter di atas permukaan laut. Pada suhu 10-15 derajat Celsius. Proses pemanenan juga sangat sulit karena petani harus benar-benar teliti saat mencari tunasnya. 

2. Kentang La Bonnotte

Kentang lokal di Indonesia dapat dibeli dengan harga puluhan ribu rupiah saja. Namun, kentang La Bonnotte berharga 640 dollar AS atau sekitar Rp 9.200.000 per kilonya. Kentang ini menjadi sangat mahal karena jumlah hasil panennya sangat terbatas. 

Dalam satu tahun, hanya dapat dihasilkan 100 ton kentang La Bonnotte. Rasa kentang khas Prancis ini juga sangat khas dan lezat. Sebagai hasil dari pertanian yang intensif dan pemupukan secara manual yang teliti. 

Proses pemanenan kentang ini hanya dapat dilakukan maksimal selama tujuh hari. Kentang juga dimakan bersama dengan kulitnya karena di situlah rahasia kelezatannya.

3. Wasabi Root

Wasabi disebut juga cabai Jepang, memiliki rasa pedas menyengat yang khas. Khusus wasabi root, rasanya sangat unik dan segar. Berbeda dengan wasabi biasa.

Wasabi root juga hanya dikembangkan di beberapa pertanian di Jepang bagian utara, China, Korea, Taiwan, dan Selandia Baru. Harganya 146 dollar AS per kilogram atau sekitar Rp 2.000.000.

4. Selada Pink

Nama lain selada pink adalah pink radicchio. Selain rasanya yang segar dan sedikit pahit dan teksturnya yang renyah, sayuran ini juga memiliki warna merah jambu yang cantik. 

Per kilogram sayuran ini mencapai 20 dollar AS atau setara dengan Rp 280.000.

5. Bayam Yamashita 

Jika selama ini di Indonesia ada bayam hijau dan bayam merah, maka di Jepang ada bayam spesial. Namanya bayam Yamashita, diambil dari petani yang mengembangkannya: Asafumi Yamashita. 

Bayam ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membudidayakannya. Hasil panennya juga sangat terbatas dan perawatannya sangat intensif. 

Harga bayam Yamashita di pasaran adalah 26 dollar AS per kilogram atau setara Rp 364.000.

6. Jamur Matsutake

Masih dari Jepang, kali ini dari jenis tumbuhan spora yaitu jamur Matsutake.  Harga sayuran termahal ini antara 4.000 hingga 6.000 dollar AS per kilogram. Nilai itu setara dengan Rp 56.000.000 hingga Rp 94.000.000. Wow, hampir seharga sebuah city car!

Baca Juga: 20 Sayur dan Buah Warna Ungu serta Manfaatnya bagi Kesehatan

7. Yartsa Gunbu

Yartsa Gunbu adalah jamur khas yang hanya tumbuh di Tibet. Harga jamur ini 2.000 dolar AS atau sekitar Rp28.800.000 per ons. Jamur ini hanya tumbuh di badan ulat moth hantu yang sudah mati.

Selain itu, Yartsa Gunbu juga hanya dapat berkembang biak di ketinggian 3.000-5.000 meter. Selama berabad-abad jamur mahal ini telah menjadi simbol kekuatan dan seksualitas pria. Karena sifat afrodisiaknya ini pula Yartsa Gunbu kerap disebut ‘Viagra Himalaya’.

8. Kacang Polong Spanyol

Dengan harga 350 dolar AS atau sekitar Rp4.300.000 per pon, kacang polong Spanyol menjadi sayuran termahal berikutnya. 

Hanya dapat tumbuh di desa Getaria, regional Basque, dan Spanyol, kacang polong ini menjadi tanaman endemik mewah yang lezat.

Kacang polong Spanyol adalah bahan makanan kegemaran para chef Michelin. Dikembang oleh seorang petani bernama Jaime Burgana di pertaniannya yang berdekatan dengan Laut Cantabrian.

Lokasi pertanian tersebut yang menjadikan rasa kacang polong Spanyol khas dan lezat. Dengan paduan rasa manis, gurih dan sedikit asin serta mengandung sedikit air di dalam kulitnya.

9. Jamur Truffle Putih

Selain Yartsa Gunbu dan Matsutake, masih ada jamur truffle putih yang menjadi salah satu sayuran paling mahal. Jamur truffle putih dapat mencapai harga 3.000 dolar AS per kilogram atau setara dengan Rp 41.000.000. 

Jamur ini hanya dapat ditemukan di Italia dan Kroasia dan letaknya terkubur sekitar satu kaki di bawah tanah. Untuk menggalinya diperlukan anjing khusus yang telah terlatih. 

Jumlahnya sangat terbatas dan rasanya sangat lezat, tidak heran jika harganya juga fantastis.

10. Kacang Polong Mange 

Kacang polong mange berwarna putih dan berbentuk pipih. Hanya dipanen saat masih muda dan rasanya sangat lezat. Harganya di pasaran sekitar Rp 32.000.000 per kilogram.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Sayur Hidroponik atau Sayur Biasa?

11. Jamur Alba 

Seperti halnya jamur truffle putih, jamur Alba juga hanya dapat ditemukan di Italia. Tepatnya di daerah Alba.

Rasanya sangat lezat dan kaya akan protein serta antioksidan. Jamur Alba tidak dijual di sembarang pasar. Jamur ini hanya dijual dengan cara lelang dan harganya dapat setara dengan rumah mewah. Yaitu 3 miliar rupiah! Fantastis sekali, bukan?

Demikian 11 sayuran termahal di dunia. Bagaimana dengan sayuran termahal di Indonesia? Ternyata negara kita belum memiliki sayuran dengan harga fantastis di pasar internasional. 

Tetapi berbagai produk dari Indonesia dibanderol dengan harga tinggi di luar negeri. Sebut saja rempah-rempah, kopi luwak, dan kangkung!.

 

  1. Anonim. 2021. 7 Most Expensive Vegetables in the World. https://successstory.com/spendit/most-expensive-vegetables-in-the-world. (Diakses pada 26 Februari 2022).
  2. Anonim. 2020. Most expensive vegetables in the world. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/most-expensive-vegetables-in-the-world/photostory/76087586.cms. (Diakses pada 26 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi