Terbit: 26 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Jari tangan yang tiba-tiba membengkak bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari masalah ringan hingga kondisi medis tertentu. Kenali beberapa kemungkinan penyebab jari tangan bengkak dalam ulasan berikut!

Inilah Penyebab Jari Tangan Bengkak yang Perlu Diwaspadai

Mengenali Penyebab Jari Tangan Membengkak

Pembengkakan atau edema dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, seperti tangan, lengan, kaki, pergelangan kaki, telapak kaki, ataupun jari tangan.

Kondisi ini tentu membuat Anda tidak nyaman. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya, ya? Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab jari tangan bengkak yang perlu Anda waspadai:

1. Cedera

Cedera bisa berakibat pada robekan pada ligamen, melukai tendon, hingga kejadian patah tulang. Tak jarang, beberapa kondisi tersebut mengakibatkan jari tangan membengkak.

Umumnya, pembengkakan jari tangan akibat cedera muncul berbarengan dengan rasa nyeri dan memar.

2. Infeksi

Jika jari tangan terluka, ada kemungkinan bagi bakteri untuk menginfeksi. Pada gilirannya, kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan.

Beberapa infeksi yang dapat menjadi penyebab jari tangan bengkak, di antaranya:

  • Herpetic whitlow: Infeksi herpes yang mengakibatkan jari bengkak, melepuh, dan berdarah.
  • Felon: Infeksi yang berisi nanah. Orang yang terinfeksi bisa merasakan sakit pada ujung jari.
  • Paronychia: Infeksi pada dasar kuku akibat jamur atau bakteri.

Jari yang bengkak akibat infeksi biasanya disertai dengan rasa panas, nyeri, dan kemerahan pada jari. Tak jarang, orang yang mengalami infeksi pun mengalami demam atau kedinginan.

Baca JugaPenyebab Tangan dan Kaki Bayi Dingin, dari yang Ringan hingga Serius

3. Arthritis

Arthritis adalah kondisi peradangan kronis pada satu atau lebih sendi yang menyebabkan kekakuan. Seiring bertambahnya usia, arthritis dapat memburuk.

Rheumatoid arthritis (RA) dapat memengaruhi lapisan sendi sehingga berpotensi mengakibatkan pembengkakan, nyeri, dan kekakuan. Gejala RA bisa menimpa kedua tangan.

Sementara itu, psoriasis arthritis adalah jenis radang sendi yang memengaruhi penderita psoriasis. Psoriasis adalah kondisi kulit yang ditandai dengan bercak merah pada kulit dan bersisik. Kondisi ini bisa menyerang bagian tubuh dan cenderung menyerang jari-jari tangan, kaki, dan punggung bagian bawah.

Kondisi ini bisa membuat jari-jari sangat bengkak. Pembengkakan kemungkinan juga terjadi pada jari-jari sebelum ada tanda-tanda nyeri sendi.

4. Obat-obatan Tertentu

Penyebab jari tangan bengkak tiba-tiba salah satunya adalah penggunaan obat-obatan tertentu.

Biasanya jari bengkak akibat obat-obatan bukan merupakan kondisi medis serius. Namun, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada dokter jika merasa khawatir.

Adapun beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan pembengkakan pada jari tangan, antara lain:

  • Obat tanpa resep dokter, seperti aspirin, ibuprofen, steroid, dan naproxen.
  • Obat diabetes atau tekanan darah tinggi.
  • Obat nyeri saraf, seperti gabapentin dan pregabalin.
  • Terapi hormonal dengan estrogen atau testosteron.

5. Carpal Tunnel Syndrome

Ketika saraf yang membentang dari lengan bawah ke telapak tangan terjepit di pergelangan tangan, saat itulah carpal tunnel syndrome berkembang. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab jari tangan bengkak.

Pembengkakan biasanya disertai dengan rasa sakit, rasa terbakar, kesemutan, atau mati rasa di tangan dan jari. Gejala umumnya berkembang perlahan seiring waktu.

6. Angioedema

Penyebab tangan bengkak selanjutnya oleh angioedema. Kondisi ini terjadi ketika adanya pembengkakan yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap sesuatu.

Selama reaksi alergi, histamin dan bahan kimia lainnya dilepaskan ke aliran darah. Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan yang mendadak di bawah kulit, baik dengan atau tanpa gatal-gatal.

Pembengkakan biasanya terjadi pada bibir dan mata. Namun, tangan, kaki, dan tenggorokan juga bisa mengalaminya.

7. Penyakit Raynaud

Kondisi ini terjadi ketika arteri mengalami penyempitan, yang biasanya disebabkan oleh cuaca dingin atau stres. Penyempitan arteri membatasi sirkulasi darah.

Jika jari bengkak muncul disertai dengan nyeri seperti ditusuk atau rasa nyeri lainnya ketika sirkulasi kembali, waspadai kemungkinan penyakit Raynaud.

Waspadai juga jika jari-jari atau tangan kebiru-biruan atau pucat sebelum membengkak. Pasalnya, itu adalah salah satu indikator penyakit Raynaud.

8. Masalah ginjal

Ginjal bertugas untuk membuang limbah dan cairan dari tubuh. Jika fungsinya terganggu, salah satu tanda yang bisa diamati adalah pembengkakan pada jari, kaki, dan sekitar mata.

Hipertensi dan diabetes adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan masalah ginjal.

Baca Juga11 Penyebab Ujung Jari Terasa Kebas yang Patut Diwaspadai!

9. Preeklampsia

Salah satu kemungkinan penyebab jari tangan yang membengkak adalah preeklampsia. Kondisi ini biasanya muncul di akhir kehamilan, dikarenakan terjadinya kenaikan pada tekanan darah yang dapat memengaruhi kesehatan secara sistemik.

Beberapa gejala yang dapat muncul, di antaranya:

  • Tangan dan wajah membengkak.
  • Sering mengalami sakit kepala.
  • Perubahan pada penglihatan.
  • Berat badan bertambah.
  • Sakit perut.

10. Scleroderma

Penyakit autoimun ini menyebabkan tubuh memproduksi kolagen terlalu banyak. Jika tubuh kelebihan protein ini, bagian tubuh lainnya bisa ikut terpengaruh, misalnya jari tangan. Jari tangan Anda bisa menjadi kaku dan membengkak layaknya sosis.

Itulah beberapa penyebab tangan bengkak yang mungkin tidak Anda sadari. Jika mengalami jari bengkak disertai gejala lain yang mengganggu, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

 

  1. Ambardekar, Nayana. 2021. Reasons Why Your Fingers Are Swollen. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-swollen-fingers-reasons. (Diakses pada 26 September 2022).
  2. Guo, Lily. Swollen Fingers What Are They, Causes, Treatment, and More. https://www.osmosis.org/answers/swollen-fingers. (Diakses pada 26 September 2022).
  3. Lockett, Eleesha. 2021. What Causes Swollen Fingers and How to Treat Them. https://www.healthline.com/health/swollen-fingers. (Diakses pada 26 September 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi