Terbit: 5 Januari 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara cek BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) untu produk mungkin masih terdengar asing untuk Anda. Namun, langkah ini sangat penting untuk memastikan keamanan produk yang beredar di pasaran. Yuk, ketahui cara mengecek keamanan produk melalui BPOM berikut ini.

Begini Cara Cek BPOM untuk Pastikan Keamanan Obat dan Makanan

Apa Pentingnya Cek BPOM?

Beberapa jenis produk, seperti makanan, obat-obatan, suplemen, dan kosmetik harus mengantongi izin edar dan nomor dari BPOM. Hal ini bertujuan untuk melindungi kesehatan konsumen dari produk yang tidak sesuai standar atau produk palsu.

Tidak sedikit produk di pasaran yang tidak memiliki izin edar dan nomor BPOM atau izin palsu, sehingga berisiko membahayakan bagi kesehatan konsumen. Untuk itu penting mengecek keamanannya melalui cek BPOM.

BPOM berfungsi untuk mengawasi, mencegah, dan mendeteksi produk yang akan didistribusikan di Indonesia. Lembaga ini juga berfungsi mengelola keamanan seluruh produk pangan dan kosmetik dari luar negeri yang akan diedarkan di Indonesia.

Pilihan Cara Cek BPOM

Terdapat beberapa pilihan cara mengecek keamanan produk melalui BPOM, mulai dari yang manual, online, hingga melalui aplikasi yang dibuat oleh lembaga ini. Jika produk yang Anda cari tidak terdaftar, perlu diwaspadai keamanannya.

Nah, berikut ini beberapa pilihan cara mengecek produk melalui BPOM:

1. Cara cek BPOM secara manual

Dalam membantu konsumen memilih produk secara bijak, BPOM mengampanyekan CeKLIK atau cek KLIK. Ini adalah cara cek obat dengan KLIK dengan tujuan untuk mencegah kemungkinan konsumen menggunakan produk tidak resmi, palsu, atau kedaluwarsa.

Berikut cara memeriksa produk dengan cek KLIK:

  • K (Kemasan). Mengecek apakah kemasan produk dalam keadaan baik atau tidak, dengan memastikan produk tidak sobek, berlubang, penyok, lembek karena lempap, atau tidak karatan.
  • L (Label). Cek label dengan membaca informasi produk yang tertera dalam kemasan dengan saksama. Penting juga untuk memeriksa komposisi, kegunaan obat, golongan obat, dosis, aturan pakai, interaksi obat, dan lainnya.
  • I (Izin Edar). Periksa pula izin edar produk dengan memastikannya memiliki izin edar dari BPOM, caranya dengan memeriksa nomor registrasi. Suatu produk harus diwaspadai jika produk tidak mempunyai izin edar.
  • K (Kedaluwarsa). Periksa tanggal kedaluwarsa produk, caranya dengan memastikan bahwa produk tidak melewati masa kedaluwarsa saat akan menggunakannya. Produk yang sudah kedaluwarsa tidak akan efektif dan bisa saja membahayakan kesehatan Anda.

Baca Juga: Berbahayakah Minum Obat Kedaluwarsa?

2. Cara cek melalui website BPOM

Cara cek BPOM kosmetik, obat, hingga makanan juga dapat dilakukan secara online melalui situs resmi BPOM. Berikut ini caranya:

  • Masuk ke situs resmi BPOM: https://cekbpom.pom.go.id/.
  • Pilih produk berdasarkan nomor registrasi.
  • Masukan nomor registrasi BPOM yang terdiri dari gabungan angka dan huruf antara 13-15 digit.
  • Tekan cari atau enter.

Cara ini akan memberi tahu Anda tentang keaslian nomor registrasi atau menyesuaikan produk yang dibeli dengan yang terdaftar pada BPOM. Apabila hasil pencarian tidak menampilkan data, kemungkinan produk yang akan Anda gunakan belum terdaftar.

Jika tidak mengetahui nomor registrasi BPOM, cukup dengan memasukan merek atau nama produk yang akan Anda cari. Caranya sama dengan mengecek menggunakan nomor registrasi.

2. Cara cek BPOM menggunakan aplikasi

Tahapan cara cek BPOM skincare, kosmetik, obat, hingga makanan menggunakan aplikasi, berikut di antaranya:

  1. Buka aplikasi cek BPOM yang telah terinstall pada smartphone atau tablet dengan mengklik icon cek BPOM.
  2. Membuat akun atau log in dengan akun Google.
  3. Pilihlah kategori kata kunci yang akan dimasukkan.
  4. Masukkan kata kunci yang dicari pada kolom yang telah tersedia.
  5. Tekan tombol CARI.

Data produk yang disajikan dalam aplikasi ini, termasuk:

  • Nomor registrasi
  • Jenis produk, seperti obat, obat tradisional, suplemen makanan, kosmetik, dan makanan dan minuman
  • Nama produk
  • Tanggal Terbit
  • Nama dagang (merek)
  • Jumlah dan kemasan
  • Bentuk sediaan produk
  • Komposisi produk
  • Nama perusahaan pendaftar dan produsen

Berikut ini tips mengecek menggunakan aplikasi:

  • Jika kata kunci dimasukkan sesuai dengan salah satu produk yang terdaftar di Badan POM, aplikasi akan memberikan output yang sesuai.
  • Jika kata kunci yang dimasukkan tidak sesuai dengan data produk yang terdaftar di Badan POM, aplikasi akan menampilkan pesan peringatan “Data Tidak Ditemukan.”

Baca Juga: Aturan Memilih Obat untuk Swamedikasi Batuk dan Flu

Itulah cara cek produk BPOM, mulai dari obat-obatan, suplemen, kosmetik atau skincare, dan makanan. Langkah ini untuk mencegah dan melindungi konsumen dari produk tidak resmi, palsu, atau kedaluwarsa. Semoga informasi ini bermanfaat ya, teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2016. Cara Menggunakan CEK BPOM. https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/10052/Cara-Menggunakan-CEK-BPOM.html (Diakses pada 5 Januari 2022)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Fungsi Utama BPOM. https://www.pom.go.id/new/view/direct/function (Diakses pada 5 Januari 2022)
  3. Anonim. 2018. Pastikan Obat dan Makanan Aman dengan Cek KLIK. https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/14863/Pastikan-Obat-dan-Makanan-Aman-dengan-Cek-KLIK.html (Diakses pada 5 Januari 2022)
  4. Anonim. Tanpa Tahun. Aplikasi CEK BPOM – Badan Pengawas Obat dan Makanan. https://www.pom.go.id/new/admin/dat/20160128/Aplikasi_Cek_BPOM_cara_pengunaan.pdf (Diakses pada 5 Januari 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi