Terbit: 30 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cacingan sering dianggap sebagai penyakit yang biasa dan pasti dialami oleh anak-anak. Mengetahui keadaan yang dianggap biasa ini orang tua jadi kerap tidak acuh dan akan langsung memberikan obat cacing kalau anak sering lemas meski nafsu makan tidak pernah turun.

5 Penyebab Cacingan pada Anak yang Sering Diabaikan

Penyakit cacingan yang terjadi pada anak sebenarnya sangat berbahaya. Cacing yang terus menyerap nutrisi yang dihasilkan tubuh bisa menurunkan kecerdasan anak. Akibatnya, tumbuh kembang anak jadi terganggu saat dewasa. Agar hal-hal yang tidak diinginkan ini bisa dihindari beri obat cacing setahun 2 kali dan waspadai penyebabnya berikut ini.

1. Tidak cuci tangan sebelum makan
Saat bermain, anak akan menyentuh apa saja termasuk tanah atau banda kotor lainnya. Sekilas tangan anak memang terlihat bersih, tapi kalau dilihat di bawah mikroskop, telur cacing atau kuman lain bisa saja menempel sehingga kalau digunakan untuk makan bisa berbahaya.

Setiap akan makan wajibkan anak cuci tangan meski mereka menolak dan berkata kalau tidak memegang benda kotor.

2. Bermain tanah dan tidak memakai sandal
Membatasi anak untuk selalu di dalam rumah memang akan membuat mereka jadi sakit-sakitan. Namun, kalau bermain terus di tanah dan tidak memakai alas kaki juga bisa berbahaya. Untuk itu, setelah anak bermain tanah, mintalah mereka cuci tangan dan kaki hingga bersih untuk menghindari ada larva cacing yang menempel pada kulit.

3. Mengonsumsi daging yang belum cukup matang
Daging mengandung cacing pita meski jumlahnya tidak banyak. Saat memasak daging, pastikan sudah benar-benar matang. Kalau daging yang dimasak tidak matang, ada kemungkinan anak akan terkena cacing pita yang berbahaya.

4. Jajan sembarangan
Jajan sembarangan di lingkungan tidak sehat masih memungkinkan makanan terkena kotoran. Kotoran ini bisa datang dari lalat yang beterbangan atau dibawa oleh angin dan membuat makanan jadi tidak higienis.

5. Bermain di perairan yang kotor
Larva cacing banyak terdapat di perairan kotor seperti sungai, kolam, atau danau. Kalau anak bermain di sana dan sempat mandi di dalamnya, segera minta mereka membersihkan diri agar tidak ada cacing yang masuk ke dalam tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi