Terbit: 5 September 2022 | Diperbarui: 6 September 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Testosteron adalah hormon seks yang paling penting bagi sistem reproduksi pria. Jika tubuh kekurangan hormon ini, seorang pria dapat mengalami beberapa masalah kesehatan. Apa tanda kadar testosteron rendah? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

13 Ciri-ciri Pria Memiliki Hormon Testosteron Rendah

Ciri Kadar Testosteron Rendah pada Pria

Jika kadar testosteron turun drastis, seorang pria akan mengalami beberapa gejala. Tanda testosteron rendah sering kali tidak terlihat, jadi penting untuk mengetahui gejalanya.

Berikut ini ciri-ciri kadar testosteron rendah, di antaranya:

1. Gairah Seks Menurun

Pria dengan kadar testosteron yang rendah sering kali mengalami penurunan libido. 

Meskipun hasrat seks yang berkurang terjadi secara alami seiring bertambahnya usia, tetapi ketika penyebabnya adalah kadar testosteron rendah, pria akan mengalami penurunan keinginan untuk berhubungan seks secara signifikan.

2. Massa otot berkurang

Testosteron adalah hormon yang berperan dalam perkembangan massa otot, dan penurunan kadar hormon bisa menyebabkan hilangnya massa otot secara signifikan.

Namun, menurut sebuah ulasan, kekurangan hormon testosteron dapat menyebabkan penurunan massa, fungsi, dan kekuatan otot tidak berkurang.

3. Massa tulang berkurang

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang yang sering terjadi pada wanita, tetapi pria dengan testosteron rendah juga bisa mengalami pengeroposan tulang.

Hormon testosteron membantu memproduksi dan memperkuat tulang, sehingga pria dengan testosteron rendah (terutama pria yang lebih tua), mungkin memiliki volume tulang lebih rendah dan lebih rentan mengalami patah tulang.

4. Susah Mencapai dan Mempertahankan Ereksi

Testosteron membantu mencapai dan mempertahankan ereksi pada pria. Hormon ini memberitahu reseptor otak untuk menghasilkan oksida nitrat, yang merupakan molekul untuk memicu serangkaian reaksi kimia yang diperlukan untuk ereksi.

Ciri pria memiliki kadar testosteron terlalu rendah ditandai dengan kesulitan mencapai ereksi sebelum berhubungan seks atau mengalami ereksi spontan.

5. Ukuran Testis dan Penis Lebih Kecil

Tubuh pria membutuhkan hormon testosteron untuk pertumbuhan dan perkembangan penis dan testis. Oleh karena itu, kadar testosteron yang rendah dapat menyebabkan penis atau testis yang lebih kecil secara tidak proporsional.

Ada kondisi dan keadaan lain yang juga menyebabkan penis dan testis mengecil, termasuk hipogonadisme, varikokel, testis tidak turun, penyakit Peyronie, obesitas, dan penuaan.

6. Jumlah Air Mani Berkurang

Hormon testosteron dapat membantu merangsang produksi air mani, dan penurunan kadar air mani dapat menandakan penurunan testosteron. Kondisi ini juga dapat menyebabkan pria mengalami masalah kesuburan.

Baca Juga: Hormon Testosteron: Fungsi, Dosis, Cara Menyeimbangkan

7. Peningkatan Lemak Tubuh

Pria dengan testosteron rendah mungkin akan mengalami peningkatan lemak di tubuh atau mengembangkan ginekomastia, yaitu jaringan payudara yang membesar.

Ginekomastia adalah kondisi yang dapat terjadi ketika adanya ketidakseimbangan testosteron dan estrogen (hormon wanita) dalam tubuh.

8. Hot Flashes

Mengalami hot flashes (sensasi panas) bisa menjadi salah satu ciri-ciri testosteron rendah. Tanda bisa terasa seperti sensasi kehangatan yang terjadi secara tiba-tiba.

Pria dengan testosteron rendah juga mungkin mengalami keringat berlebih, kemerahan pada kulit, dan keringat malam.

9. Rambut Rontok

Hormon testosteron bermanfaat dalam beberapa fungsi tubuh, termasuk untuk membantu produksi rambut.

Kebotakan adalah bagian alami dari bertambahnya usia bagi banyak pria. Meskipun kebotakan bisa terjadi secara turun-temurun, pria yang memiliki testosteron rendah juga dapat mengalami kerontokan rambut tubuh dan wajah.

10. Mudah Kelelahan

Ciri pria dengan testosteron rendah kemungkinan mudah mengalami kelelahan ekstrem dan penurunan energi.

Pria mungkin memiliki kadar testosteron rendah apabila terus-menerus kelelahan meskipun sudah cukup tidur atau tidak termotivasi untuk berolahraga.

11. Perubahan Suasana Hati

Kadar testosteron rendah cenderung membuat pria mengalami perubahan suasana hari (mood swing), tandanya termasuk kurang fokus, lekas marah, dan depresi.

Hal tersebut karena hormon testosteron memengaruhi banyak proses fisik tubuh, serta dapat memengaruhi suasana hati, dan kapasitas mental.

12. Anemia

Menurut sebuah penelitian, ada kaitan antara kadar testosteron rendah dengan peningkatan risiko anemia

Penelitian dilakukan dengan memberikan gel testosteron pada pria anemia dengan testosteron rendah. Hasilnya, terdapat peningkatan jumlah darah dibanding dengan pria yang menggunakan plasebo.

Anemia ditandai dengan kesulitan berkonsentrasi, pusing, kram kaki, sulit tidur, dan detak jantung cepat.

13. Susah Tidur

Pria yang memiliki jumlah testosteron rendah mungkin akan merasa sulit untuk untuk tertidur pulas

Kadar testosteron yang rendah sering kali terjadi pada pria yang mengalami sleep apnea. Gangguan yang berpotensi parah ini dapat menyebabkan Anda berhenti bernapas untuk sementara; yang pada akhirnya dapat mengganggu tidur.

Kapan Waktu yang Tepat Harus ke Dokter?

Hormon testosteron rendah tidak selalu menunjukkan gejala, dan beberapa pria mungkin mengetahuinya setelah menjalani pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah.

Namun, pria yang mengalami satu atau lebih dari gejala yang telah disebutkan di atas harus mendapatkan perawatan medis.

Guna mendiagnosis testosteron rendah, dokter mungkin akan sering melakukan evaluasi fisik dan meninjau gejalanya. Dokter juga akan melakukan pengujian untuk mencari ciri-ciri testosteron rendah lainnya.

 

  1. Doheny, Kathleen dan Robert M. S. 2022. Low Testosterone Symptoms, Causes, and Treatment. https://www.endocrineweb.com/conditions/low-testosterone (Diakses pada 5 September 2022)
  2. Fletcher, Jenna. 2022. What are the symptoms of low testosterone, and how to increase it. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322647 (Diakses pada 5 September 2022)
  3. Wallace, Ryan. 2022. 12 Signs of Low Testosterone. https://www.healthline.com/health/low-testosterone/warning-signs (Diakses pada 5 September 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi