Terbit: 1 December 2021 | Diperbarui: 22 March 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan mata minus adalah menatap layar elektronik terlalu lama. Lantas, bagaimana cara mencegah mata minus saat main HP? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

7 Cara Mencegah Mata Minus saat Bermain Gadget

Ketegangan Mata dan Mata Minus

Sebelum menjelaskan bagaimana cara agar mata tidak rusak karena HP atau ponsel, hal lain yang juga penting untuk diketahui adalah seputar ketegangan pada mata. Ketegangan mata adalah suatu kondisi yang umumnya terkait dengan berkendara jarak jauh atau menatap layar elektronik secara intens.

Menatap layar perangkat elektronik terlalu lama dapat membuat mata menjadi berair, kering, perih, atau gatal. Hal itu disebabkan karena cahaya yang dipancarkan dari layar, khususnya cahaya biru, dapat membuat mata menjadi tegang.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa cahaya pada perangkat elektronik tersebut dapat merusak sel-sel retina dan menyebabkan degenerasi makula. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk membuktikan klaim ini. Namun, gejala umum dari ketegangan mata akibat menatap layar elektronik terlalu lama adalah sakit kepala.

Dalam kehidupan sehari-hari, gejala mata minus dapat terlihat dari kebiasaan seseorang menyipitkan mata atau mendekatkan benda-benda agar dapat melihat dengan jelas. Hal ini biasanya terjadi saat membaca buku dan menonton televisi.

Baca Juga: 12 Ciri-Ciri Mata Minus pada Anak dan Dewasa

Cara Mencegah Mata Minus saat Main HP

Ketegangan mata digital atau digital eye strain (DES) adalah kondisi yang umum terjadi karena hampir semua orang menggunakan perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun tidak semua orang menghabiskan setiap hari menatap layar komputer, akan tetapi hampir semua orang menggunakan gadget/gawai. Oleh karena itu, mengetahui cara mencegah mata minus saat main HP adalah sesuatu yang penting

Berikut tips aman bermain ponsel agar tidak ganggu kesehatan mata, di antaranya:

1. Sesuaikan Tingkat Kecerahan Layar

Pada dasarnya semua ponsel beredar saat ini memungkinkan Anda untuk mengatur kontras, kecerahan, dan pengaturan teks. Turunkan tingkat kecerahan saat berada di rumah atau aktifkan mode kecerahan otomatis agar gadget dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Jika Anda kesulitan untuk membaca teks di layar, tingkatkan ukurannya agar Anda dapat membaca pesan teks lebih mudah.

2. Jaga Jarak Pandangan dengan Layar

Saat Anda menggunakan ponsel untuk waktu yang lama, beri jarak setidaknya 40 cm dari mata. Jangan menatap layar ponsel terlalu dekat dengan wajah. Jika Anda kesulitan untuk membaca teks, cobalah untuk memperbesar skala huruf di gawai Anda.

3. Gunakan Mode Malam

Hampir semua gawai yang saat ini beredar di pasaran  menawarkan fitur mode malam untuk mengurangi ketegangan mata. Nyalakan fitur tersebut terutama jika Anda sedang menggunakan gawai di malam hari.

4. Jangan Lupa Berkedip

Meski hal ini terdengar aneh, akan tetapi beberapa orang yang terlalu serius menatap layar ponsel sering kali tidak menyadari bahwa dirinya jarang mengedipkan mata.

Berkedip adalah sesuatu yang penting untuk menjaga mata tetap lembap dan membuat mata kembali fokus. Hal ini harus sering dilakukan untuk menghindari kekeringan dan ketegangan mata.

Baca Juga: 15 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah dan Ampuh!

5. Gunakan Pelindung Layar Anti Radiasi

Layar gawai memancarkan cahaya biru yang dapat menyebabkan ketegangan mata dan mata kering. Pelindung pada layar ponsel ini juga dapat mengurangi silau dari lampu atau sinar matahari.

Meski tidak mencegah mata minus sepenuhnya, penggunaan pelindung ini dapat mengurangi efek buruk yang mungkin terjadi jika digunakan dalam jangka panjang.

6. Gunakan Air Mata Buatan

Untuk semua jenis kelelahan mata, baik yang disebabkan oleh komputer atau gadget, air mata buatan dapat menjadi cara yang efektif untuk menjaga mata tetap terlumasi. Anda bisa menggunakan berbagai jenis obat tetes mata yang dijual bebas.

7. Menerapkan Metode 20/20/20

Jika Anda melihat layar ponsel selama 20 menit, Anda harus melihat sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Namun, semakin lama Anda mengalihkan pandangan dari layar, hal tersebut akan semakin baik bagi mata.

 

  1. Anonim. Myopia Is Not A Disease. https://ciputrasmgeyeclinic.com/en/minus-eye-is-not-a-disease/. (Diakses pada 1 Desember 2021).
  2. Kraff, Colman. 2020. How to Protect Eyes from Mobile and Computer Screens. https://kraffeye.com/blog/how-to-protect-eyes-from-mobile-and-computer-screens. (Diakses pada 1 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi