Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap tanggal 29 April kita memperingati Hari Posyandu. Sebagaimana kita ketahui, kegiatan Posyandu telah dilakukan di berbagai penjuru negeri, termasuk hingga ke desa-desa. Kebanyakan orang hanya berpikir jika posyandu dilakukan untuk mengetahui berat atau tinggi badan anak, khususnya yang masih berusia bayi atau balita. Sebenarnya, apa sih tujuan utama dari kegiatan posyandu ini?

Memperingati Hari Posyandu: Kenali Manfaat Posyandu Bagi Buah Hati Kita

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tujuan utama dari Posyandu adalah agar mensejahterakan masyarakat, khususnya bagi ibu dan anak. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh ibu dan anak yang melakukan posyandu.

Perbaikan gizi

Sebagaimana program Kementerian Kesehatan berupa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Posyandu ternyata juga mendukung program perbaikan gizi masyarakat. Dalam program posyandu, orang tua akan mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang pendidikan dan pengetahuan dalam hal gizi serta kesehatan balita.

Pemantauan kesehatan

Posyandu memberikan pelayanan yang ditujukan untuk memantau perkembangan dan kesehatan balita. Kita bisa menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, dan melakukan pengecekan dasar kesehatan balita. Jika berat badan atau tingi badan bayi dirasa kurang normal atau bayi mengalami tanda-tanda akan adanya masalah kesehatan, orang tu apun akan mendapatkan saran dari petugas posyandu agar bisa segera memperbaiki kondisi kesehatan buah hatinya.

Imunisasi

Imunisasi yang dilakukan secara berkala sejak bayi baru saja dilahirkan hingga usianya dewasa akan memastikannya tidak mudah terkena berbagai macam penyakit, termasuk penyakit yang bisa memicu kecacatan ataupun yang berpotensi mematikan. Beruntung, melalui posyandu kita bisa mendapatkan imunisasi-imunisasi tersebut.

Mencegah diare

Salah satu manfaat posyandu yang sangat penting namun kerap disepelekan adalah mencegah dan menanggulangi diare. Cukup banyak balita yang harus meregang nyawa gara-gara penyakit ini. Dengan adanya posyandu, diharapkan orang tua akan mendapatkan informasi lebih baik untuk mencegah datangnya penyakit ini pada buah hatinya. Tak hanya itu, orang tua juga akan mendapatkan informasi tentang penanganan diare yang menimpa buah hatinya agar bisa segera disembuhkan.

Melihat besarnya manfaat dari posyandu, ada baiknya orang tua selalu memaksimalkan posyandu yang bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan perkembangan buah hatinya.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi