Terbit: 6 Maret 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Memiliki gigi putih tentu harapan semua orang. Namun, jika warna putih itu berupa bercak-bercak di gigi, hal tersebut justru menjadi masalah. Lantas, bagaimana ara menghilangkan bercak putih di gigi? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Cara Efektif Menghilangkan Bercak Putih di Gigi

Penyebab Bercak Putih di Gigi

Sebelum membahas cara menghilangkan bercak putih di gigi, hal penting yang juga harus Anda kenali adalah penyebabnya. Bercak putih di gigi dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

1. Pola makan yang  salah

Konsumsi makanan yang mengandung asam tinggi dapat merusak email gigi. Begitu juga dengan makanan dan minuman tinggi gula, terutama soda. Rusaknya email gigi dapat menyebabkan timbulnya bercak putih.

2. Fluorosis

Fluorosis adalah kondisi terlalu banyak paparan fluoride yang diterima gigi. Fluoride yang terlalu banyak ternyata dapat menyebabkan gigi keropos dan bercak putih. Terutama pada anak-anak yang sering menelan pasta gigi berfluoride.

3. Hipoplasia

Hipoplasia adalah kondisi email yang terlalu tipis. Akibatnya terjadi kekurangan mineral dan melemahnya sistem imunitas.

Selain tiga penyebab di atas, bercak putih pada gigi juga disebabkan oleh kebiasaan merokok, kondisi kehamilan, dan akumulasi plak. Selain itu, bercak juga bisa muncul akibat penggunaan kawat gigi atau kebiasaan tidur dengan mulut terbuka yang menyebabkan mulut kering.

Cara Menghilangkan Bercak Putih di Gigi

Bercak putih pada gigi (dan terkadang gusi) memang dapat mengganggu. Berikut ini cara menghilangkan bercak putih di gigi:

1. Mikroabrasi

Prosedur ini menghilangkan lapisan email dari permukaan gigi menggunakan cairan abrasi yang lembut.  Mikroabrasi dapat menghilangkan titik putih dan meningkatkan penampilan gigi. Prosedur ini diikuti oleh bleaching agar warna gigi menjadi seragam.

2. Bleaching Gigi

Bleaching adalah prosedur pemutihan gigi menggunakan bahan khusus. Proses ini membantu menyeimbangkan warna email gigi. Bleaching akan memutihkan seluruh gigi sehingga akhirnya sewarna dengan bercak putihnya.

Prosedur ini tidak efektif terhadap bercak putih yang disebabkan oleh kelebihan fluoride. Jika dilakukan, gigi yang normal akan bertambah putih. Namun bercak putihnya juga akan bertambah putih.

3. Veneers

Ada beberapa jenis veneer. Namun yang lebih sering disarankan oleh dokter adalah veneer yang terbuat dari porselen. 

Veneer jenis ini dibuat secara custom mengikuti kontur gigi dan terpasang permanen di permukaan gigi geligi. Walaupun cara ini sangat efektif, tetapi harganya cukup mahal.

4. Chin straps

Chin straps adalah sebuah alat yang dipasang pada dagu dan melingkari dagu, pipi hingga kepala. Chin straps akan membantu mulut tetap tertutup selama tidur sehingga mencegah kekeringan pada gigi.

Alat ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bercak putih di gigi secara alami. Selain itu, chin straps juga membantu mengurangi dengkuran dan kebiasaan menggertakkan gigi selama tidur.

5. Dekongestan

Dekongestan adalah obat untuk mengatasi hidung tersumbat. Jika penyebab tidur dengan mulut terbuka karena hidung yang mampet, gunakan dekongestan. Obat ini dapat digunakan saat sedang flu atau hidung tersumbat karena alergi.

6.Fluoride

Fluoride topikal yang dioleskan ke permukaan gigi dapat membantu menghilangkan bercak putih akibat hipoplasia. Cara ini juga dapat menguatkan permukaan email gigi dan membantu mencegah pengeroposan.

7. Resin komposit

Bahan ini digunakan untuk restorasi gigi untuk menggantikan jaringan yang hilang. Resin komposit juga dapat memodifikasi warna dan kontur gigi. 

Cara ini dapat dilakukan untuk seseorang yang mengalami hipoplasia. Dokter menggunakan bahan resin untuk mengikat bagian luar email gigi. Namun, resin tidak cocok bagi seseorang yang memiliki banyak bercak putih.

8. Mengonsumsi teh hijau

Menggunakan teh hijau adalah salah satu cara menghilangkan bercak putih di gigi dengan bahan alami.  Teh jenis ini memiliki kadar flouride tinggi sehingga mencegah penumpukan plak dan mencegah pertumbuhan bakteri mulut. Gunakan teh hijau sebagai bahan kumur.

9. Mengoleskan minyak esensial

Mengoleskan minyak zaitun atau virgin coconut oil pada permukaan gigi yang bermasalah dapat membantu mengurangi bercak putih pada gigi. Selain itu, kedua minyak ini dipercaya dapat mencegah penumpukan plak dan gigi berlubang.

Baca Juga: Cara Mencegah Karies Gigi, Sebelum Tambah Parah

Cara Mencegah Bercak Putih di Gigi

Mencegah lebih baik daripada mengobati, termasuk pada kasus bercak putih di gigi. Untuk mencegahnya, lakukan perawatan gigi yang baik. Termasuk menyikat gigi secara teratur, menggunakan benang gigi, rutin ke dokter gigi, dan menjaga asupan makanan.

Selain itu, berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga merupakan langkah penting untuk menghilangkan bercak di gigi.

Sementara untuk mencegah bercak putih di gigi anak-anak, awasi si Kecil saat menggosok gigi. Cegah anak menelan pasta giginya agar tidak mengalami kelebihan fluoride. Gunakan pasta gigi sesuai ukuran yang dianjurkan dan kurangi minuman bersoda.

Jika memungkinkan, konsumsi air minum bebas fluoride atau lakukan tes terhadap air minum di rumah. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung asam tinggi juga dapat mencegah bercak putih di gigi. 

Jika gangguan tersebut tidak dapat dihilangkan dengan cara alami di rumah atau jika sangat mengganggu penampilan, sebaiknya kunjungi dokter gigi. Dokter dapat mengatasi bercak putih lebih cepat dan tentunya lebih aman.

 

  1. Higuera, Valencia. 2018. Why Do I Have White Spots on My Teeth? https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/white-spots-on-teeth. (Diakses pada 26 Februari 2022).
  2. Nall, Rachel. 2020. Eleven tips to treat white spots on teeth. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322112. (Diakses pada 26 Februari 2022).
  3. Shaikh, Jasmine. 2021. Do White Spots on Teeth Go Away? https://www.medicinenet.com/do_white_spots_on_teeth_go_away/article.htm. (Diakses pada 26 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi