Terbit: 14 September 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk tubuh, termasuk untuk gigi. Lantas, apa saja manfaat vitamin D bagi kesehatan gigi? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Kenali Manfaat Vitamin D untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Berbagai Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Gigi

Vitamin D adalah vitamin larut dalam lemak yang membantu tubuh menyerap kalsium. Asupan vitamin D yang cukup dapat menghindari masalah mulut dan gigi. Asupan yang cukup dapat menghindari masalah mulut dan gigi. 

Berikut ini sejumlah manfaat vitamin D untuk menjaga kesehatan gigi, di antaranya:

1. Menyusun dan Memperkuat Jaringan Gigi

Tubuh membutuhkan asupan vitamin D untuk penyerapan kalsium. Kalsium (dengan bantuan fosfor dan mineral lainnya) berperan penting untuk menyusun dan memperkuat jaringan gigi dari dalam.

Apabila asupan vitamin D sudah tercukupi dengan baik, hal ini akan semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit yang berhubungan dengan gigi dan mulut.

2. Mencegah Kerusakan Gigi

Vitamin D sangat penting untuk membantu menyerap dan mempertahankan kalsium serta fosfor untuk proses mineralisasi gigi dan tulang. Namun, gigi mungkin akan melemah ketika tubuh memiliki kadar vitamin D yang rendah.

Kondisi tersebut membuat Anda sangat rentan terhadap patah tulang, gigi berlubang, dan pembusukan gigi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang lebih rendah dapat menyebabkan karies gigi.

3. Periodontitis

Menurut Journal of Periodontal Research, kadar vitamin D yang lebih rendah dapat meningkatkan risiko periodontitis. Hal ini karena vitamin D memiliki kaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini memberikan dampak positif pada peradangan dan efek mineralisasi gigi pada jaringan di dekat gigi.

Vitamin D dapat mengurangi risiko dan tingkat keparahan periodontitis dalam beberapa cara, di antaranya:

  • Vitamin menghasilkan cathelicidin dan defensins yang memiliki sifat antimikroba. Senyawa ini mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut.
  • Mengurangi matrix metalloproteinase (MMP), yaitu enzim yang berhubungan dengan penyakit periodontitis. Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa semakin meningkatnya MMP di dalam rongga mulut, hal itu terkait dengan karies gigi dan kanker mulut.

Cara Terbaik Mendapatkan Vitamin D

Apabila kekurangan vitamin D, tubuh tidak bisa membentuk senyawa kalsitriol yang cukup untuk menyerap kalsium dari makanan. Itu artinya Anda berisiko tinggi mengalami masalah gigi, terutama gigi berlubang dan penyakit gusi. Terlebih, gen yang mengontrol periodontitis juga diatur oleh reseptor yang dikendalikan vitamin D.

Nah, apabila Anda didiagnosis kekurangan vitamin D, mungkin dokter akan menganjurkan untuk meningkatkan asupan vitamin ini dengan beberapa cara, berikut di antaranya:

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Tubuh bisa mendapatkan vitamin vitamin D dengan berjamur di bawah sinar matahari pagi. Untuk mendapatkannya, tubuh memerlukan waktu minimal 15 menit berjemur.

Durasi waktu yang tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari bervariasi tergantung pada warna kulit dan luas kulit yang terpapar. Namun, warna kulit yang lebih gelap memerlukan lebih banyak waktu berjemur, tetapi jangan lebih dari 30 menit.

Penting untuk diketahui, terlalu banyak paparan sinar matahari dapat membakar kulit dan bahkan menyebabkan kanker kulit.

2. Konsumsi Makanan Sumber Vitamin D

Ada sejumlah makanan tertentu yang bisa menjadi sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan gigi, di antaranya:

  • Susu dan produk olahannya. Selain susu murni, produk olahan susu seperti keju dan yoghurt adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin D cukup tinggi. Namun, Anda dianjurkan memilih produk olahan tersebut yang telah difortifikasi vitamin D.
  • Kuning telur. Dalam 100 gram kuning telur setara dengan 4-5 butir terdapat kandungan vitamin D sebanyak 4,9 mikrogram (mcg). Angka tersebut masih jauh dari kebutuhan vitamin harian tubuh sehingga harus diimbangi dengan makanan lain.
  • Minyak hati ikan. Minyak ini dapat mencukupi kebutuhan vitamin D karena kandungannya yang cukup tinggi. Minyak ikan cod, ikan trout, dan salmon adalah sumber vitamin D yang baik.

3. Suplemen Vitamin D

Jika Anda merasa tidak banyak waktu untuk mendapatkan paparan sinar matahari, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen yang banyak beredar di pasaran. Dengan asupan vitamin D yang cukup maka kesehatan gigi dan gusi juga akan terjaga dengan baik.

Namun, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau ahli gizi terlebih dahulu tentang kebutuhan vitamin D untuk Anda. Dokter mungkin akan merekomendasikan dosis yang tepat berdasarkan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Penting! Inilah 6 Vitamin untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Berapa Banyak Asupan Vitamin D untuk Tubuh?

Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) harian untuk Vitamin D, orang dewasa berusia 19-50 tahun dianjurkan mendapatkan 15-20 mikrogram (mcg) per hari. Sebagai perbandingan, satu cangkir susu yang diperkaya vitamin D mengandung sekitar 2,9 mcg.

Jika ingin mengetahui tubuh Anda memiliki kadar vitamin D yang cukup atau tidak, lakukan tes darah sederhana. Apabila hasilnya tubuh kekurangan vitamin ini, konsultasikan dengan dokter.

 

  1. Anonim. 2022. The Benefits Of Vitamin D For Your Teeth And Overall Oral Health. https://dentamedica.us/the-benefits-of-vitamin-d-for-your-teeth-and-overall-oral-health/. (Diakses pada 13 September 2022)
  2. Anonim. How Vitamin D Affects Dental Health?. https://www.dentisthopeisland.com.au/how-vitamin-d-affects-dental-health/. (Diakses pada 13 September 2022)
  3. Lin, Steven. 2021. Does Vitamin D Influence Your Dental Health?. https://www.verywellhealth.com/does-vitamin-d-influence-your-dental-health-4144768. (Diakses pada 13 September 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi