Terbit: 18 Januari 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Ciri-ciri pencernaan sehat bisa Anda ketahui dengan mudah secara mandiri di rumah. Hal ini penting untuk mempertahankan kesehatan pencernaan. Lantas, seperti apa tanda pencernaan yang sehat? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

10 Ciri-Ciri Pencernaan Sehat dan Bekerja dengan Baik

Ciri-Ciri Pencernaan Sehat dan Berfungsi Baik

Kesehatan pencernaan yang baik memungkinkan tubuh mampu mencerna makanan dengan baik dan menyerap nutrisi untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Namun, pencernaan tidak sehat mungkin akan mengalami sembelit, mulas, kembung, atau gangguan pencernaan. Lantas, apa tanda pencernaan yang sehat?

Berikut adalah ciri-ciri pencernaan sehat:

1. Buang air besar teratur

Setiap orang memiliki frekuensi buang air besar (BAB) yang berbeda-beda. Ada yang BAB setiap hari dan beberapa kali dalam seminggu. Asalkan dilakukan secara teratur, hal ini menandakan bahwa pencernaan berjalan dengan normal.

Jika tiba-tiba mengalami perubahan keteraturan BAB, seperti menjadi lebih sering atau bahkan menjadi lebih jarang, bisa jadi menandakan adanya masalah pencernaan seperti diare atau sembelit. Jika kondisi tersebut tidak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan kondisi ke dokter.

2. Feses berwarna coklat dan lunak

Tak hanya frekuensi BAB, bentuk dan tekstur feses juga bisa menandakan kesehatan pencernaan. Sekadar informasi, feses terdiri dari 75 persen cairan dan 25 persen bahan padat berupa sisa makanan, bakteri-bakteri yang sudah mati, racun, dan berbagai zat sisa lainnya yang harus dikeluarkan oleh tubuh.

Ciri-ciri pencernaan sehat ditandai dengan feses berbentuk lunak dan bentuk yang panjang dengan warna kecoklatan. Baunya juga tidak begitu menyengat dan tidak sulit untuk dikeluarkan.

Jika feses terlalu keras, terlalu cair, atau berbentuk seperti kotoran kambing, bisa jadi ada masalah pada pencernaan yang harus segera diatasi.

Sedangkan bila tinja berwarna pucat atau keabu-abuan seperti dempul bisa disebabkan karena gangguan pada liver atau saluran empedu.

3. BAB tanpa rasa sakit

Mampu BAB dengan nyaman dan lancar dapat menandakan usus yang sehat. Ketika BAB, dapat mengeluarkan feses tanpa rasa sakit atau merasa seperti harus mendorong dan mengejan dengan keras untuk mengeluarkannya.

Jika merasa sakit atau tidak nyaman saat BAB, atau terlalu banyak mengejan, itu bisa menjadi tanda sembelit, intoleransi makanan, sindrom iritasi usus, atau masalah medis lain yang harus segera diperiksakan ke dokter.

4. Kentut dan bersendawa

Meskipun kentut dapat membuat banyak orang tidak nyaman karena aromanya yang tidak sedap, namun kentut memiliki peran yang sangat besar bagi kesehatan pencernaan. Bersendawa juga dapat menjadi salah satu tanda pencernaan sehat.

Keduanya tanda tersebut adalah cara tubuh dalam mengeluarkan kelebihan gas dari dalam pencernaan. Gas bisa berasal dari udara yang tertelan saat makan atau diproduksi oleh pencernaan.

Dalam sehari, orang bisa mengeluarkan gas baik itu dari kentut atau sendawa hingga 14 kali sehari.

Baca Juga: 16 Gangguan Sistem Pencernaan Manusia yang Paling Umum

5. Berat badan yang stabil

Berat badan yang terjaga, bukannya yang mudah naik atau turun adalah salah satu ciri-ciri pencernaan sehat.

Jika sampai berat badan naik atau turun dengan mudah, bisa jadi menandakan bahwa ada gangguan pada usus atau ketidakseimbangan bakteri. Beberapa jenis penyakit berbahaya, seperti kanker, juga dapat menyebabkan penurunan berat badan.

6. Suasana hati yang stabil

Pencernaan yang sehat juga bisa mempengaruhi keseimbangan mental, lho! Jika sampai mudah mengalami perubahan suasana hati (mood), bisa jadi hal ini dipicu oleh gangguan pencernaan, seperti sakit perut, perut kembung, diare, hingga sindrom iritasi usus.

Memiliki masalah kesehatan pencernakan juga bisa menyebabkan peningkatan risiko depresi.

7. Kulit lebih sehat

Kesehatan kulit dapat menjadi tanda pencernaan sehat, karena usus bekerja dengan baik. Ini karena usus berkomunikasi langsung dengan kulit melalui sumbu usus-kulit.

Kondisi tersebut berperan penting dalam homeostasis kulit dan jalur fisiologis yang menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Kulit juga memiliki mikrobioma uniknya sendiri, dan bakteri di usus memengaruhi keseimbangan bakteri di kulit.

Ketidakseimbangan dalam usus dapat menyebabkan ketidakseimbangan di kulit dan berbagai kebutuhan kesehatan kulit tergantung pada seseorang.

Baca Juga: 15 Cara Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan secara Alami dan Efektif

8. Rambut sehat

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal bertajuk Inflammatory Bowel Disease pada tahun 2013 lalu menyebutkan bahwa radang usus dapat meningkatkan risiko terkena kerontokan rambut.

Hal tersebut sepertinya terkait dengan gangguan penyerapan dan penyaluran nutrisi makanan.

9. Imun tubuh sehat

Mikrobioma usus secara langsung mempengaruhi sistem imun alias sistem kekebalan tubuh. Ketika usus sehat, sistem imun juga sehat. Faktanya, sekitar 70% dari sistem imun berada di usus. Ketika usus tidak seimbang, ini dapat mempengaruhi fungsi sistem imun dan kesehatan.

Satu penelitian menemukan bahwa ketika bakteri tertentu, seperti Enterococcus gallinarum yang berkembang terlalu banyak dapat melakukan perjalanan dari usus ke hati dan jaringan lain di mana ia memicu ketidakseimbangan sistem imun.

10. Mata jernih dan lidah bersih

Memiliki mata yang tampak jernih adalah tanda pencernaan sehat. Di sisi lain, mata yang menguning menunjukkan masalah dengan hati dan kebutuhan untuk detoksifikasi. Sementara pembengkakan kantong di bawah mata menunjukkan masalah hati dan ginjal.

Kondisi lidah juga bisa menjadi tanda lain dari kesehatan pencernaan. Lidah yang sehat biasanya berwarna merah muda dan ditutupi bintil-bintil kecil (papila). Jika sedang tidak sehat, retakan di lidah adalah tanda peradangan berlebih pada organ perut.

Baca Juga: Susah BAB saat Diet? Yuk, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Nah, itulah pembahasan tentang tanda pencernaan sehat. Bila Anda sering mengalami sembelit atau susah BAB, bisa jadi tanda pencernaan tidak sehat.

Anda bisa menggunakan obat pencahar yang terbuat dari bahan herbal. Obat ini dapat membantu melancarkan pencernaan, yang membuat sisa makanan tidak menumpuk dalam perut.

obat pencahar laxing doktersehat

Laxing adalah obat pencahar yang terbuat dari bahan alami, seperti aloe vera, daun senna, dan biji adas. Bahan herbal ini dapat membantu mengatasi susah BAB alias sembelit.

Obat sembelit Laxing lebih aman digunakan karena mengandung formula bahan alami. Bila sembelit, konsumsi sebanyak 1-2 kapsul setelah makan malam dan sebelum tidur. BAB lancar, susana hati pun jadi bagus!

 

  1. 2022. Top 5 signs of good digestive health. https://www.themaasclinic.com/news/top-5-signs-of-good-digestive-health/ (Diakses pada 17 Januari 2022).
  2. 2021. Gut health check: 5 signs of a healthy gut. https://joinzoe.com/post/5-healthy-gut-signs (Diakses pada 17 Januari 2022).
  3. Myers, Amy. 2019. 10 Signs You Have An Unhealthy Gut + How To Heal It. com/0-14510/10-signs-you-have-an-unhealthy-gut-how-to-heal-it.html. (Diakses pada 6 Januari 2020).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi