Terbit: 13 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Paru-paru adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia, karena menjadi pusat dari sistem pernapasan. Fungsi paru-paru yang paling utama adalah mengambil oksigen dari luar tubuh manusia lalu mengirimkannya ke pembuluh darah agar organ tubuh lain dapat bekerja dengan baik. Ketahui lebih banyak tentang fungsi paru-paru, bagaimana cara kerjanya, serta cara menjaga agar paru-paru tetap sehat pada pembahasan ini.

Fungsi Paru Paru Manusia dan Cara Menjaga Kesehatannya

Bagaimana Cara Kerja Paru-Paru?

Fungsi paru-paru adalah menghirup udara dari luar tubuh, memasukkannya ke dalam tubuh, lalu mengambil oksigennya untuk dialirkan ke dalam darah. Namun paru-paru tidak bisa bekerja sendirian.

Untuk menghirup udara, tubuh menggunakan otot diafragma, otot interkostal (otot di antara tulang rusuk), otot perut, dan terkadang otot leher.

Udara masuk melalui hidung atau mulut, turun ke trakea, lalu terbagi menjadi dua: sebagian ke paru-paru kanan dan sebagian ke paru-paru kiri. Udara kemudian terus terpecah melalui saluran-saluran yang ada di dalam paru-paru, menyerupai ranting pohon. Tujuan akhir dari udara yang masuk ke paru paru adalah alveoli, bagian berbentuk gelembung tempat terjadinya pertukaran udara.

Fungsi Paru-Paru dalam Tubuh Manusia

Fungsi utama organ paru-paru tentu saja menjadi tempat pertukaran udara atau yang sering disebut dengan pernapasan. Namun sebenarnya, paru-paru juga memiliki tugas lain yang tidak kalah krusial bagi tubuh. Ini dia fungsi lengkap dari paru-paru:

1. Sebagai organ pernapasan

Tugas utama paru-paru dalam tubuh manusia adalah memasukkan udara ke dalam tubuh dan memberikan oksigen ke dalam aliran darah. Oksigen yang didapatkan dari paru-paru kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

Tanpa adanya fungsi yang baik dari paru-paru untuk proses pernapasan, manusia tidak dapat bertahan hidup. Jadi, paru-paru adalah organ dalam tubuh yang sangat penting.

2. Menjaga keseimbangan pH

Terlalu banyak karbon dioksida di dalam tubuh bisa membuat tubuh menjadi asam. Apabila paru-paru mendeteksi adanya peningkatan kadar asam, maka organ paru-paru akan meningkatkan laju ventilasi untuk mengeluarkan lebih banyak gas yang tidak diinginkan oleh tubuh.

3. Penyaring udara dalam darah

Paru-paru juga bertugas untuk menyaring gumpalan darah kecil serta menghilangkan gelembung udara kecil dalam darah. Kondisi ini disebut sebagai emboli udara.

4. Pelindung bagi jantung

Karena lokasinya yang berdekatan, paru-paru dapat melindungi jantung dalam kondisi tertentu. Terutama ketika dalam benturan yang cukup keras, paru-paru bekerja sebagai peredam kejut yang mencegah jantung agar tidak bereaksi spontan.

5. Melindungi dari infeksi

Membran tertentu dalam paru-paru dapat mengeluarkan imunoglobulin A. Dengan kemampuan ini, paru-paru dapat melindungi dirinya sendiri dari infeksi.

6. Pembersihan mukosiliar

Mukosa atau lendir yang melapisi sepanjang saluran pernapasan menjadi sarang debu dan bakteri. Di dalam paru-paru terdapat silia, bagian yang bertugas mendorong partikel kecil seperti debu dan bakteri ke atas agar dapat dikeluarkan tubuh melalui batuk, atau dengan ditelan dan dihancurkan oleh sistem pencernaan.

7. Penyimpan cadangan darah

Paru-paru dapat mengatur sendiri berapa jumlah darah yang ada di dalamnya. Jumlah darah yang bisa ditampung oleh paru-paru berkisar antara 500 hingga 1000 mililiter. Paru-paru berinteraksi dengan jantung dan dapat membantu jantung agar bekerja secara lebih efisien.

8. Menunjang kemampuan bicara

Berbicara tidak hanya membutuhkan mulut dan lidah, tetapi juga udara yang membentuk suara manusia. Paru-paru memegang peran penting untuk mendukung kemampuan bicara seseorang melalui aliran udara yang dikeluarkan melalui mulut.

Itulah fungsi organ paru-paru yang penting untuk manusia. Pelajari bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru pada pembahasan selanjutnya.

Baca Juga: Perbedaan Pernapasan Dada dan Perut: Manfaat dan Cara Melatih Napas

Cara Menjaga Fungsi Paru-Paru agar Tetap Sehat

Sebagai organ vital yang penting untuk tubuh, paru-paru harus dijaga kesehatannya. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga paru-paru tetap sehat dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik:

  • Tidak merokok

Merokok tembakau, baik perokok aktif maupun pasif, sama-sama memiliki risiko terkena kanker paru-paru dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), seperti bronkitis kronis dan emfisema. Merokok atau menghirup asap rokok menyebabkan penyempitan saluran udara, menyebabkan peradangan pada paru-paru, dan menghancurkan jaringan di dalamnya seiring berjalannya waktu.

  • Cegah infeksi paru

Infeksi paru adalah penyakit yang bisa mengancam siapa saja. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi paru-paru dan mencegahnya dari infeksi. Misalnya dengan sering-sering mencuci tangan, menghindari keramaian di musim flu, serta bertanya kepada dokter tentang vaksinasi influenza dan pneumonia.

  • Olahraga rutin

Latihan aerobik dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan menjaga paru-paru tetap bugar. Selain itu, olahraga juga bisa menangkal berbagai penyakit yang menyerang paru-paru.

  • Pemeriksaan secara teratur

Pemeriksaan kesehatan secara teratur sangat penting, bahkan ketika tubuh dalam kondisi sehat. Melalui pemeriksaan teratur, penyakit atau gangguan lain dalam tubuh dapat terdeteksi lebih awal, sehingga lebih mudah juga untuk diobati.

  • Hindari paparan bahan kimia

Selain asap rokok, bahan kimia juga sangat berbahaya untuk paru-paru. Jika pekerjaan Anda berkutat dengan penggunaan bahan kimia, maka gunakan masker untuk mencegah partikel-partikelnya masuk melalui hidung ke dalam paru-paru.

  • Atur kelembapan ruangan

Kelembaban ruangan yang terlalu tinggi merupakan lingkungan yang tidak baik untuk paru-paru. Atur kelembaban ke tingkat yang normal, dan sebisa mungkin jaga ruangan agar tetap kering dan bersih. Pastikan rumah memiliki cukup ventilasi untuk pergantian udara.

Itu dia informasi lengkap mengenai fungsi paru-paru, cara kerja paru-paru, dan bagaimana cara menjaga kesehatannya. Mengingat banyaknya penyakit yang membahayakan paru-paru, pastikan organ vital ini tetap aman dan sehat, karena perannya yang tidak tergantikan.

 

  1. European Environment Agency. 2021. Lung function. https://www.eea.europa.eu/themes/air/air-quality/resources/glossary/lung-function. (Diakses pada 11 Oktober 2021)
  2. Iftikhar, Noreen. 2018.  Breathtaking Lungs: Their Function and Anatomy. https://www.healthline.com/human-body-maps/lung. (Diakses pada 11 Oktober 2021)
  3. Newman, Tim. 2018. What do the lungs do, and how do they function? https://www.medicalnewstoday.com/articles/305190. (Diakses pada 11 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi