Terbit: 14 Mei 2022 | Diperbarui: 15 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara mencuci bra yang benar tidak boleh disepelekan begitu saja. Sebab, dengan memperhatikan hal ini, fungsi bra sebagai penopang payudara bisa optimal. Ketahui tips mencuci bra yang baik dan benar melalui ulasan berikut!

7 Cara Mencuci Bra Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Mencuci Bra yang Benar

Mengganti bra sebaiknya dilakukan secara rutin. Pasalnya, bra rentan menyerap kotoran, keringat, dan minyak. Lantas, seberapa sering Anda harus mengganti bra yang digunakan.

Faktanya, tidak ada penelitian ilmiah yang menjelaskan hal tersebut. Hanya saja, seorang dermatologis  Alok Vij, MD menyarankan untuk mencucinya setiap dua atau tiga kali pemakaian.

Selain rutin mencuci bra, Anda juga sebaiknya memperhatikan beberapa cara mencuci bra berikut ini:

1. Pisahkan dengan pakaian kotor yang lain

Pastikan Anda memisahkan bra dengan pakaian kotor lainnya. Jika menggabungkan keduanya, dikhawatirkan pengait bra akan tersangkut dengan pakaian lain. Pada akhirnya, bra akan lebih mudah rusak.

Jika ingin mencucinya berbarengan, pastikan Anda memasangkan terlebih dahulu pengait bra. Hal ini akan memudahkan Anda mencuci karena mencegah bra tersangkut dengan pakaian lain.

2. Rendam dengan air dengan suhu sesuai kebutuhan

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan sebagai cara mencuci bra yang benar adalah suhu air. Penggunaan air hangat memang dapat membantu menghilangkan noda, tetapi dapat menurunkan elastisitas bra.

Demi mencegah hal itu terjadi, bijaklah dalam menggunakan air hangat. Jika Anda merasa bra tersebut cukup kotor, misalnya setelah berolahraga, gunakan air hangat untuk merendamnya. 

Sementara itu, jika bra tidak memiliki noda dan aktivitas yang Anda lakukan tidak mengeluarkan banyak keringat, cukup gunakan air bersuhu dingin atau biasa.

Baca JugaCara Mencuci Handuk yang Benar agar Terbebas dari Bakteri

3. Cuci menggunakan tangan

Cara terbaik untuk mencuci bra adalah dengan menggunakan tangan, apalagi jika bra yang Anda miliki termasuk jenis bra yang berenda dan berkawat.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan wadah berisi air yang telah dicampur detergen untuk merendam bra kotor. Biarkan bra terendam selama sekitar 15 menit, sikat bagian yang kotor, lalu bilas dengan air dingin.

4. Pakai keranjang cuci khusus jika menggunakan mesin cuci

Jika lebih memilih untuk mencuci menggunakan mesin cuci, Anda bisa melakukan beberapa tips untuk mencegah kerusakan bra.

Hal yang pasti adalah pastikan bra dicuci secara terpisah dengan pakaian lain. Selain membersihkan secara optimal, cara ini juga dapat mencegah kerusakan akibat tersangkut dengan pakaian lain.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan mode rendah saat mencuci bra menggunakan mesin cuci.

5. Gunakan detergen yang cukup

Detergen akan membantu mengangkat noda dan kotoran dari bra secara lebih efektif. Namun, apakah Anda sudah menggunakan detergen dengan takaran yang sesuai?

Baik mencuci dengan tangan ataupun mesin cuci, Anda harus memperhatikan takaran detergen yang digunakan. Pastikan untuk menghindari menggunakan detergen secara berlebihan.

Jika detergen berlebih, kemungkinan residu untuk menempel pada bra semakin meningkat. Nah, pada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, hal ini akan memicu gangguan pada kulit.

6. Hindari menggunakan pengering

Cara mencuci bra yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah hindari menggunakan pengering, misalnya pengering rambut.

Hal ini disampaikan oleh Cora Harrington, pendiri blog The Lingerie Addict sekaligus penulis In Intimate Detail: How to Choose, Wear, and Love Lingerie.

Menurut Harrington, gerakan kasar dari alat pengering dapat meregangkan, membuat kusut, bahkan merusak bentuk pita dan tali pada bra. Jadi, kemungkinan bra untuk rusak lebih cepat akan meningkat.

Baca JugaBikin Awet dan Bersih, Ini Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar

7. Jemur bra sampai kering

Sebaiknya, Anda menjemur bra hingga kering tanpa menggunakan bantuan apa pun. Meski terkadang membutuhkan waktu lebih lama, Anda akan mencegah kerusakan bra lebih cepat.

Anda bisa menjemur bra di tempat yang terkena sinar matahari ataupun di tempat teduh yang berangin.

Demikian beberapa cara untuk mencuci bra yang baik. Mulailah untuk lebih memperhatikan perawatan pakaian dalam Anda sehingga dapat berfungsi secara optimal. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2022. How Often Do You Really Need To Wash Your Bras? https://health.clevelandclinic.org/how-often-do-you-really-need-to-wash-your-bras/. (Diakses pada 13 Mei 2022).
  2. Phillips, Hedy. 2020. How to Properly Hand Wash Bras. https://www.instyle.com/fashion/how-hand-wash-bras. (Diakses pada 13 Mei 2022).
  3. Witman, Sarah. 2021. How to Wash Bras. https://www.nytimes.com/wirecutter/guides/how-to-wash-bras/. (Diakses pada 13 Mei 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi