Terbit: 30 January 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ayah dan bunda mungkin bingung ingin memberikan kado apa untuk si Kecil. Berikut ini pilihan kado untuk anak 1 tahun yang bermanfaat, punya nilai edukasi, dan mendukung perkembangan si Kecil!

11 Ide Kado Untuk Anak 1 Tahun yang Bermanfaat dan Mengedukasi

Ide Kado untuk Anak 1 Tahun

Memberi kado untuk anak 1 tahun yang berulang tahun memang susah-susah gampang. Di usia ini, minat si Kecil sering berubah-ubah.

Bahkan seringkali kemasan kadonya lebih menarik daripada isinya. Namun jangan bingung, berikut ini ada 10 ide kado untuk bayi 1 tahun. Mari disimak!

1. Mainan yang Dapat Disusun

Bayi berusia 1 tahun sangat suka memindahkan barang, memasukkan, mengeluarkan, menumpuk, dan meruntuhkan tumpukan itu kembali. Mainan yang dapat disusun, ditumpuk, dan dimasukkan adalah kado yang tepat untuk si Kecil.

Beberapa contoh mainan edukasi adalah lego, kubus bergambar, puzzle tiga dimensi, single puzzle, balok-balok kayu, dll. Pastikan mainannya aman, hindari mainan dengan sudut runcing. Pilih pula mainan yang berukuran lebih besar dari mulut bayi untuk menghindari risiko tertelan.

2. Buku Bantal dan Boardbook

Buku adalah hadiah yang ‘aman’ dan sesuai untuk siapa saja, di usia berapa saja. Boardbook juga dapat menjadi kado untuk anak 1 tahun yang bermanfaat.

Manfaat buku bantal mainan edukasi bagi perkembangan anak:

  • Menambah kosa kata bayi.
  • Anak belajar fokus.
  • Membuat anak lebih tenang.
  • Menanamkan cinta membaca pada anak.

Buku bantal terbuat dari kain dan dakron yang aman bagi bayi. Sedangkan boardbook terbuat dari bahan yang keras dan tahan lama. Keduanya aman digigit dan dimainkan secara bebas.

Baca Juga: Mainan Edukasi Anak 1-5 Tahun yang Penting Diketahui Orang Tua

3. Audiobook

Audiobook adalah perpaduan antara buku dengan mainan bersuara. Cerita atau lagu yang tertulis di buku dilengkapi dengan rekaman suara yang dapat diputar.

Beberapa audiobook juga memiliki fitur rekaman sehingga si Kecil dapat merekam suaranya saat menyanyi atau menyuarakan cerita di buku. Si Kecil akan belajar mendengar dan mengucapkan kata-kata dengan lebih menyenangkan dengan audiobook.

4. Boneka Hewan

Boneka hewan sebenarnya dapat dihadiahkan untuk anak laki-laki maupun perempuan. Mainan boneka hewan yang lembut dapat dijadikan teman tidur dan teman bermain. Boneka ini pun memiliki banyak ukuran dan dapat dijadikan alat untuk bermain peran.

Namun sebelum memilih boneka hewan sebagai hadiah, pastikan si Kecil tidak memiliki alergi terhadap bulu. Anda juga dapat memilih boneka hewan yang terbuat dari lateks atau kain bebas bulu agar lebih aman.

Jangan lupa untuk memastikan komponen boneka terpasang dengan baik dan tidak mudah dicopot anak. Misalnya mata atau hidung boneka. Ukuran komponen mainan yang kecil akan membahayakan jika lepas dan ditelan anak.

5. Mainan yang Berwarna Cerah

Di usia satu tahun anak mulai belajar membedakan dan mengenal warna. Mainan dengan warna-warna cerah dapat menstimulasi kemampuannya untuk mengenal warna dan tentu saja menyenangkan dimainkan.

Bunda dapat memilihkan mainan cincin warna-warni atau jembatan pelangi yang dapat disusun si Kecil. Pastikan kado untuk bayi 1 tahun tersebut mengandung non-toxic yang aman bagi anak.

6. Brakiasi

Brakiasi adalah mainan dari kayu yang dapat dipanjat. Biasanya terdiri dari beberapa jenis mainan dalam satu set. Misalnya undakan, perosotan, dan ayunan. Harganya memang cukup mahal, tetapi sepadan dengan manfaatnya untuk melatih fisik dan perkembangan otak anak.

Brakiasi yang bagus terbuat dari kayu yang kuat, menggunakan cat non-toxic dan berstandar SNI. Sebuah brakiasi set biasanya dapat dimainkan hingga anak berusia 5 tahun.

Baca Juga: 6 Ide Permainan Bayi yang Mengasyikkan untuk Bayi 1 Tahun

7. Perlengkapan Makan

Anak berusia 1 tahun mulai belajar makan dan minum sendiri. Sebuah perlengkapan makan yang lucu dan menarik pasti akan membuatnya semakin bersemangat makan sendiri.

Selain piring dan mangkuk makan, ide kado untuk anak 1 tahun adalah bib (celemek bayi), botol susu, dan kursi makan lucu untuk si Kecil.

8. Perlengkapan Mandi dan Renang

Siapa sih yang tidak suka berenang? Perlengkapan mandi dan renang yang lucu pasti cocok menjadi kado untuk bayi 1 tahun.

Beberapa perlengkapan mandi dan renang yang dapat dihadiahkan misalnya kolam renang plastik, pelampung bayi, baju renang bayi, mainan karet, dll. Ini akan melatih berbagai kemampuan motorik anak. Cek manfaat main air bagi anak berikut ini!

9. Kuda-kudaan

Kuda-kudaan yang dapat dinaiki sangat bermanfaat untuk melatih motorik kasar bayi, keseimbangan anak, serta melatih kekuatan posturnya. Anda dapat memilih kuda-kudaan yang terbuat dari kayu, rotan, maupun campuran plastik dan karet.

Selain kuda-kudaan, mainan lain yang dapat dinaiki adalah ayunan kecil, sepeda roda tiga dan mobil-mobilan yang dapat dinaiki dan dikayuh.

10. Mainan yang Dapat Ditarik

Mobil-mobilan atau rangkaian gerbong kereta api yang dapat diberi tali dan ditarik akan sangat menyenangkan bagi si Kecil. Anak berusia 1 tahun sedang belajar berjalan dan senang mengitari rumah.

Memiliki mainan yang dapat ditariknya kemana-mana pasti sangat menyenangkan. Kabar baik lainnya, jenis mainan ini sangat banyak dan harganya terjangkau.

Baca Juga: Tips Memilih Permainan Anak Sesuai dengan Usianya

11. Push Toy

Push toy adalah mainan yang berukuran hampir setinggi bayi dan dapat didorong serta ditarik. Mainan ini memiliki roda dan beberapa kelengkapan seperti tombol untuk ditekan dan diputar, speaker untuk mengeluarkan musik, serta beberapa modelnya dapat dibongkar pasang dan disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi.

Push toy sangat bermanfaat bagi anak berusia 1 tahun yang sedang melancarkan kemampuannya berjalan. Dengan mendorong push toy, kekuatan otot lengan dan kaki bayi akan terlatih, keseimbangannya juga terlatih. Namun bayi juga tidak akan mudah jatuh karena push toy dapat menyangga tubuhnya.

Apapun ide kado untuk anak 1 tahun yang Anda pilih, pastikan terbuat dari bahan yang aman bagi anak. Hindari adanya elemen mainan yang kecil, runcing, bersudut tajam, atau mudah terlepas. Pastikan pula kado yang Anda pilih berstandar SNI. Selamat memilih hadiah yang bermanfaat untuk si Kecil.

 

  1. Gurock, Sheri. 2021. 29 Fun First Birthday Gift Ideas. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/first-birthday-gift-ideas/. (Diakses pada 24 Januari 2022).
  2. John, Steven dan Lauren Ro. 2021. The Only Toy Gift Guide for a 1-Year-Old You’ll Ever Need. https://nymag.com/strategist/article/best-gifts-toys-for-a-1-year-old.html. (Diakses pada 24 Januari 2022).
  3. Tolin, Lisa. 2017. 40 best gifts and toys for 1-year-olds in 2022. https://www.today.com/shop/best-gifts-1-year-olds-our-2017-holiday-gift-guide-t118615. (Diakses pada 24 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi