Terbit: 20 Januari 2022 | Diperbarui: 24 Mei 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Cara merawat bayi kembar butuh energi yang ekstra, terutama bagi Anda yang baru menjadi ibu. Lantas, bagaimana caranya agar bayi kembar tumbuh sehat dan ibu tetap happy? Yuk, simak tips dan caranya di bawah ini!

10 Cara Merawat Bayi Kembar agar Anda Tidak Kewalahan

Cara Merawat Bayi Kembar

Mengurus satu bayi baru lahir bagi wanita yang baru menjadi ibu mungkin bisa menyebabkan kewalahan, apalagi jika Anda memiliki bayi kembar.

Tenang, ada banyak tips yang bisa membantu merawat bayi kembar agar Bunda bisa pulih lebih cepat setelah persalinan dan si Kecil tetap terawat dengan baik

Berikut cara merawat anak kembar yang bisa Anda coba:

1. Menyesuaikan jadwal untuk si kembar

Menyelaraskan jadwal tidur dan menyusui bagi bayi kembar akan memungkinkan Bunda beristirahat ketika si kecil tidur siang.

Dokter anak mungkin akan menyarankan cara terbaik, misalnya dengan membangunkan bayi lain saat bayi pertama bangun untuk menyusu. Anda bisa menggunakan bantal makan untuk memudahkan ketika menyusui.

Mungkin semua orang akan memberi tahu bahwa tidak boleh membangunkan bayi yang tidur siang, tetapi ini adalah satu-satunya pengecualian bagi bayi kembar.

2. Menggunakan kereta dorong berpasangan

Memiliki bayi kembar mungkin akan kesulitan ketika harus menggendong keduanya, terutama saat bepergian. Nah, Bunda bisa menggunakan kereta dorong ganda atau berpasangan yang kini sudah tersedia di toko perlengkapan bayi.

Tidak hanya digunakan ketika bepergian, kereta dorong ganda juga bisa Bunda gunakan untuk menidurkan bayi ketika di rumah dan bisa membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan si kembar.

3. Membeli perlengkapan bayi secara online

Cara merawat bayi kembar membutuhkan perhatian lebih, terutama kebutuhannya. Bunda harus mempersiapkan perlengkapan dasar bayi seperti popok, tisu basah, bedak bayi, dan perlengkapan lainnya dengan cepat.

Salah satunya dengan membeli perlengkapan bayi secara online. Tidak hanya menghemat waktu belanja persediaan bayi, tetapi juga membantu memanfaatkan diskon menghemat pengeluaran.

Sebaiknya sesuaikan tanggal kebutuhan dengan tanggal pembelian sehingga pengiriman tepat waktu.

4. Pertimbangkan untuk mencari bantuan

Merawat bayi kembar menjadi tugas yang besar, oleh karenanya Bunda sangat membutuhkan lebih banyak orang untuk membantu mengurus si kembar.

Bunda bisa meminta bantuan kepada keluarga atau teman terdekat untuk tinggal bersama dalam waktu yang lama. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan jasa baby sitter terlatih yang dapat membantu merawat bayi.

Baca Juga: 7 Cara Menyusui Bayi Kembar yang Benar, Nyaman, dan Aman

5. Bergabung dengan komunitas bayi kembar

Belajar tentang cara merawat bayi kembar yang terbaik adalah dengan orang tua berpengalaman merawat bayi kembar.

Orang tua yang berpengalaman memiliki berbagai cara dan tips untuk mengasuh si kembar, dan beberapa cara bahkan mungkin berhasil untuk Anda.

Bunda dapat menemukan orang tua lain yang berpengalaman merawat bayi kembar dalam komunitas. Anggotanya dapat bertukar pikiran atau pengalaman dengan orang tua lainnya tentang tips merawat si kembar.

6. Merawat si kembar secara bergantian dengan suami

Bicarakanlah dengan suami dan buat shift waktu dan bagaimana tips merawat bayi kembar. Bunda mungkin merawatnya bersama atau secara terpisah, yang terpenting apa pun yang paling cocok untuk keluarga.

Suami mungkin bisa mengajak si kembar untuk berjalan-jalan, membeli bahan makanan, atau mencuci pakaian. Baik Anda dan suami bisa menyempatkan untuk me time yang terpisah, untuk memastikan Anda berdua memiliki waktu untuk bersantai guna mencegah kelelahan.

7. Bergantian menggendong bayi kembar

Bayi suka dipeluk dan didekap, ini merupakan tips penting untuk membangun ikatan antara ibu dan anak. Namun, menggendong bayi kembar sepanjang waktu bisa sangat melelahkan.

Untuk menyiasatinya, biarkan satu bayi bermain di lantai dengan alas atau di boks, sementara Bunda menggendong bayi lainnya. Bunda bisa bergantian menggendong ketika bayi yang sedang bermain mulai rewel.

8. Memandikannya secara bersamaan

Baik meminta bantuan dari orang lain atau menggunakan dua kursi mandi bayi, Bunda dapat memandikan si kembar secara bersama-sama.

Apabila melakukan tips merawat bayi kembar tersebut dengan baik, tentu Bunda akan menghemat waktu dan energi jika bisa mengatur waktu mandi bayi kembar.

Baca Juga: Mengapa Bayi Kembar Tampak Lebih Kecil dari Bayi Lainnya?

9. Jangan memisahkan si kembar ketika waktu tidur

Setelah bayi kembar cukup besar untuk tidur malam, Bunda mungkin ingin membuat keduanya tidur di kamar terpisah. Memang ini akan membantu saat satu bayi terbangun di malam hari sambil menangis, dan bayi lainnya tidak akan terganggu.

Ada kemungkinan jika membiarkan si kembar tidur di kamar yang sama, keduanya akan terbiasa dengan kebisingan di malam hari, dan akan segera belajar tidur dengan kebisingan apa pun.

Meski begitu, cara ini mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lama, dan tidak ada jaminan terhadap hasilnya.

10. Sempatkan Bunda untuk me time

Terlepas seberapa baik merawat si kembar, Bunda pasti akan merasa lelah sepanjang hari. Untuk itu, bunda perlu waktu untuk diri sendiri agar bisa bersantai dan mengendurkan otot-otot yang tegang.

Jika tidak, Bunda akan merasa kelelahan dan kewalahan dengan rutinitas harian bersama si kembar. Sebaiknya lakukan apa pun yang bisa dilakukan ketika beristirahat, misalnya menonton TV, berendam air panas, atau membaca buku.

Beristirahat akan membantu Bunda meremajakan dan tetap termotivasi, bahagia, dan sehat selama mengasuh si kembar.

Bunda, itulah tips merawat bayi kembar yang bisa Anda terapkan di rumah baik dengan suami, keluarga, atau teman. Semoga tips ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2021. How to Take Care of Twins: From Feeding to Sleeping. https://sleepingshouldbeeasy.com/how-to-take-care-of-twins-and-still-get-stuff-done/. (Diakses pada 20 Januari 2022)
  2. Khan, Aliya. 2018. How to Take Care of Newborn Twins. https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-take-care-for-newborn-twins-essential-twins-baby-care-tips/. (Diakses pada 20 Januari 2022)
  3. Shah, Ritika. 2021. Twin Baby Care: 16 Tips To Make The Task Easier. https://www.momjunction.com/articles/essential-tips-take-care-newborn-twins_0075693/. (Diakses pada 20 Januari 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi