Terbit: 17 Desember 2021 | Diperbarui: 20 Desember 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Meninggalkan anak sepanjang hari di tempat penitipan anak (daycare) bagi beberapa orang tua adalah pilihan yang tidak dapat dihindari, terutama orang tua yang bekerja dari pagi hingga sore. Lantas, bagaimana cara memilih daycare yang tepat dan aman untuk anak? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

6 Cara Memilih Daycare yang Wajib Diketahui Orang Tua

Tips Memilih Daycare untuk Anak

Selain memberikan pengasuhan, layanan penitipan anak pada umumnya juga memberikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan belajar.

Oleh karena itu, memilih tempat penitipan anak yang tepat terkadang bisa menjadi sesuatu yang sulit bagi orang tua. Keputusan memilih tergantung pada kebutuhan keluarga, biaya daycare terdekat, lingkungan tempat tinggal, hingga kenyamanan anak.

Berikut adalah berbagai cara memilih daycare yang tepat untuk anak, di antaranya:

1. Riset Tempat yang Ingin Anda Pilih

Cobalah tanyakan pada orang-orang di sekitar Anda apakah mengetahui tempat penitipan anak yang ingin Anda pilih. Jika tahu dan pernah menggunakannya, tanyakan padanya mengenai pengalaman menitipkan anak di sana.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset melalui online, bisa melalui website, sosial media, dan lain-lain. Pelajari setiap informasi yang ditampilkan.

Setelah melakukan riset, Anda bisa memeriksanya secara langsung apakah fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan informasi yang ditampilkan dan apakah dilakukan oleh tenaga profesional yang sudah terlatih.

Jika sesuatu yang Anda lihat nampaknya tidak sesuai dengan riset yang sudah dilakukan, daycare tersebut mungkin tidak tepat untuk anak Anda.

2. Jumlah Pengasuh

Idealnya, satu orang pengasuh untuk 3-4 bayi atau balita, sedangkan pada anak yang lebih tua, satu pengasuh idealnya mengurus 6-9 anak.

Rasio ini memastikan bahwa anak mendapatkan perhatian yang cukup untuk mendukung perkembangan sosial dan emosionalnya. Anda harus memastikan bahwa pegasuh yang tersedia benar-benar cermat mengajari dan mengawasi anak.

Baca Juga: Pendidikan Karakter Anak: Manfaat, Cara Meningkatkan, dll

3. Kualitas Guru dan Pengasuh

Selain memerhatikan rasio jumlah pengasuh, hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan dalam memilih daycare adalah kualitas guru serta pengasuh. Pada umumnya, guru dan pengasuh yang terdapat di tempat penitipan anak adalah tenaga profesional yang sudah mendapat pelatihan.

Jadi, pastikan tempat daycare untuk anak Anda memiliki guru dan pengasuh dengan keterampilan yang sesuai untuk mendukung tumbuh kembang anak.

4. Lingkungan yang Aman dan Sehat

Pusat penitipan anak yang baik akan dengan senang hati membagikan kebijakannya tentang segala hal, mulai dari imunisasi, menangani anak yang sakit, hingga mengganti popok.

Tanyakan juga pada petugas daycare mengenai bagaimana penanganan saat mengalami kondisi darurat dan kebijakan keselamatan anak.

Memahami kebijakan dan kontrak dapat membantu Anda meninjau program yang ditawarkan sebelum memilih daycare tersebut. Selain itu, Anda juga akan mempelajari informasi yang disertakan dalam kontrak yang ditandatangani

Kebijakan tertulis adalah sesuatu yang penting karena membantu memastikan Anda memahami dan setuju dengan cara pengasuhan anak.

Baca Juga: 9 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua agar Anak Rajin Belajar

5. Perhatikan Program Pembelajaran & Pengembangan yang Ditawarkan

Daycare yang baik harus memiliki ruang yang tertata dengan baik dan mainan yang sesuai dengan usia.

Selain itu, tempat penitipan anak harus diisi oleh banyak kegiatan seperti seni, musik, membaca, atau bermain drama. Aktivitas membaca harus dimasukkan dalam jadwal program setidaknya dua kali sehari.

Siapkan daftar pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada penyedia layanan untuk mempelajari lebih lanjut tentang program dan bagaimana mereka akan merawat anak Anda.

6. Memiliki Visi Misi yang sama dengan Anda

Cara memilih daycare berikut ini bersifat subjektif karena umumnya berdasarkan selera orang tua. Misalnya, apakah penitipan anak ini menyambut dengan baik ide-ide orang tua atau apakah nilai-nilai yang ditanamkan sesuai dengan standar Anda.

Tempat penitipan yang baik umumnya dapat dikunjungi oleh orang tua setiap saat dan setiap masukan dari orang tua harus dihargai dengan baik. Oleh karena itu, komunikasi yang jelas dan sering antara program dan orang tua sangatlah penting.

Nah, itulah berbagai tips memilih daycare yang wajib diketahui oleh orang tua. Pastikan bunda dan ayah menitipkan anak di tempat penitipan terpacaya, berkualitas tinggi, dan aman untuk anak.

 

  1. Anonim. Choosing Quality Child Care For Your Children. https://www.childcare.gov/consumer-education/choosing-quality-childcare. (Diakses pada 17 Desember 2021).
  2. Alfieri, Kelly. 2017. How to Find the Best Day Care. https://www.thebump.com/a/how-to-find-good-day-care. (Diakses pada 17 Desember 2021).
  3. Hohman, Maura. 2020. Day Care 101: How to Choose the Best Day Care Facility for Your Family. https://www.whattoexpect.com/first-year/daycare. (Diakses pada 17 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi