Terbit: 23 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bayi yang baru lahir umumnya masih sangat rentan. Daya tahan tubuhnya masih belum sempurna, sehingga ia masih rawan terkena infeksi atau gangguan kesehatan lain. Pada beberapa hari pertama dalam kehidupannya, organ-organ bayi juga mengalami pematangan agar dapat berfungsi maksimal. Selama masa adaptasi tersebut kadang bayi mengalami gangguan kesehatan.

Gangguan Kesehatan yang Sering Dialami Bayi Baru Lahir

Beberapa gangguan kesehatan yang sering dialami oleh bayi baru lahir umumnya dapat hilang dengan sendirinya selama beberapa hari. Namun orang tua perlu waspada jika gangguan kesehatan tesebut berlangsung selama beberapa minggu. Gangguan kesehatan tersebut antara lain:

Bayi kuning
Beberapa hari setelah melahirkan, bayi umumnya berwarna kuning. Hal ini disebabkan oleh bayi melepaskan pigmen empedu sehingga menyebabkan kulit tampak menguning. Hal ini akan berkurang selama beberapa hari ke depan. Untuk mengatasinya, ibu bisa menyusi bayi sesering mungkin atau sesuai kebutuhannya. Pada bayi prematur, gejala kuning ini bsia terjadi lebih lama dari pada bayi yang lahir cukup bulan. Kuning pada bayi adalah hal yang normal dan tidak menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak. Segera hubungi dokter jika bayi kuning untuk waktu yang lama.

Berat badan turun

Saat bayi baru lahir, ibu pasti senang melihat bayi yang dilahirkan memiliki berat badan ideal. Namun setelah beberapa hari ternyata berat badan bayi turun dan ini tak jarang membuat ibu panik. Sebenarnya turunnya berat badan bayi setelah lahir adalah hal yang wajar. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya cairan pada tubuh bayi. Dengan rajin menyusu, umumnya berat badan bayi akan kembali normal setelah 2 minggu.

Bersin-bersin dan hidung tersumbat
Bayi yang bersin-bersin atau mengalami hidung tersumbat umumnya disebabkan oleh iritasi karena debu atau udara kering. Jauhkan anak dari barang atau tempat yang berdebu, gunakan humidifier dalam ruangan, dan gunakan larutan natrium klorida 0,9% untuk melegakan hidung tersumbat.

Cegukan
Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa mengalami cegukan. Cegukan pada bayi pun bisa hilang dengan sendirinya tanpa bantuan apa pun. Jika cegukan berlangsung lama sekitar 5-10 menit, ibu bisa memompa ASI ke sendok dan menyuapkannya pada bayi. Hindari meminumkan air putih pada bayi dalam jumlah banyak karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi