Terbit: 16 Februari 2018 | Diperbarui: 7 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bagi para orang tua yang sedang menantikan kelahiran anak pertama, tentu tak sabar menanti tanggal persalinan. Berbagai persiapan tentu sudah dilakukan untuk menyambut kehadiran si kecil. Namun terkadang ada beberapa hal tentang perawatan bayi baru lahir yang menjadi kendala bagi orang tua baru. Untuk memudahkannya, berikut ini fakta tentang bayi baru lahir yang perlu diketahui orang tua:

5 Fakta Bayi Baru Lahir yang Perlu Diketahui Orang Tua

Kulitnya sangat sensitif
Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang rapuh dan sensitif. Gunakan produk perawatan khusus bayi untuk mencegah iritasi pada kulit bayi. Salah satu ganguan kulit yang paling sering terjadi pada bayi adalah ruam popok. Bersihkan pantat bayi dengan kapas dan air hangat lalu keringkan dengan handuk. Segera ganti popok bayi jika tampak basah dan penuh. Jaga kondisi popok agar tetap bersih dan kering.

Menyusu setiap 1-2 jam sekali
Ukuran lambung bayi sangat kecil sehingga Anda perlu menyusuinya dalam jumlah sedikit namun sering. Bayi akan menyusu dengan sangat sering dalam beberapa hari pertama. Jika lapar, bayi akan membuat tanda seperti menangis dengan kuat, mengerjap mencari puting dan mengisap tangannya. Jangan lupa sendawakan bayi setiap habis menyusu untuk mengeluarkan udara yang masuk dari perutnya.

Sering buang air besar setelah menyusu
Selain sering menyusu, bayi juga akan sering buang air besar. Frekuensi buang air besar tiap bayi berbeda, namun biasanya ia akan BAB cukup sering sekitar 5-10 kali per hari dan akan berkurang menjelang usia 3-6 minggu.

Saat baru lahir kotoran bayi akan berwarna hitam kehijauan dan lengket yang disebut mekonium. Warna dan tekstur ini normal pada bayi karena merupakan sisa-sisa makanan dari plasenta. Seiring dengan banyaknya asupan ASI, kotoran bayi akan berubah warna menjadi semakin muda dan lembek.

Bayi tidur cukup lama
Pada bayi baru lahir bisa tidur hingga 16-18 jam dalam sehari. Pola tidur bayi yang baru lahir masih belum teratur, sehingga ia mungkin akan membuat Anda ikut begadang. Untuk mengatur pola tidurnya, biarkan bayi banyak melakukan aktivitas di siang hari sehingga tetap terjaga dalam waktu yang lama dan tidur lelap saat malam hari. Memasuki usia bayi 3 bulan, ia sudah bisa membedakan antara siang dan malam sehingga lebih mudah untuk mengatur pola tidurnya.

Lakukan perawatan tali pusat
Bayi baru lahir masih memiliki tali pusat. Perlu dilakukan perawatan tali pusat dengan benar agar tidak infeksi dan cepat lepas. Hindari menarik tali pusat dengan paksa untuk mencegah pendarahan dan wasapada jika kulit di sekitar tali pusat bayi Anda berubah warna menjadi kemerahan atau mengeluarkan cairan dan berbau. Jika mengalami hal tersebut, kemungkinan mengalami infeksi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi