Terbit: 6 Desember 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Bukan semakin membesar, perut ibu hamil mengecil saat bangun tidur bisa saja terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya akibat masalah kesehatan yang dialami ibu hamil. Bunda, selengkapnya ketahui penyebab hingga cara mengatasinya berikut ini!

5 Penyebab Perut Ibu Hamil Mengecil saat Bangun Tidur

Normalkah Perut Ibu Hamil Mengecil saat Bangun Tidur?

Jawabannya adalah ya dan tidak. Selama kehamilan yang sehat, perut ibu hamil seharusnya tumbuh seiring waktu, bukan mengecil.

Ketika rahim mengembang dan bayi tumbuh lebih besar, ibu hamil akan melihat tubuhnya juga tumbuh. Jika melihat bahwa benjolan perut (baby bump) tidak bertambah besar, atau semakin mengecil dari waktu ke waktu maka Bunda harus berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) atau dokter kandungan.

Perut ibu hamil yang mengecil atau berhenti membesar bisa menjadi tanda bahwa janin tidak tumbuh dengan baik atau mengalami masalah kehamilan.

Obgyn akan mengukur dan memeriksa benjolan dan mungkin juga melakukan pemindaian ultrasound untuk memastikan kondisi janin dalam kandungan.

Perut ibu hamil yang tidak membesar atau menyusut secara konsisten seiring waktu dapat menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah, sementara perut ibu hamil mengecil saat bangun tidur dan kemudian tampak lebih besar sepanjang hari adalah hal yang normal.

Begitu juga baby bump yang tampak seperti menyusut dalam semalam tidak perlu dikhawatirkan, karena itu terjadi secara teratur selama kehamilan.

Penyebab Perut Ibu Hamil Mengecil saat Bangun Tidur

Banyak wanita hamil mungkin melihat baby bump berubah secara dramatis selama kehamilan. Salah satu perubahan baby bump yang dialami oleh banyak ibu hamil adalah perut terlihat lebih kecil di pagi hari daripada di malam hari. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi bentuk dan ukuran perut ibu hamil.

Berikut ini penyebab utama mengapa perut ibu hamil mengecil saat bangun tidur:

1. Otot perut lebih kuat

Ketika bangun tidur di pagi hari, tubuh ibu hamil telah beristirahat semalaman dan itu termasuk otot perut. Di pagi hari, otot inti akan lebih kuat karena telah diremajakan dan beristirahat pada malam hari saat sedang tidur.

Seperti otot lainnya, otot perut akan kelelahan setelah menggunakannya terus menerus dan otot inti akan bekerja sangat keras sepanjang hari untuk menopang janin.

Ketika otot-otot perut lebih kencang di pagi hari, benjolan perut mungkin tampak lebih kecil. Namun, seiring berjalannya hari dan otot inti mulai lelah dan rileks di bawah beban rahim dan janin, sehingga benjolan akan mulai terlihat lebih besar.

2. Perut diisi makanan

Perut hamil yang menonjol tidak sepenuhnya karena janin. Benjolan kehamilan tentu saja sebagian besar karena bayi dan rahim yang sedang tumbuh, tetapi organ lainnya dalam perut membuatnya terlihat besar.

Ketika perut ibu hamil mengecil saat bangun tidur, ini bukan berarti janin semakin mengecil, mungkin hanya karena perut kosong. Saat makan dan minum sepanjang hari akan mengisi perut dan penampilan perut hamil akan tampak lebih besar.

3. Perut kembung

Perut kembung dapat terjadi akibat makan makanan tertentu atau minum makanan tertentu yang menyebabkan gas terjebak di saluran pencernaan. Hormon kehamilan (progesteron) dapat memperlambat pencernaan dan ini menyebabkan gas yang terjebak dan pada akhirnya kembung.

Seseorang cenderung tidak terlalu kembung ketika pagi dan ini bisa menjadi penyebab mengapa perut ibu hamil tampak lebih kecil daripada saat siang dan malam hari.

Jika Bunda makan dan minum banyak makanan di siang hari yang menyebabkan perut terasa kembung, perut mungkin terlihat jauh lebih kecil di pagi hari ketika kosong.

4. Berubahnya posisi janin dalam perut

Ketika ibu hamil berbaring, posisi janin akan memengaruhi bentuk dan ukuran perut. Jika Bunda berbaring sepanjang malam, janin mungkin telah berubah posisi.

Jika posisi bayi berbaring dengan punggung dan pantatnya menempel di perut ibu hamil, ini bisa menyebabkan perut tampak lebih penuh dan bulat.

Apabila janin telah bergeser posisi ketika malam hari, ini bisa membuat benjolan perut terlihat lebih kecil di pagi hari.

5. Kehamilan pertama

Semakin banyak Bunda memiliki anak, akan semakin lemah dan semakin meregangkan otot inti perut. Sementara wanita bisa berolahraga dan mengencangkan otot kembali di antara kehamilan, tetapi mungkin sulit memulihkan otot dan kekuatan penuh setelah melahirkan.

Wajar bagi wanita yang hamil untuk kedua kalinya memiliki perut tampak besar lebih awal. Hal ini karena otot perut tidak sekuat sebelum kehamilan pertama dan tidak mampu menopang rahim yang sedang tumbuh.

Otot perut yang lebih lemah akan lebih cepat lelah seiring waktu yang berarti benjolan akan terlihat seperti membesar sejak bangun di pagi hari. Sedangkan untuk kehamilan pertama, perut ibu hamil kemungkinan mengecil saat bangun tidur.

Baca Juga: 8 Penyebab Janin Tidak Berkembang di Dalam Rahim

Mengapa Perut Hamil 9 Terlihat Lebih Kecil?

Jika melihat benjolan kehamilan berhenti membesar, bahkan di usia kehamilan sembilan bulan, Bunda harus segera berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Terlepas dari semua penyebab perut hamil mengecil saat pagi hari, perut hamil sembilan bulan mungkin terlihat lebih kecil karena tubuh bersiap untuk persalinan. Ketika tanggal jatuh tempo mendekati bayi mungkin menuju ke panggul.

Proses tersebut disebut lightening dan terjadi ketika bayi memposisikan dirinya sendiri ke bawah dan bergerak lebih rendah ke panggul, ini bersiap untuk kelahiran.

Jika bayi terjatuh ke panggul, perut mungkin terlihat lebih kecil. Hal ini hanya karena bayi telah bergerak lebih rendah ke dalam tubuh, yang menyisakan lebih banyak ruang di bagian atas perut.

Jika Bunda bangun di pagi hari mendekati tanggal kelahiran dan perut terlihat lebih kecil, bayi mungkin telah jatuh ke panggul dan mungkin sudah mendekati persalinan.

Baca Juga: Cara Menjaga Nutrisi Ibu Hamil agar Seimbang dan Membantu Pertumbuhan Janin

Itulah penjelasan tentang alasan mengapa perut ibu hamil mengecil saat bangun tidur. Semoga Informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Davies, Emma. Tanpa Tahun. Why Does My Pregnant Belly Look Smaller In The Morning?. https://mominformed.com/why-does-my-pregnant-belly-look-smaller-in-the-morning/ (Diakses pada 6 Desember 2021)
  2. Parris, Jennifer. 20218. So Here’s The Deal With Baby Bumps Shrinking In The Morning. https://www.romper.com/pregnancy/are-baby-bumps-smaller-in-the-morning-youre-not-the-only-one-imagining-this-8297082 (Diakses pada 6 Desember 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi