Terbit: 20 July 2022 | Diperbarui: 26 July 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Asam folat (vitamin B9) adalah salah satu nutrisi penting selama kehamilan. Vitamin ini dapat membantu menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Bila kekurangan nutrisi ini, kehamilan berisiko mengalami komplikasi parah. Kenali tanda ibu hamil kurang asam folat dalam ulasan berikut!

Penting, Ini 7 Ciri-ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

Dampak Kekurangan Asam Folat saat Hamil

Selama kehamilan, Bumil sebaiknya lebih memperhatikan lagi asupan nutrisi harian. Salah satu vitamin penting yang sebaiknya dipenuhi adalah vitamin B9 alias asam folat.

Vitamin ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin sekaligus mencegah kecacatan lahir pada bayi atau yang dikenal sebagai cacat tabung saraf, misalnya spina bifida dan anencephaly.

Kekurangan asam folat pada ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko solusio plasenta. Kondisi ini terjadi ketika plasenta terpisah dari rahim ibu.

Tak cukup sampai di situ, Bumil yang kekurangan nutrisi ini juga bisa berisiko mengalami kelahiran prematur atau bayi terlahir dengan berat badan rendah.

Ciri-ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

Melansir Healthline, Bumil sebaiknya mencukupi setidaknya 400 mcg atau 0,4 mg asam folat dalam sehari. Kekurangan asam folat pada ibu hamil harus dihindari karena dapat mengakibatkan komplikasi pada kehamilan.

Agar kehamilan Anda senantiasa sehat, penting untuk mengetahui sejumlah tanda Bumil kurang asam folat berikut ini:

1. Mudah Lelah

Tanda Bumil kurang asam folat yang pertama adalah kelelahan. Perlu Anda ketahui, nutrisi ini penting untuk pembentukan sel darah merah. Jika jumlahnya berkurang, maka sel darah merah akan berkurang juga.

Sel darah merah yang berkurang menyebabkan berkurangnya hemoglobin selaku pengangkut oksigen di dalam darah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko anemia. Anda bisa mengalami kelelahan dan merasa tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, kekurangan asam folat pada ibu hamil akan mengakibatkan tubuh memiliki sel darah merah yang sedikit. Padahal, sel darah ini bertugas untuk memasok oksigen ke organ tubuh.

Kondisi ini akan menyebabkan Bumil terlihat lebih pucat. Tak jarang, ibu hamil bisa mengalami anemia dan mati rasa di bagian tangan dan kaki.

Baca JugaSejumlah Manfaat Vitamin B1 untuk Ibu Hamil

2. Sistem Pencernaan Terganggu

Masalah pencernaan memang rentan terjadi selama kehamilan. Bumil dapat mengalami perut kembung, mulas, sembelit, bahkan wasir.

Gangguan pada saluran pencernaan juga terjadi sebagai akibat dari kekurangan asam folat saat hamil. Kondisi ini mengakibatkan usus kurang optimal dalam menyerap cairan dan sari dari makanan yang dikonsumsi.

Masalah pencernaan yang menjadi salah satu ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat adalah diare. Bila kurang asupan nutrisi ini, frekuensi BAB Bumil bisa meningkat. Feses juga cenderung lebih encer dari biasanya.

Tidak hanya itu, fungsi lambung juga akan terganggu sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya maag.

3. Rentan Sariawan

Bukan hanya karena kekurangan vitamin C, sariawan juga dapat terjadi ketika Anda kekurangan vitamin B9.

Pasalnya, ketika tubuh kekurangan nutrisi ini, organ mulut akan rentan terhadap adanya luka.

Sariawan karena kekurangan asam folat bisa diatasi dengan memenuhi kebutuhan sejumlah nutrisi, seperti asam folat, vitamin B6, B12, dan zinc. Selain itu, bumil juga bisa menggunakan obat sariawan yang dijual dengan bebas di apotek.

4. Gangguan Indra Perasa

Ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat ini masih berkaitan dengan gangguan pada rongga mulut. Ya, kurangnya asupan vitamin B9 selama kehamilan dapat mengakibatkan gangguan pada indra perasa.

Kondisi ini terjadi ketika reseptor rasa atau yang dikenal dengan papillae tidak bisa mengirim sinyal ke otak lewat sistem saraf karena adanya gangguan pada lidah. Pada akhirnya, indra perasa tidak berfungsi secara optimal.

5. Detak Jantung Cepat (Palpitasi)

Palpitasi alias detak jantung berdebar cepat menjadi salah satu tanda ibu hamil kurang asam folat. Jantung berdebar dapat Anda rasakan di tenggorokan, leher, atau dada.

Kondisi ini bisa terjadi ketika Anda sedang beraktivitas atau beristirahat sekalipun.

Baca JugaPusing saat Hamil: 11 Penyebab dan Cara Mengatasinya

6. Dengung di Telinga (Tinnitus)

Tinnitus adalah kondisi ketika Anda mendengar suara-suara bising pada telinga bagian dalam. Ketika Bumil mengalami telinga berdengung, waspadai kemungkinan tanda bumil kurang asam folat.

Kondisi ini umumnya akan membaik dengan mengatasi penyebabnya.

7. Alami Anemia Megaloblastik

Anemia megaloblastik adalah komplikasi dari kekurangan asam folat. kondisi ini terjadi ketika sumsum tulang menghasilkan sel induk yang menyebabkan sel darah merah lebih besar dari ukuran normal.

Selain ukurannya yang membesar, jumlah sel-selnya pun akan menjadi lebih sedikit. Bentuknya tidak bulat, hampir oval dan tidak hidup lebih lama dibandingkan dengan sel darah merah yang normal.

Jenis anemia yang satu ini dapat terjadi ketika tubuh kekurangan vitamin B9 dan vitamin B12.

Mengetahui pentingnya folat bagi kehamilan, ada baiknya untuk mengenali ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat. Bila Anda mengalami salah satu tanda di atas saat hamil, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini.

Ibu hamil bisa mendapatkan kebutuhan asam folat lewat berbagai makanan, seperti sayuran hijau, buah citrus (jeruk), kacang-kacangan, biji-bijian, makanan laut, unggas, telur, daging, dan susu.

Suplementasi asam folat biasanya diberikan kepada ibu hamil sejak 3 bulan sebelum merencanakan kehamilan sampai trimester pertama. Diskusikan dengan dokter kandungan mengenai penggunaan suplemen ini jika Anda merencanakan kehamilan atau sedang hamil trimester pertama. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2021. Folate and Pregnancy. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/folate-and-pregnancy. (Diakses pada 20 Juli 2022).
  2. Anonim. Digestive Problems During Pregnancy. https://www.familyeducation.com/pregnancy/digestive-problems/digestive-problems-during-pregnancy. (Diakses pada 20 Juli 2022).
  3. Cafasso, Jacquelyn. 2022. Folate Deficiency. https://www.healthline.com/health/folate-deficiency. (Diakses pada 20 Juli 2022).
  4. Humas FKG UI. 2021. Ini 9 Cara Sembuhkan Sariawan di Gusi dan Lidah dengan Cepat. https://fkg.ui.ac.id/18360/. (Diakses pada 20 Juli 2022).
  5. North London Obesity Surgery Service. About Folate and Folate Deficiency. (Diakses pada 20 Juli 2022).https://www.whittington.nhs.uk/document.ashx?id=1955.

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi