Terbit: 23 August 2022 | Diperbarui: 24 August 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Selama kehamilan, ibu hamil sebaiknya lebih memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Pasalnya, nutrisi yang diserap dari makanan bermanfaat tidak hanya bagi Bumil, melainkan janin di dalam kandungan. Salah satu buah-buahan yang dinilai baik untuk ibu hamil adalah apel. Ketahui manfaat apel untuk ibu hamil dalam ulasan berikut!

10 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Khasiat Apel untuk Ibu Hamil

Apel mempunyai kandungan nutrisi yang melimpah dan menguntungkan bagi tubuh, terutama bagi ibu hamil. Buah ini kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat, dan nutrisi bermanfaat lainnya.

Berkat kandungannya tersebut, manfaat apel untuk ibu hamil nyata adanya. Berikut ini beberapa khasiat yang dimaksud:

1. Mengurangi Gejala Mual dan Muntah

Seiring dengan perkembangan janin di dalam tubuh, perut ibu hamil menjadi lebih sensitif karena meningkatnya asam lambung. Kondisi ini bisa memicu rasa mual dan muntah.

Manfaat buah apel untuk ibu hamil berhubungan dengan penurunan kadar asam lambung. Rasa asam pada buah tersebut dapat mengurangi rasa mual dan muntah yang dirasakan oleh ibu hamil.

2. Mencegah Anemia

Selama kehamilan, ibu hamil rentan mengalami anemia. Ini adalah kondisi ketika Bumil kekurangan sel darah merah.

Salah satu cara untuk mencegah anemia pada kehamilan adalah mencukupi kebutuhan zat besi harian. Buah apel adalah sumber zat besi yang baik.

Manfaat apel untuk ibu hamil ialah meningkatkan produksi hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin sendiri merupakan protein di dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen menuju ke seluruh jaringan tubuh ibu hamil dan janin.

Baca JugaBahaya Anemia pada Ibu Hamil yang Perlu Anda Waspadai

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon sehingga memperlambat proses pencernaan. Akibatnya, Bumil dapat mengalami sembelit atau konstipasi. Kondisi ini terjadi ketika frekuensi buang air besar berkurang.

Selain itu, konstipasi juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan serat. Padahal, serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi buah apel. Manfaat konsumsi buah apel selama kehamilan bisa mencukupi kebutuhan serat harian sehingga bisa mencegah konstipasi. Anda bisa mengonsumsi 1-2 buah apel setiap hari selama kehamilan.

4. Melawan Radikal Bebas

Tidak hanya kaya vitamin dan serat, apel bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh berkat adanya flavonoid dan fitokimia di dalamnya.

Manfaat konsumsi apel untuk ibu hamil dapat membasmi racun-racun dalam tubuh sehingga mampu mengurangi radikal bebas dari luar tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, DNA, dan penurunan fungsinya.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat apel merah dan hijau untuk ibu hamil dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Khasiat tersebut hadir berkat kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah ini.

Perlu Anda ketahui, vitamin C yang dikonsumsi secara teratur dapat menambah imunitas tubuh sehingga dapat membantu menangkal berbagai infeksi dan penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa sangka, konsumsi buah apel rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, pembentukan plak, dan radang pada dinding arteri. Pada akhirnya, kondisi tersebut bisa membantu menjaga kesehatan jantung ibu hamil.

7. Mencegah Masalah Pernapasan

Manfaat apel bagi ibu hamil dapat dirasakan oleh bayi di dalam kandungan. Faktanya, makan apel selama kehamilan dapat menurunkan risiko asma dan penyakit alergi pada masa kanak-kanak.

Selain itu, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah apel selama masa kehamilan dapat mengurangi risiko janin terserang penyakit asma hingga 53%.

Manfaat apel untuk ibu hamil ini ada karena kandungan antioksidan pada buah apel. Antioksidan dapat menjaga saluran pernapasan janin tetap bersih.

8. Menunjang Pertumbuhan Tulang

Salah satu manfaat buah apel untuk ibu hamil adalah membantu memenuhi kalsium selama kehamilan. Nutrisi ini penting untuk memperkuat tulang selama kehamilan.

Selain itu, kalsium penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang janin di dalam kandungan.

Tak hanya itu, apel kaya akan antioksidan dan senyawa inflamasi sehingga dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Baca Juga11 Sayur yang Bagus untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi dan Sehat!

9. Membantu Meningkatkan Energi

Mudah lemas dan lelah adalah gejala yang sering dialami oleh ibu hamil.  Cara mengatasi kondisi ini adalah dengan mencukupi kebutuhan karbohidrat komplek.

Apel mengandung karbohidrat kompleks. Kandungan ini dipercaya dapat memberikan suplai energi pada ibu hamil.

Konsumsilah satu buah apel setiap hari untuk mengembalikan semangat seperti sediakala.

10. Mengurangi Risiko Kanker

Ibu hamil yang makan apel secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap kejadian kanker paru-paru, kolorektal, saluran pencernaan, dan payudara.

Manfaat apel untuk ibu hamil ini diperoleh dari senyawa fitokimia di dalam buah. Senyawa ini diketahui sifat antikanker.

Itulah sejumlah khasiat konsumsi apel untuk ibu hamil. Selama kehamilan, Bumil bisa mengonsumsi 1-2 apel setiap hari untuk memperoleh manfaat tersebut. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. Foods Rich in Iron. http://www.grovedoc.com/wp-content/uploads/2013/07/Foods_high_in_iron.pdf. (Diakses pada 23 Agustus 2022). 
  2. Sikri, Shivani. 2022. 10 Health Benefits Of Eating Apples During Pregnancy. https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-eat-apples-during-pregnancy_00118512/. (Diakses pada 23 Agustus 2022).
  3. Uscher. 2020. Anemia in Pregnancy. https://www.webmd.com/baby/guide/anemia-in-pregnancy#. (Diakses pada 23 Agustus 2022).

DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi