Terbit: 25 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com Ibu hamil umumnya mengalami peningkatan asupan kebutuhan berbagai jenis zat gizi. Berbagai jenis zat gizi mulai dari zat gizi makro, vitamin dan mineral akan mendukung kesehatan ibu janin pada kandungan. Namun selain zat gizi tersebut ada pula cairan atau air minum yang juga perlu diperhatikan oleh ibu hamil.

Ini Alasan Ibu Hamil Harus Banyak Minum

Kebutuhan tubuh kita secara umum memang memerlukan air dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu tubuh kita juga tidak dapat memproduksi cairan sendiri sehingga kebutuhan cairan hanya akan kita peroleh dari asupan air putih. Air merupakan pengatur proses biokimia dan zat pengatur metabolisme tubuh. Asupan air putih sangat penting untuk semua kelompok usia begitu pula untuk ibu hamil.

Pada kondisi ibu hamil kebutuhan cairan tubuh meningkat. Peningkatan kebutuhan cairan pada ibu hamil ini penting untuk kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Menurut Kementerian Kesehatan RI asupan cairan ibu hamil yang paling baik untuk ibu hamil adalah dari air putih.

Air putih merupakan sumber cairan yang baik karena mampu membantu pencernaan ibu hamil, membuang racun dalam tubuh ibu dan merupakan penyusun sel dan darah yang baru pada tubuh ibu. Sehingga dengan asupan air putih yang cukup volume darah juga akan meningkat. Selain itu asupan air yang cukup akan menjaga keseimbangan asam basa tubuh dan mengatur suhu tubuh ibu.

Kebutuhan air putih ibu yang tercukupi tidak hanya mendukung kondisi kesehatan ibu namun juga pertumbuhan dan perkembangan janin. Dengan pemenuhan kebutuhan cairan pada tubuh ibu hamil akan mendukung sirkulasi janin yang baik serta mendukung produksi cairan amnion.

Pemenuhan kebutuhan cairan ibu hamil sangat baik jika diperoleh dari asupan air putih. Jadi ibu hamil tidak boleh malas minum air putih ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi