Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 24 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Tujuan utama sebuah pernikahan adalah memiliki keturunan. Maka, tidak sedikit pasangan suami istri yang baru saja menikah berusaha untuk memiliki keturunan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengikuti program kehamilan ke salah satu spesialis dokter kandungan.

Ingin Cepat Hamil? Hindari 3 Pantangan ini!

Selain mengikuti program kehamilan, mereka juga akan mengonsumsi jenis makanan sehat yang dianggap mampu meningkatkan kesuburan sehingga bisa cepat hamil. Namun, terkadang usaha tersebut masih belum membuahkan hasil. Padahal, segala cara sudah dilakukan termasuk aktif melakukan hubungan seks.

Ternyata salah satu faktor yang mempengaruhi pasangan sulit untuk mendapatkan keturunan adalah gaya hidup yang kurang sehat dan masih sering melakukan pantangan-pantangan yang seharusnya dihindari selama menjalani program kehamilan. Adapun pantangan-pantangan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Stres

Seperti yang Anda ketahui bahwa stres tidaklah baik untuk kesehatan. Pikiran tidak tenang atau stres juga akan menimbulkan risiko munculnya beberapa penyakit. Selain itu, stres juga bisa menjadi salah satu pantangan yang wajib dihindari oleh Anda yang menginginkan kehamilan. Stres bisa menyerang pusat organ, yakni otak. Jika Anda mengalami stres, maka otak akan berkeja lebih keras. Hal ini akan menyebabkan otak mengalami kelelahan dan jika otak mengalami kelelahan cukup lama, semua organ tubuh yang lain juga akan melemah, termasuk reproduksi. Itulah sebabnya, mengapa stres harus dihindari saat Anda ingin cepat hamil.

2. Mengonsumsi Kafein Secara Berlebihan

Mungkin Anda tidak bisa jauh dari zat yang satu ini. Kebiasaan Anda menyeruput teh maupun kopi akan berdampak bagi kesehatan tubuh. Kedua minuman tersebut mengandung kafein dan jika terlalu banyak di konsumsi akan tidak baik. Selain itu, minuman mengandung kafein juga akan mengahambat proses kehamilan Anda. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang minum kopi setiap hari secara berlebihan, akan lebih lama hamil dibanding wanita yang jarang mengonsumsi kafein. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari konsumsi kafein secara berlebih agar program kehamilan Anda bisa berjalan dengan lancar dan bisa membuahkan hasil.

3. Berat Badan Kurang Diperhatikan

Pantangan terakhir yang harus dihindari agar cepat hamil adalah tidak memperhatikan berat badan. Padahal, berat badan harus selalu Anda perhatikan karena juga berpengaruh pada saat program kehamilan. Berat badan yang terlalu gemuk maupun terlalu kurus juga dapat menghambat Anda untuk hamil karena terjadi masalah hormon yang akhirnya akan menghambat ovulasi dan mengganggu siklus menstruasi. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu mengontrol berat badan Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi