Terbit: 7 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Mandi di pemandian air panas atau sauna memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks, mandi sauna juga dapat menghilangkan nyeri tubuh dan racun lewat keringat. Namun, bolehkah ibu hamil melakukan sauna?

Bolehkah Mandi Sauna Saat Hamil?

Bagi ibu hamil, boleh atau tidak melakukan sauna masih menimbulkan perbedaan pendapat di dunia medis. Sebagian berpendapat ibu hamil sebaiknya tidak melakukan sauna, sedangkan sebagian lagi berpendapat ibu hamil boleh-boleh saja melakukan sauna.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di British Journal of Sports Medicine, dr Ollie Jay, Associate Professor di Exercise and Sports Science menyatakan bahwa berendam di air panas atau sauna boleh-boleh saja, namun hal ini harus dibatasi karena bisa menyebabkan ibu hamil mengalami hipertermia dan berdampak buruk bagi janin.

Ketika ibu hamil mengalami hipertermia, tekanan darah akan menurun sehingga terjadi penurunan distribusi oksigen dan zat gizi pada janin. Kekurangan oksigen dan gizi pada janin dapat mengakibatkan berbagai komplikasi seperti berat badan lahir rendah, kecacatan pada bayi hingga kematian janin atau keguguran. Selain itu penelitian lain menyebutkan bahwa melakukan sauna saat hamil juga dapat meningkatkan risiko cacat dan kelainan di tulang belakang pada bayi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr Ollie, perempuan hamil yang melakukan sauna, berolahraga, atau mandi air panas tidak menyebabkan suhu badan ikut meningkat tajam.

“Perempuan hamil aman jika ingin berolahraga aerobik air dalam suhu air 28,8 hingga 33,4 derajat Celcius dengan durasi hingga 45 menit. Mereka juga aman jika sauna hingga suhu 70 derajat Celcius dan kelembapan relatif seitar 15 persen dengan durasi 20 menit. Namun, semua itu tergantung kondisi ibu hamil dan saran dokter,” jelas dr Ollie dikutip dari Telegraph.

Bagaimana dengan Anda, Moms? Jika masih ragu untuk melakukan sauna sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Alternatif lain jika ingin relaksasi dan mengurangi nyeri punggung atau pegal-pegal di tubuh Anda bisa mandi dengan air panas atau melakukan pijat hamil dengan sesorang profesional.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi