Terbit: 14 Maret 2018 | Diperbarui: 3 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bunda, pernahkah Anda mendengar mitos bahwa makanan yang dikonsumsi ibu hamil dapat menentukan jenis kelamin janin? Mitos ini beredar cukup lama di masyarakat sehingga banyak calon ibu yang mencoba untuk mengonsumsi makanan tertentu agar mendapatkan jenis kelamin seperti yang diinginkan. Namun apakah mitos tersebut benar?

Benarkah Pola Makan Ibu Menentukan Jenis Kelamin Bayi?

Benarkah makanan ibu berpengaruh pada jenis kelamin janin?

Dilansir dari laman National Health Service, sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang sarapan dan diet tinggi lemak sekitar waktu pembuahan membuat peluang hamil anak laki-laki lebih tinggi.

Dr Jiude Mao dan rekan dari University of Missouri dan GenUs BioSystems melakukan penelitian lain yang melibatkan tikus. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kondisi lingkungan tertentu dapat memengaruhi kesehatan.

Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa ada kecenderungan lebih banyak keturunan perempuan dalam kelompok tikus diet rendah lemak dan berkabohidrat tinggi. Namun penelitian ini dianggap tidak dapat mewakili apa yang terjadi pada manusia.

Dilansir dari laman The Guardian, makanan yang dikonsumsi ibu memang dapat memengaruhi jenis kelamin bayi, namun bukan menjadi faktor satu-satunya.

Beberapa makanan dapat membuat kondisi vagina berubah menjadi asam atau basa sehingga dapat memengaruhi sperma mana yang dapat bertahan hidup dan membuahi sel telur. Sperma X sebagai pembawa unsur kelamin perempuan menyukai kondisi vagina yang asam dan sebaliknya sperma Y pembawa unsur kelamin laki-laki menyukai kondisi basa.

Makanan yang dapat membuat suasana vagina menjadi basa antara lain daging merah, kentang, jamur dan pisang. Sedangkan makanan yang dapat membuat suasana vagina menjadi asam antara lain terung, buah bit, kacang hijau dan kacang-kacangan.

Hingga saat ini para ahli masih terus mengembangkan penelitian terkait faktor lingkungan dan perkembangan janin. Bagaimana dengan Anda, percayakah dengan mitos bahwa makanan dapat memengaruhi jenis kelamin bayi?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi