Terbit: 23 January 2018 | Diperbarui: 3 January 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kehadiran seorang anak merupakan salah satu hal yang ditunggu dalam keluarga. Maka tak heran jika kehamilan selalu disambut dengan hati suka cita oleh keluarga. Jika kehamilan pertama sering diwarnai dengan suasana panik atau was-was, banyak yang beranggapan bahwa kehamilan kedua sang ibu merasa lebih tenang karena sudah berpengalaman. Benarkah kehamilan kedua selalu lebih mudah? Simak uraiannya berikut ini.

Benarkah Persalinan Anak Kedua Lebih Mudah dari Anak Pertama?

Ibu yang sudah pernah melahirkan tentu sudah paham bagaimana tahapan dan proses melahirkan. Hal ini membuat para ibu merasa lebih percaya diri untuk menghadapi persalinan selanjutnya. Para ibu sudah paham bagaimana posisi yang nyaman untuk melahirkan dan cara mengejan yang benar. Selain itu semua otot, jaringan dan tulang yang sudah pernah meregang dapat meregang kembali lebih mudah sehingga membantu proses persalinan lebih mudah.

Berbeda dengan ibu-ibu yang baru pertama kali melahirkan, biasanya akan lebih was-was jelang persalinan. Hal ini dikarenakan para ibu belum paham betul bedanya kontraksi palsu dan asli serta kondisi mental saat menghadapi persalinan untuk pertama kalinya.

Namun sebenarnya, tidak selalu persalinan anak kedua lebih mudah daripada persalinan anak pertama. Ada beberapa kondisi ibu yang membuat persalinan anak kedua menjadi lebih sulit. Hal ini perlu juga diwaspadai bagi para orang tua saat mendekati kelahiran anak kedua.

Pertama, jarak anak pertama dan kedua. Jika kelahiran anak pertama dan kedua terlalu dekat, besar kemungkinan Anda akan disibukkan dengan kegiatan mengasuh anak seperti menggendong, menyuapi makan, bahkan menyusui. Hal ini tentu membuat Anda lebih cepat lelah dari biasanya. Selain itu hal ini juga bisa menyebabkan posisi rahim turun lebih rendah di perut sehingga memicu terjadinya kontraksi palsu. Meskipun proses persalinan nanti akan lebih mudah, namun Anda juga akan lebih sering buang air kecil dan mengalami nyeri punggung.

Sedangkan jika jarak anak pertama dan kedua terlalu jauh, Anda mungkin akan mengalami proses persalinan yang berbeda dari sebelumnya. Jika pada anak pertama Anda melahirkan secara normal, bisa jadi untuk kelahiran anak kedua ini Anda akan melahirkan lewat operasi caesar, atau sebaliknya. Apapun cara yang Anda pilih untuk persalinan, hal ini tetap memerlukan persiapan stamina dan mental yang baik.

Terlepas dari uraian tersebut, setiap kehamilan memiliki cerita sendiri bagi sang ibu dan keluarga. Jangan lupa untuk rutin berkonsultasi tentang kesehatan Anda dan si kecil agar persalinannya lancar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi