Terbit: 30 December 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Daun insulin alias Costus igneus terkenal akan khasiatnya bagi penderita diabetes. Tak banyak yang tahu jika manfaat daun insulin untuk kesehatan juga sangat beragam. Simak selengkapnya melalui penjelasan berikut ini.

Tak Hanya untuk Diabetes, Ini 6 Manfaat Daun Insulin bagi Kesehatan

Manfaat Daun Insulin bagi Kesehatan

Sesuai dengan namanya, daun insulin dapat membantu meningkatkan produksi insulin di tubuh. Hal ini tentunya akan mendatangkan manfaat tersendiri bagi diabetesi (penderita diabetes).

Tanaman ini memang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Maka tak heran, banyak suplemen makanan yang mengandung ekstraksi daun insulin di dalamnya.

Namun, tidak hanya bagi diabetesi, ada beberapa manfaat daun insulin untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat utama daun insulin adalah membantu penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Khasiat tanaman ini untuk mengelola diabetes sudah terbukti secara ilmiah.

Menurut sebuah penelitian yang terbit di Journal of Ayurveda Research, daun ini mampu menurunkan gula darah puasa ke ambang batas normal.

Senada dengan hal tersebut, studi tahun 2016 menemukan bahwa konsumsi daun dari tanaman ini dapat menurunkan kadar gula di dalam darah saat dibarengi dengan terapi diabetes lainnya.

Baca JugaManfaat Pare untuk Diabetes, Ampuhkah Turunkan Gula Darah?

2. Melawan Radikal Bebas

Stres oksidatif bisa menimpa apabila terdapat ketidakseimbangan antioksidan dan radikal bebas di dalam tubuh.

Jika radikal bebas menumpuk, peradangan kronis bisa terjadi. Penting diketahui, peradangan kronis ikut berkontribusi terhadap berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit metabolik dan kanker.

Nah, antioksidan adalah zat yang dapat membantu menetralkan jumlah radikal bebas. Salah satu tanaman yang merupakan sumber antioksidan yang baik adalah daun insulin.

Efek antioksidan yang menonjol sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian pada tikus dengan diabetes. Hewan pengerat tersebut diberi ekstrak etanol dari daun insulin selama 30 hari secara oral (lewat mulut).

Manfaat daun insulin yang satu ini berasal dari kandungan senyawa bioaktif diosgenin dan querecetin di dalamnya. Keduanya merupakan antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada organ hati, ginjal, dan pankreas.

3. Mencegah Infeksi Bakteri

Daun insulin memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Oleh sebab itu, tanaman ini diketahui dapat membantu melawan berbagai infeksi bakteri.

Penelitian menemukan bahwa ekstraksi etanol dari tanaman ini menyimpan kandungan antibakteri dan antijamur yang cukup. Oleh karena itu, daun insulin dianggap bermanfaat untuk mencegah bakteri Staphylococcus aureus, Candida albicans, dan Escherichia Coli.

Menurut penelitian yang sudah dilakukan tersebut, manfaat daun insulin untuk mencegah infeksi bakteri lebih terlihat saat pengujian pada bagian bunga dan batang tumbuhan.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun insulin untuk kesehatan pencernaan berasal dari berbagai vitamin dan komponen lain di dalamnya. Inilah yang kemudian dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di usus, misalnya bakteri E. Coli.

Saat pertumbuhan bakteri baik di dalam tubuh optimal, maka asupan vitamin dan mineral ke dalam tubuh ikut optimal. Hal ini turut berdampak positif terhadap kesehatan pencernaan.

Selain itu, tanaman insulin mengandung fruktosa (gula dalam tumbuhan) dalam jumlah banyak sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi sistem usus besar.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Daun insulin untuk obat diabetes memang lebih dikenal. Namun, jangan salah, khasiat tanaman ini untuk mengurangi kadar kolesterol tubuh juga tidak main-main.

Kandungan air di dalam tanaman ini cukup tinggi sehingga dapat memperlambat penyerapan gula di tubuh.

Selain mencegah gula darah melonjak, gula yang ‘lambat’ diproses juga dapat membantu proses penyerapan lemak lebih baik. Alhasil, kadar kolesterol dalam tubuh pun tetap stabil.

Baca JugaJarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Daun Jelatang bagi Kesehatan

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun insulin bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini diperoleh dari kandungan antioksidan di dalam tanaman.

Antioksidan mampu membantu melawan radikal bebas, pencetus berbagai penyakit. Dengan menghilangnya radikal bebas di tubuh, sistem imun tubuh akan terjaga.

Pada akhirnya, kondisi tersebut akan membantu Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Itulah beberapa manfaat daun insulin yang bisa Anda dapatkan. Selain sebagai obat diabetes alami, ternyata tanaman yang satu ini menyimpan beragam kebaikan bagi kesehatan.

Meski potensi manfaatnya sangat menjanjikan, jangan lupakan kemungkinan efek samping yang dapat terjadi.

Untuk meminimalkan risikonya, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum menggunakan daun insulin atau herbal lainnya sebagai obat. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. Emerging Health Benefits of Insulin Plant. https://www.moolihai.com/benefits-of-insulin-plant/. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  2. Eske, Jamie. 2919. How Does Oxidative Stress Affect the Body? https://www.medicalnewstoday.com/articles/324863. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  3. Fallabel, Christine. 2022. Costus Igneus: Side Effects of the Insulin Plant for Diabetes Treatment. https://www.healthline.com/health/diabetes/costus-igneus-side-effects. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  4. Mathew, Flowerlet & Varghese, Bimi. 2019. A Review on Medicinal Exploration of Costus igneus: The Insulin plant. https://globalresearchonline.net/journalcontents/v54-2/10.pdf. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  5. Rania, Putu Oky Ari. 2018. Free Radical, Oxidative Stress and Its Roles on Inflammatory Response. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jbk/article/view/5332. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  6. Shetty, Akhila J., dkk. 2010. Effect of The Insulin Plant (Costus Igneus) Leaves on Dexamethasone-Induced Hyperglycemia. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2924971/. (Diakses pada 28 Desember 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi