Terbit: 23 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Setiap apapun yang kita lakukan, tentunya memiliki risiko yang tak terduga, termasuk dengan olahraga. Ada berbagai macam risiko yang bisa kita dapatkan, mulai dari kram, cedera otot, patah tulang, sampai dengan rasa nyeri pada persendian. Tak harus selalu minum obat, kita juga bisa pakai pereda nyeri alami.

3 Bahan Alami untuk Redakan Nyeri Akibat Olahraga

Setiap orang yang ingin melakukan olahraga disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Tidak lupa juga untuk mengetahui seberapa batas kekuatan tubuh sehingga tidak memaksanya untuk melakukan aktivitas yang berlebihan.

Nah, tidak hanya mengetahui penyebab nyeri, tapi kita juga harus tahu bagaimana caranya mengatasi nyeri akibat olahraga. Jika tidak segera diatasi, rasa nyeri itu akan semakin menjadi-jadi dan tentunya akan mengganggu aktivitas.

Lantas, bagaimana caranya? Cukup mudah, sebab ada beberapa bahan alami yang ampuh meredakan nyeri tersebut. Berikut beberapa pereda nyeri alami:

1. Kayu Manis

Bahan pereda nyeri alami pertama yang bisa kita gunakan adalah kayu manis. Seperti diketahui, kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang fungsinya sebagai aroma dan rasa alami.

Lebih dari itu ternyata senyawa ini juga bisa menghentikan pelepasan asam arakidonat, yakni asam lemak peradangan. Sehingga, peradangan dan rasa nyeri bisa teratasi segera dengan mengonsumsi kayu manis.

2. Daun Kubis

Makanan alami selanjutnya yang bisa meredakan nyeri adalah kubis. Perlu diketahui, pada kubis terdapat apigenin, senyawa flavonoid yang sifatnya anti inflamasi. Bahkan, senyawa ini digadang sebagai obat tradisional yang telah lulus uji dan mengantongi sertifikat aman.

Cara menggunakan pereda nyeri alami ini tidak dikonsumsi, tapi peras daun kubis sampai keluar cairan. Lalu letakkan cairan tersebut pada kertas aluminium dan temple pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

3. Kunyit

Obat tradisional selanjutnya adalah kunyit. Mungkin kita semua sudah sangat familiar dengan kunyit karena peranannya yang selalu dibutuhkan bagi masakan. Namun, lebih dari itu ternyata kunyit bisa mengatasi nyeri akibat olahraga.

Caranya mudah, gunakan 1 sendok bubuk kunyit yang dicampur dengan secangkir susu hangat dan konsumsi hingga habis. Rasa nyeri pun akan berangsur-angsur membaik.

Itu dia beberapa bahan pereda nyeri alami yang bisa Anda gunakan. Hasilnya memang tidak akan langsung terasa, namun dipastikan rasa nyeri akan semakin membaik. Kalau Anda, mau coba pakai yang mana?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi