Terbit: 27 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Terapi rendam kaki dengan air garam dapat memberikan efek relaksasi yang menenangkan. Simak apa saja manfaat merendam kaki dengan air garam dan bagaimana cara menggunakannya berikut ini.

Jadi Rileks, Ini Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam!

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Merendam kaki dengan larutan garam dan air hangat bisa memberikan beberapa manfaat positif, termasuk meredakan nyeri, pegal kaki, hingga menghilangkan bau tak sedap pada kaki.

Berikut ini adalah manfaat merendam kaki dengan air hangat dan garam yang bisa Anda dapatkan:

1. Perawatan infeksi jamur

Garam memang tidak bisa menyembuhkan infeksi secara langsung, namun bisa digunakan untuk merawat infeksi pada kulit. Kandungan garam dapat melembutkan kulit dan membantu kinerja pengobatan agar proses penyembuhan lebih cepat.

Untuk merawat infeksi jamur kaki atau kuku, Anda bisa merendam kaki dengan air garam sebanyak dua kali sehari selama 20 menit. Anda juga bisa menambahkan essential oil seperti tea tree yang dikenal dapat mempercepat penyembuhan infeksi jamur.

Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum merendam infeksi dengan air garam. Anda juga disarankan pakai krim antijamur untuk membunuh jamur penyebab infeksi.

2. Meredakan nyeri

Garam dapat menghilangkan racun-racun di dalam tubuh yang menyebabkan iritasi, inflamasi, dan nyeri pada tubuh. Sementara merendam kaki dengan garam dan air hangat secara rutin bisa membantu meredakan nyeri pada kaki dan atau pegal-pegal setelah selesai beraktivitas, serta memberikan efek relaksasi.

Baca Juga: 16 Penyebab Kaki Bengkak yang Wajib Diwaspadai

3. Menghilangkan tumit pecah-pecah

Garam adalah eksfoliator yang baik untuk kulit. Bagi Anda yang bermasalah dengan tumit pecah-pecah, terapi rendam kaki dengan air garam bisa membantu mengikis sel-sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Sambil direndam, Anda juga bisa mengusapkan garam kasar ke tumit yang pecah sambil dipijat lembut.

Rendam kaki dengan air hangat sebanyak dua minggu sekali sebelum tidur. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes essential oil untuk mendapatkan efek aromaterapi yang menenangkan.

4. Merawat kuku kaki

Keindahan kuku kaki bisa menunjang penampilan dan membuat Anda semakin percaya diri lho. Perawatan kuku kaki yang sederhana bisa dilakukan sendiri di rumah dengan air rendaman garam. Selain membuat kuku kaki lebih cantik, terapi ini juga bisa mencegah kuku tumbuh ke dalam daging dan menyebabkan nyeri tidak tertahankan.

Merendam kuku kaki di dalam air hangat dapat membuat kuku menjadi lebih lembut, mendukung pertumbuhan kuku, dan mengurangi pembengkakan jika kuku tumbuh ke dalam. Sehingga kuku kaki lebih mudah dipotong tanpa menimbulkan rasa sakit.

5. Menghilangkan bau kaki tidak sedap

Kombinasi air hangat dan garam yang dilarutkan ke dalamnya dapat mengatasi bau kaki tidak sedap. Cara sederhana ini bisa Anda lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur.

Bau kaki disebabkan oleh akumulasi bakteri dalam lingkungan yang lembab. Penyebab lainnya adalah sepatu dan kaos kaki yang sering dipakai dan sudah dalam kondisi kotor. Air garam memiliki properti anti bakteri yang dapat membantu merawat kaki yang bau hanya dengan 10 menit rendaman saja.

6. Mengobati kaki yang lelah

Setelah beraktivitas seharian, merendam kaki ke dalam air garam adalah cara terbaik untuk mengatasi kaki yang lelah. Namun sebaiknya gunakan air dingin, bukan air hangat.

Merendam kaki di dalam air yang dingin membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi senyawa kimia yang bisa menyebabkan peradangan. Cukup rendam kaki selama beberapa menit saja untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada otot kaki.

Baca Juga: 4 Titik Refleksi Kaki dan Cara Memijat yang Benar

7. Meningkatkan kualitas tidur

Riset yang dilakukan oleh Departemen Keperawatan, Chung Shan Medical University, Taiwan, menemukan bahwa merendam kaki sebelum tidur dapat membantu mengalirkan suhu inti tubuh ke bagian perifer.

Suhu inti yang lebih rendah ditambah dengan suhu distal yang lebih tinggi di tangan dan kaki dapat memberikan latensi tidur lebih pendek dan kualitas tidur lebih baik.

Itulah beberapa manfaat merendam kaki dengan air garam. Ini bisa dijadikan rutinitas yang baik setiap malam untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, saat kondisi kaki lebih rileks dan stres berkurang.

Cara Membuat Air Rendaman Kaki dengan Garam

Untuk membuat air rendaman kaki menggunakan garam, Anda bisa mengikut langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan baskom atau ember kecil, lalu tuangkan air hangat ke dalamnya.
  • Tambahkan 150 gram garam (sebaiknya pakai garam epsom) lalu aduk hingga larut.
  • Rendam kaki sekitar 30 sampai 60 menit, sebanyak dua kali seminggu.
  • Untuk menambahkan efek aromaterapi, tambahkan beberapa tetes essential oil lavender, peppermint, atau eucalyptus.
  • Usapkan pelembap pada kaki setelah selesai merendam.

Merendam kaki bisa menyebabkan kulit pada kaki menjadi kering, sehingga Anda harus mengoleskan lotion atau pelembap segera setelahnya. Jika muncul kemerahan, kering, nyeri setelah merendam kaki, atau nyeri kaki tidak kunjung hilang, segera konsultasi dengan dokter.

 

  1. Anthony, Kiara. 2019. Epsom Salt Foot Soak. https://www.healthline.com/health/epsom-salt-foot-soak. (Diakses pada 26 Oktober 2021).
  2. Sherman, Ann. 2019. Benefits of Epsom Salt Foot Soaks. https://www.ironwoodcrc.com/benefits-of-epsom-salt-foot-soaks/. (Diakses pada 26 Oktober 2021).
  3. The Pharmacy. 2020. 5 Reasons To Soak Your Feet In Epsom Salt. https://thepharmacyrx.com/2020/09/22/5-reasons-to-soak-your-feet-in-epsom-salt/. (Diakses pada 26 Oktober 2021).
  4. WebMD Editorial Contributors. 2021. Health Benefits of a Foot Soak. https://www.webmd.com/pain-management/health-benefits-of-a-foot-soak. (Diakses pada 26 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi