Terbit: 18 Februari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Istilah populer yang digunakan selama pandemi virus Corona untuk menggambarkan bekerja dari rumah adalah WFH atau work from home. Perubahan dalam bekerja ini sering kali membuat seseorang menjadi tidak efektif dalam menyelesaikan pekerjaan. Lantas, bagaimana cara agar aktivitas bekerja lebih produktif saat berada di rumah? Simak tips work from home yang efektif, selengkapnya di bawah ini.

7 Tips Work From Home agar Tetap Produktif

Tips Work From Home yang Efektif dan Produktif

Bekerja dari rumah adalah sesuatu yang umum ditemui selama pandemi COVID-19. Namun, tidak semua pekerja jarak jauh menemukan cara ideal untuk merencanakan hari kerja yang baik. Hal ini mungkin disebabkan karena fokusnya terbagi untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dan hal-hal lainnya.

Berikut tips work from home agar produktif yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Mengawali Hari dengan Refleksi Diri

Tips WFH produktif yang pertama dan sering terlewatkan adalah merefleksikan diri. Refleksi diri dapat membantu produktivitas Anda saat bekerja di rumah.

Mulailah hari dengan doa dan meditasi yang singkat. Langkah ini dapat membantu menenangkan dan menyelaraskan pikiran serta tindakan untuk menjalani hari.

Cobalah buat jurnal dan daftar prioritas pekerjaan. Tetapkan tujuan kecil yang bisa Anda selesaikan di siang hari dan atur kapan pekerjaan ingin Anda selesaikan.

Sebuah studi mengungkapkan, menyisihkan waktu beberapa menit di awal hari dapat membantu Anda berpikir dengan benar untuk mencapai tujuan. Metode ini akan memberi pemahaman tentang di mana Anda berada, ke mana Anda menuju, dan apa yang diperlukan untuk membawa Anda ke sana.

Baca Juga: Zeigarnik Effect, Terbayang Pekerjaan yang Belum Selesai

2. Miliki Rutinitas Lain yang Meningkatkan Semangat

Bekerja dari rumah membuat seseorang memiliki waktu yang lebih fleksibel dibanding di kantor. Meski begitu, Anda harus memiliki rutinitas yang sama setiap harinya. Cara ini dapat membantu Anda lebih produktif dan meningkatkan motivasi.

Lakukan satu hal yang dapat membantu semangat saat akan memulai pekerjaan, misalnya membuat kopi/teh di pagi hari atau mengajak jalan-jalan hewan peliharaan saat pekerjaan sudah selesai. Pilih kebiasaan yang membuat Anda merasa siap bekerja dan mentaatinya.

3. Jadwalkan ‘Waktu Kerja yang Dalam’

Tips work from home agar produktif berikutnya adalah mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan begitu, Anda akan bisa mengatur pekerjaan dengan lebih baik.

Untuk mengatur jadwal, pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Beban kerja untuk hari tertentu.
  • Waktu di mana Anda paling produktif.
  • Rutinitas bersama pasangan atau anak.

Waktu kerja yang dalam adalah saat Anda memfokuskan diri untuk menyelesaikan tugas-tugas penting tanpa gangguan. Saat itulah Anda hanya fokus pada pekerjaan yang ada. Jadi, temukan waktu terbaik saat Anda paling produktif dan jadwalkan pekerjaan mendalam untuk itu.

Apabila Anda adalah seseorang yang suka bangun pagi dan mulai bekerja, cobalah dan selesaikan sebanyak mungkin pekerjaan di waktu pagi agar Anda dapat meninggalkan sisa hari untuk pekerjaan yang tidak intens.

4. Miliki Ruangan Khusus

Salah satu dilema terbesar yang dihadapi seseorang saat bekerja dari rumah adalah menjauhkan diri dari gangguan. Oleh karenanya, miliki ruangan di mana aktivitas bekerja Anda tidak diganggu oleh anggota keluarga lainnya.

Temukan zona yang tenang dan bebas stres untuk diri sendiri agar Anda dapat berkonsentrasi penuh pada pekerjaan.

5. Setel Ponsel di Mode Silent

Kecenderungan untuk memeriksa ponsel setiap kali notifikasi muncul / berbunyi pada akhirnya dapat menyita waktu bekerja Anda. Cobalah setel ponsel ke mode silent agar Anda bisa lebih produktif dalam bekerja.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Rekan Kerja Toxic yang Perlu Dihindari!

6. Jalan Kaki

Salah satu masalah terbesar saat bekerja dari rumah adalah menurunnya aktivitas gerak tubuh. Anda cenderung duduk di depan komputer (selama berjam-jam) sampai pekerjaan selesai.

Gunakan waktu yang biasanya Anda habiskan dalam perjalanan pulang-pergi ke tempat kerja untuk berjalan-jalan di sekitar rumah. Jalan-jalan sebaiknya Anda lakukan saat pekerjaan sudah selesai.

Berjalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang dapat meningkatkan metabolisme dan tingkat energi secara keseluruhan.

7. Menetapkan Batas

Anda harus memiliki aturan mengenai siapa saja yang dapat masuk ke ruang kerja. Aturan dibuat pada dasarnya untuk meminimalkan gangguan dan mencegah pekerjaan terabaikan. Hal ini diperlukan bagi Anda yang sudah memiliki anak atau hewan peliharaan yang membutuhkan perhatian terus-menerus.

Nah, itulah berbagai tips work from home agar Anda tetap produktif.

 

  1. Mukherjee, Deb. 2021. 10 Irrefutable Work From Home Productivity Tips. https://fellow.app/blog/productivity/work-from-home-productivity-tips/. (Diakses pada 18 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi