Terbit: 19 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Efek Zeigarnik atau Zeigarnik effect adalah sebuah fenomena psikologi yang menggambarkan kecenderungan untuk mengingat tugas atau peristiwa yang belum selesai. Fenomena ini pertama kali muncul pada tahun 1900-an. Ketahui lebih lanjut tentang apa itu Zeigarnik effect, cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan dampaknya untuk kesehatan mental.

Zeigarnik Effect, Terbayang Pekerjaan yang Belum Selesai

Apa Itu Zeigarnik Effect?

Zeigarnik effect diberi nama sesuai dengan penemunya, seorang psikolog Rusia bernama Bluma Wulfovna Zeigarnik. Penemuan ini berawal saat Ziegarnik makan di sebuah restoran pada tahun 1920-an. Ketika itu, ia memperhatikan bagaimana para pelayan dapat mengingat semua secara rinci semua informasi tentang pesanan yang belum selesai dan belum dibayar, sementara mereka tidak bisa mengingat informasi rinci mengenai pesanan yang sudah dibayar.

Zeigarnik kemudian melakukan penelitian untuk mempelajari fenomena ini. Temuan awal penelitian di tahun 1927 dengan subjek orang dewasa mengungkapkan bahwa peserta mampu mengingat tugas yang belum terselesaikan 90% lebih baik dibandingkan tugas yang telah selesai mereka kerjakan.

Zeigarnik menyimpulkan bahwa keinginan untuk menyelesaikan suatu tugas bisa menyebabkan tugas tersebut tersimpan dalam memori seseorang hingga tugas tersebut selesai.

Cara Memanfaatkan Zeigarnik Effect untuk Produktivitas

Efek Zeigarnik merupakan sebuah fenomena otak manusia yang sangat unik. Namun lebih dari itu, Anda bisa menggunakan Zeigarnik effect untuk meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan atau aktivitas sehari-hari—yaitu dengan cara menciptakan sebuah “interupsi” dalam tugas yang Anda kerjakan, sehingga otak Anda akan selalu mengingatnya.

Ini dia beberapa cara memanfaatkan efek Zeigarnik untuk meningkatkan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari:

1. Memaksimalkan waktu belajar

Jika Anda sedang belajar untuk ujian, bagi sesi belajar Anda, jangan belajar sekaligus dalam semalam. Mengingat potongan informasi sedikit-sedikit setiap harinya membuat Anda lebih mudah mencerna bahan pembelajaran.

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda merasa kesulitan mengingat satu informasi tertentu. Berhentilah sejenak, lalu lakukan aktivitas yang lain. Pada saat itulah Anda akan lebih mengingat apa yang Anda pelajari sebelumnya.

Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Dopamin agar Tubuh Selalu Semangat dan Produktif

2. Mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan

Kebiasaan menyelesaikan pekerjaan mendekati menit-menit akhir dan terburu-buru tidak hanya menyebabkan stress, tetapi juga menyebabkan kinerja Anda memburuk. Anda bisa mengatasi kebiasaan suka menunda pekerjaan dengan Zeigarnik effect. Mulailah pekerjaan tersebut, meskipun hanya sedikit bagian.

Ketika Anda sudah memulai, otak Anda akan terus mengingat pekerjaan tersebut hingga Anda menyelesaikannya. Mungkin Anda tidak bisa menyelesaikannya sekaligus, tapi ini adalah langkah penting yang lebih baik dibandingkan menunggu hingga saat-saat terakhir.

3. Menyita perhatian publik

Orang-orang yang bekerja di bidang periklanan dan pemasaran juga memanfaatkan efek Zeigarnik untuk menarik perhatian konsumen agar mau membeli produk mereka. Misalnya seperti para pembuat film yang merilis trailer atau sinopsis pada novel agar banyak orang merasa penasaran untuk menontonnya.

Sama halnya dengan program serial TV yang mengakhiri sebuah episode dalam suasana menegangkan dan tidak menentu agar penonton mau menyaksikan atau menunggu kelanjutan ceritanya.

Baca Juga: Cara Melakukan Self Healing agar Pikiran Lebih Tenang

Dampak Zeigarnik Effect untuk Kesehatan Mental

Zeigarnik efek juga sangat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Tugas-tugas yang tidak diselesaikan dapat menyebabkan konsekuensi negatif, yaitu mengganggu pikiran hingga menyebabkan stres yang sulit dikontrol.

Pikiran yang mengganggu ini dapat bisa memicu sulit tidur, meningkatkan kecemasan, panik, tidak tenang, dan menguras emosi.

Namun bukan berarti efek Zeigarnik tidak memiliki dampak yang baik. Efek Zeigarnik dapat dijadikan motivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu dan memulai kebiasaan yang lebih baik dan teratur.

Menyelesaikan tugas tepat waktu dapat meningkatkan rasa percaya diri, mencegah stres akibat pekerjaan, dan mampu meningkatkan kesejahteraan psikologis seseorang.

Efek Zeigarnik merupakan sebuah fenomena psikologis unik dan berawal dari sebuah kejadian biasa. Tetapi dalam perkembangannya, efek Zeigarnik dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam belajar dan bekerja, bahkan menjadi salah satu strategi pemasaran yang jitu.

 

  1. Cherry, Kendra. 2021. An Overview of the Zeigarnik Effect and Memory. https://www.verywellmind.com/zeigarnik-effect-memory-overview-4175150. (Diakses 15 Oktober 2021).
  2. Good Therapy. 2020. Zeigarnik Effect. https://www.goodtherapy.org/blog/psychpedia/zeigarnik-effect. (Diakses 15 Oktober 2021).
  3. Psychologist World. 2020. The Zeigarnik Effect Explained. https://www.psychologistworld.com/memory/zeigarnik-effect-interruptions-memory. (Diakses 15 Oktober 2021).
  4. Thought Co. 2020. What Is the Zeigarnik Effect? Definition and Examples. https://www.thoughtco.com/zeigarnik-effect-4771725. (Diakses 15 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi