Terbit: 3 Januari 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Saat pandemi COVID-19, liburan di rumah tidak kalah menyenangkan dengan rekreasi di luar, lho! Ada banyak tips yang membuat liburan Anda tetap bisa dilakukan. Bagaimana caranya? Yuk, intip tipsnya berikut ini.

10 Tips Liburan Seru di Rumah saat Pandemi COVID-19

Tips Liburan di Rumah

Jika memiliki anggaran terbatas ditambah dengan pandemi COVID-19, liburan dalam rumah saja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda dan keluarga. Membuat suasana rumah serasa liburan bisa menjadi pengobat rindu untuk rekreasi di luar.

Berikut ini tips liburan di rumah untuk Anda:

1. Memasang tenda di halaman rumah

Ketika Anda dan keluarga tidak bisa pergi untuk berkemah di hutan atau kaki gunung, cobalah memasang tenda di halaman depan atau belakang rumah. Bikin suasana halaman seperti alam bebas dan lakukan aktivitas seperti ketika camping.

Keluarkan peralatan berkemah atau meminjam tenda jika tidak memilikinya. Jika tidak ada kayu bakar untuk memasak atau membuat api unggun, sebagai gantinya gunakan microwave atau kompor portable.

2. Masak bersama keluarga

Sebagai ganti makan di restoran atau kafe, memasak makanan spesial di rumah akan membuat keluarga betah di rumah. Selain mengenyangkan, suasana makan malam akan menambah keakraban dalam keluarga atau dengan teman.

Mulailah ubah dapur menjadi tempat memasak yang mengasyikan dan dekor meja makan layaknya di restoran. Agar berbeda, Anda bisa mencoba beberapa resep baru dengan mengkreasikan masakan.

Sebaiknya pilih masakan dari beberapa negara yang cocok dengan lidah Anda dan keluarga, mulai dari hidangan utama, minuman, hidangan penutup, dan jangan lupa dekorasinya.

3. Melakukan yoga

Olahraga yoga di rumah juga bisa menjadi pilihan sebagai pengganti liburan. Anda dapat melakukan yoga di halaman depan atau belakang rumah.

Jika tidak bisa mendatangkan instruktur yoga, cobalah mainkan beberapa tutorial yoga online. Mulailah dengan pose sederhana untuk mencegah cedera yang tidak disengaja.

4. Berwisata secara virtual

Tetap di rumah bukan berarti tidak bisa liburan ke luar, Anda masih tetap bisa melakukan kegiatan saat liburan di rumah dengan membawa tempat wisata ke rumah. Bagaimana bisa?

Zaman dengan segala kecanggihannya bisa melakukan yang sebelumnya tidak terpikirkan. Anda bisa membawa negara lain ke rumah dengan cara wisata virtual. Caranya cukup dengan menonton video wisata idaman Anda di situs berbagi video.

Dengan situs tersebut, Anda bisa memilih video tempat liburan populer sesuka hati. Meskipun secara virtual, ini membuat pengalaman liburan sangat mengasyikan.

Baca Juga: 8 Tips Aman Liburan saat Pandemi COVID-19

5. Menonton film secara maraton

Selain berwisata virtual, Anda bisa liburan di rumah dengan menonton sejumlah film. Sebelumnya, pilihlah film yang akan Anda tonton seharian penuh di rumah.

Jangan lupa, dekor ruangan tempat menonton seperti bioskop, misalnya menyediakan popcorn, minuman, dan layar yang cukup besar. Selain keluarga, undang teman-teman agar lebih seru selama menonton film.

6. Bermain air di rumah

Jika tidak bisa pergi ke taman rekreasi air karena anggaran atau pandemi COVID-19, buatlah halaman belakang rumah menjadi semacam waterboom sederhana. Ini menjadi tips liburan seru di rumah.

Bahkan jika tidak memiliki kolam renang, pasang kolam anak-anak. Mainkan juga senjata air dan isi beberapa balon dengan air untuk pertempuran air.

Untuk menyiasatinya, isi ember dengan air dan gunakan cangkir, peralatan dapur, mangkuk, dan mainan mandi untuk melengkapi permainan air.

7. Melakukan permainan bersama keluarga

Cobalah pilih beberapa permainan yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga. Tentukan beberapa permainan berbeda atau mengadakan pertandingan untuk menentukan juaranya.

Ada beberapa permainan cocok untuk keluarga, seperti tebak-tebakan, bermain uno, bermain ular tangga,  dan permainan lainnya yang melibatkan anggota keluarga.

8. Tidak melakukan apa pun

Terkadang hal terbaik dari kegiatan saat liburan di rumah adalah tidak melakukan apa pun sama sekali. Berilah diri Anda waktu untuk menghabiskan hari sesuai keinginan.

Alih-alih menonton film atau memainkan games, luangkan waktu untuk tidak produktif dan melepaskan tekanan. Mungkin dengan tidur sampai siang atau rebahan.

Baca Juga: 8 Tips Aman Liburan saat Pandemi COVID-19

9. Menikmati aktivitas dalam ruangan yang tenang

Anda tidak harus selalu memiliki rencana setiap minggunya. Anda dapat menyisihkan waktu untuk sekadar menikmati aktivitas dalam ruangan dengan suasana tenang yang jarang diluangkan.

Misalnya dengan menjawab teka-teki silang, membaca buku, atau menonton acara baru di televisi. Aktivitas ini sangat menarik bagi keluarga.

10. Kursus online untuk mempelajari keterampilan baru

Ada banyak kursus online untuk mempelajari keterampilan baru seperti fotografi, kaligrafi, desain interior, menggambar, menulis, merangkai bunga, dan hampir semua hal yang dapat Anda pikirkan.

Pilihlah satu kursus sesuai minat yang juga dapat dinikmati oleh beberapa anggota keluarga. Ini untuk menghabiskan waktu setiap hari selama liburan di rumah guna mempelajari keterampilan baru.

Itulah tips liburan seru di rumah yang bisa Anda lakukan bersama keluarga atau teman. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2020. 20 Great Staycation Ideas for Vacationing at Home. https://www.thecut.com/article/best-staycation-ideas.html (Diakses pada 3 Januari 2022)
  2. Sherman, Skye. 2021. 11 Creative Staycation Ideas When You Need a Change of Scenery. https://www.travelandleisure.com/trip-ideas/staycations/best-staycation-ideas (Diakses pada 3 Januari 2022)
  3. Schumer, Lizz. 2020. 15 Amazing Staycation Ideas That Won’t Blow Your Budget. https://www.goodhousekeeping.com/life/travel/g30549533/staycation-ideas/ (Diakses pada 3 Januari 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi