Terbit: 19 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bukan hanya urusan wajah maupun bentuk tubuh, wanita juga diwajibkan untuk menjaga dan merawat organ-organ lainnya, termasuk organ intim yakni vagina. Menjaga serta merawat organ intim dimaksudkan agar vagina menjadi lebih bersih dan sehat. Dengan begitu, tentunya Anda akan terhindar dari berbagai gangguan yang mengancam organ intim Anda.

Tidak Hanya Bagian Luar, Ternyata Bagian Dalam Vagina Juga Harus Dibersihkan!

Adapun beberapa gangguan tersebut mulai dari vagina gatal, vagina berair, hingga menimbulkan bau tak sedap. Dan dalam tingkat yang mengkhawatirkan, gangguan vagina bisa berujung dengan penyakit mematikan, yakni kanker serviks. Maka, alangkah baiknya jika Anda secara rutin merawat kebersihan vagina untuk mencegah beberapa hal tersebut, khususnya bagi wanita yang sudah berumah tangga.

Selama ini, banyak wanita yang hanya merawat atau membersihkan vaginanya dari luar saja. Hal tersebut sebenarnya baik, namun menurut ahli seksual, membersihkan vagina bagian luar saja belum cukup untuk mencegah vagina dari berbagai macam gangguan yang bisa datang kapan saja.

Satu-satunya cara agar pencegahan tersebut dapat dimaksimalkan adalah dengan membersihkan bagian dalamnya juga. Dengan begitu, maka proses perawatan akan seimbang, antara luar dan dalam. Tapi perlu dicatat, pembersihan bagian dalam vagina hanya boleh dilakukan bagi yang sudah berumah tangga. Sebab, jika belum pernah melakukan hubungan intim, maka selaput akan robek.

Perlu diketahui pula, penyebab wanita terkena kanker serviks adalah karena terjangkit virus papillomavirus atau HPV. Virus tersebut bisa tersebar melalui udara yang menempel pada penis pria yang tidak menjaga kebersihannya. Maka saat penis yang terjangkit virus tersebut menempel pada mulut rahim, maka risiko kanker serviks akan lebih besar dan cukup fatal akibatnya.

Maka dari itu, jangan pernah malas membersihkan vagina bagian dalam bagi wanita yang sudah berkeluarga. Anda bisa melakukannya dengan jari teluncuk secara halus dan lembut agar tidak menggesek bagian sensitif.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi