Terbit: 28 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Penyakit diabetes bisa memengaruhi aktivitas seks penderitanya, baik pada pria maupun wanita. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar seks tetap memberikan kenikmatan. Simak tips lengkapnya di bawah ini.

Tetap Bergairah, Inilah Tips Berhubungan Intim bagi Penderita Diabetes

Tips Hubungan Intim bagi Penderita Diabetes

Permasalahan di ranjang kerap dihadapi oleh seseorang yang memiliki diabetes. Kondisi ini membuat kepuasan seks bersama pasangan mengalami penurunan. Berikut ini adalah berbagai cara agar aktivitas seks tetap menyenangkan, di antaranya:

1. Menggunakan Mainan Seks

Gangguan yang terjadi di pembuluh darah dan saraf bisa membuat penderita diabetes tidak mengalami orgasme. Oleh karena itu, cara tercepat untuk mendapatkan rangsangan seks adalah dengan vibrator. Namun, pastikan model vibrator yang digunakan memberikan stimulasi klitoris yang maksimal, tidak keras atau terlalu kuat di dalam vagina

2. Menggunakan Pengaman

Penyakit diabetes dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan area di sekitar vagina mengalami perubahan pH yang signifikan. Perubahan pH dapat menyebabkan flora normal sering mati dan memudahkan bakteri dari luar masuk dan menyebabkan infeksi dengan cepat.

Melakukan hubungan seks dengan menggunakan pengaman seperti kondom akan mengurangi risiko terjadinya infeksi pada penderita diabetes.

Selain itu, penis yang tidak menggunakan kondom juga kemungkinan besar membawa kotoran masuk ke dalam sehingga infeksi lanjutan dapat terjadi. Kondisi ini akan mengganggu kesehatan vagina dan sistem reproduksi secara menyeluruh.

Baca Juga: Posisi Seks Terbaik untuk Menstimulasi G-Spot Wanita

3. Menggunakan Pelumas Bebas Gliserin dan Propilen glikol

Menggunakan pelumas memang akan membantu seks semakin nikmat, tetapi penderita diabetes perlu memerhatikan pelumas yang digunakan. Beberapa pelumas yang beredar di pasaran mengandung gliserin dan propilen glikol, dua senyawa yang dapat memengaruhi pH vagina dan mungkin memicu infeksi jamur.

4. Memperhatikan pH Vagina

Meningkatnya kadar gula darah dapat merusak keseimbangan pH vagina, kondisi yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena infeksi vagina.

Ketika pH naik, lactobacilli yang sehat di vagina tidak dapat lagi bertahan, dan akan ada pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan vaginosis bakterialis dan infeksi jamur vagina

Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan bakteri adalah menggunakan gel vagina dua kali seminggu. Gel vagina dapat membantu mengembalikan pH normal vagina dan juga berfungsi sebagai pelembap untuk kenyamanan saat berhubungan seksual.

5. Makanan Pembangkit Libido

Mengonsumsi makanan tertentu dapat memiliki efek yang positif pada gairah seks. Mineral zinc bisa berfungsi sebagai penambah libido dengan membantu produksi testosteron. Sumber makanan yang tinggi zinc antara lain; tiram, daging merah, kepiting, dan kacang mete.

6. Tidur yang Cukup

Tidur memiliki peran penting dalam mengendalikan kadar gula darah. Menurut penelitian, tidur kurang dari  6 jam setiap malam akan membuat seseorang tiga kali lebih mungkin mengalami peningkatan kadar gula darah.

Baca Juga: Bagaimana Diabetes Pengaruhi Kehidupan Seks? Ini Penjelasannya 

7. Hindari Alkohol Sebelum Hubungan Seks

Mengonsumsi minuman beralkohol sebelum bercinta dapat menyebabkan penurunan gula darah yang signifikan pada tubuh. Ini mengakibatkan energi di dalam tubuh semakin menurun ketika berhubungan seks.

Apabila Anda kecanduan alkohol yang susah sekali diatasi, ada baiknya konsultasi dengan psikolog atau psikiater.

8. Melakukan Seks di Waktu yang Tepat

Sebaiknya lakukan seks di saat yang tepat dan jangan melakukannya saat gula darah dalam tubuh anjlok atau malah tinggi. Bercintalah saat kadar gula darah di dalam tubuh dalam kondisi stabil. Ciri dari gula darah yang stabil adalah tubuh tidak mudah lemas dan gairah seksual tidak menurun.

Jika Anda merasa ragu dengan kondisi kadar gula darah dalam tubuh, ada baiknya rutin memeriksa gula darah setiap akan bercinta. Anda dapat menggunakan alat tes gula darah di rumah.

Nah, itulah tips berhubungan intim bagi penderita diabetes. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Sex and Diabetes. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/life-with-diabetes/sex-and-diabetes. (Diakses pada 26 Oktober 2019)
  2. Anonim. 2017. 11 Tips for a Healthy Sex Life If You Have Diabetes. https://www.thehealthy.com/diabetes/type-2-diabetes/diabetes-sex-life/. (Diakses pada 26 Oktober 2019)
  3. Corbett, Holly C. 2015. 10 Essential Sex Tips For Diabetics. https://www.prevention.com/health/health-conditions/a20448127/type-2-diabetes-and-sex/. (Diakses pada Desember 2022)
  4. Connell, Kelly. 2018. Type 2 Diabetes and Sexual Health. https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/sex-health. (Diakses pada 26 Oktober 2019)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi