Terbit: 24 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Berhubungan seks adalah aktivitas fisik yang punya banyak manfaat, terutama jika tercapai orgasme. Lantas, apa saja manfaat orgasme bagi wanita? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Selain Nikmat, Ini 8 Manfaat Orgasme bagi Wanita

Sejumlah Manfaat Orgasme bagi Wanita

Orgasme atau klimaks adalah puncak kenikmatan saat seseorang melakukan aktivitas seksual; baik pada pria maupun wanita. Sayangnya bagi sebagian wanita, untuk mendapatkan puncak kenikmatan ini tidaklah mudah.

Padahal, saat wanita mencapai orgasme, terjadi perubahan kimia di tubuhnya. Hal itulah yang pada akhirnya mendatangkan manfaat kesehatan bagi wanita.

Berikut adalah berbagai manfaatnya bagi wanita, di antaranya:

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ketika seseorang mencapai klimaks saat melakukan aktivitas seksual, produksi hormon DHEA (Dehydroepiandrosterone) di dalam tubuh menjadi meningkat. Hormon ini ikut berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Menurut penelitian yang dilakukan di Wilkes University Pennsylvania, berhubungan seks secara teratur setiap minggunya atau setiap dua minggu sekali, dapat membantu meningkatkan antibodi tubuh.

2. Mengurangi Nyeri

Manfaat mengejutkan dari orgasme bagi wanita yang satu ini mungkin tidak Anda sadari. Faktanya, seks dapat membantu mengurangi nyeri.

Menurut studi di Amerika, manfaat klimaks bagi wanita bisa mengobati sakit kepala. Riset yang dilakukan di Oklahoma, Amerika Serikat, pada 1998 ini melibatkan 84 wanita sebagai partisipan.

Sebanyak 2/3 wanita yang menjadi responden melaporkan jika mereka tetap menikmati aktivitas seksual meskipun sedang migrain.

Sementara itu, sebanyak 61% wanita mengakui seks membuat rasa sakit lebih mudah diatasi, sedangkan 20% responden menyampaikan bahwa sakit kepala yang dialaminya hilang saat bercinta.

Manfaat ini diduga berasal dari pelepasan hormon endorfin dan kortikosteroid ketika wanita mencapai orgasme.

Baca Juga10 Bagian Sensitif pada Wanita untuk Mempercepat Orgasme

3. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat orgasme selanjutnya berhubungan dengan suasana hati atau mood. Ketika mencapai orgasme, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang akan menimbulkan perasaan bahagia.

Mengutip The Body Agency, seks secara rutin dapat membantu seseorang lebih bahagia. Tak hanya itu, ada banyak manfaat lain dari seks untuk kesehatan mental, termasuk mengatasi depresi dan kecemasan.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Saat mencapai klimaks, tubuh akan memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini tidak hanya baik untuk kesehatan mental, melainkan juga untuk kesehatan kulit.

Oksitosin berperan untuk mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit seperti keriput.

Selain itu, berhubungan seks terlebih bila Anda meraih orgasme, bisa memperlancar aliran darah dan memompa oksigen ke semua badan sehingga membuat kulit lebih cerah.

Tak cukup sampai di situ, berkat perasaan bahagia yang dihasilkan dari aktivitas seksual, Anda akan benar-benar bebas stres. Ini artinya, Anda lebih mudah tersenyum.

Menurut studi tahun 2016, sering tersenyum akan membuat Anda tampak lebih muda.

5. Meningkatkan Fungsi Kardiovaskular

Manfaat orgasme bagi wanita lainnya adalah meningkatkan fungsi kardiovaskular. Ya, berhubungan seksual termasuk aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Oleh sebab itu, aktivitas seksual akan membantu mengurangi risiko terkena hipertensi dan serangan jantung.

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang menikmati seks dan mencapai orgasme secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

6. Meningkatkan Kekuatan Panggul

Bagi wanita, dasar panggul yang kuat bisa membantu mengontrol kandung kemih. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, fungsi dan kontrol kandung kemih bisa berkurang.

Anda bisa meningkatkan otot dasar panggul dengan melakukan seks secara teratur dan senam Kegel.

7. Melancarkan Siklus Menstruasi

Tidak banyak yang tahu bahwa manfaat orgasme bagi wanita berkaitan dengan siklus menstruasi yang lebih teratur. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah oleh penelitian yang dilakukan di Universitas Columbia dan Stanford.

Menurut penelitian tersebut, wanita yang berhubungan seks setidaknya satu kali dalam seminggu, cenderung memiliki siklus menstruasi yang lebih teratur daripada mereka yang tidak pernah berhubungan seks.

Namun, klaim mengenai manfaat klimaks bagi wanita ini masih diperlukan penelitian lanjutan.

Baca JugaPria Wajib Tahu, Ini 8 Cara Membuat Wanita Orgasme

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Aktivitas seksual dapat merangsang oksitosin sekaligus mengurangi kortisol. Hal ini akan memberikan efek relaksasi sehingga Anda akan mudah mengantuk.

Sebagai catatan, kualitas tidur yang baik akan berdampak positif terhadap kehidupan Anda.

Itu dia sejumlah manfaat orgasme bagi wanita. Agar mencapai orgasme, komunikasikan dengan pasangan mengenai hal-hal yang Anda sukai dan tidak selama berhubungan seks. Semoga informasi ini bermanfaat, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 10 Surprising Health Benefits of Sex. https://www.webmd.com/sex-relationships/guide/sex-and-health. (Diakses pada 23 September 2022).
  2. Anonim. Health Benefits of Orgasms for Women. https://www.thebodyagency.com/blogs/article/health-benefits-of-orgasms-for-women. (Diakses pada 23 September 2022).
  3. Anonim. Orgasms for a Better Life: The Surprising Benefits of Sexual Pleasure. https://www.everydayhealth.com/sexual-health-pictures/orgasms-for-a-better-life-the-surprising-benefits-of-sexual-pleasure.aspx. (Diakses pada 23 September 2022).
  4. Adcox, Mariah. 2022. What Can Orgasms Do for Your Skin? https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/orgasm-benefits. (Diakses pada 23 September 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi