Terbit: 17 Juni 2022 | Diperbarui: 20 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Pada dasarnya, bagian sensitif pada wanita akan berbeda-beda. Stimulasi berulang pada area tersebut dapat membantu wanita mencapai orgasme. Lantas, area mana saja yang dimaksud? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

10 Bagian Sensitif pada Wanita untuk Mempercepat Orgasme

Sejumlah Titik Sensitif pada Wanita

Selama ini Anda mungkin hanya mengetahui bahwa titik rangsang yang bisa memberikan kepuasan pada pasangan adalah pada daerah klitoris. Faktanya, ada berbagai bagian sensitif pada wanita yang akan memberikan efek serupa. 

Dengan mengenali bagian-bagian tersebut, wanita akan lebih cepat meraih orgasme atau klimaks.

Berikut ini adalah beberapa area sensitif pada wanita yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Klitoris

Sudah tidak diragukan lagi jika klitoris menjadi bagian paling sensitif pada wanita. Faktanya, bagian ini memiliki sebanyak 8.000 ujung saraf sehingga dapat meningkatkan gairah seksual pada wanita.

Ujung saraf tersebut akan menyebarkan sensasi ke sebanyak 15.000 saraf panggul. Inilah yang membuat orgasme klitoris mampu memberikan kenikmatan yang luar biasa.

Jika sudah mengetahui titik sensitif pada klitoris, Anda bisa memberikan rangsangan melalui gerakan jari. Jika ingin lebih intens, Anda juga bisa menggunakan lidah atau bahkan memanfaatkan vibrator.

2. Telinga

Telinga merupakan salah satu titik sensitif pada wanita. Bagian tubuh ini memiliki banyak saraf dan reseptor sensorik, baik di dalam ataupun di luar.

Rangsangan pada telinga, misalnya dengan membelai ringan atau menyentuh akan memberikan sensasi geli yang menyenangkan.

Anda juga bisa menggabungkannya dengan foreplay. Tanyakan kepada pasangan mengenai apa yang mereka suka dan tidak sambil terus menstimulasi bagian telinga.

Baca JugaCowgirl, Posisi Seks yang Bikin Pasangan Tambah Bergairah

3. Puting

Menurut sebuah studi pada 2011 dalam Journal of Sexual Medicine, memainkan puting dan klitoris, baik secara terpisah maupun bersamaan, dapat merangsang bagian otak yang sama, yaitu korteks sensorik genital.

Bahkan kabarnya, seorang wanita bisa mengalami nipple orgasm alias orgasme puting. Kondisi ini terjadi ketika seseorang mengalami orgasme dari rangsangan pada puting.

Di sisi lain, sebuah penelitian menemukan jika areola tidak terlalu sensitif terhadap sentuhan ringan. Sementara itu, bagian sisi payudara dan perut tidak terlalu sensitif terhadap tekanan.

Kendati begitu, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merangsang bagian sensitif pada wanita ini, misalnya mencium, menjilat, atau menggunakan alat khusus.

Jangan lupa untuk memberikan perhatian pada bagian areola. Sebab, sensasi yang akan ditimbulkan akan semakin kuat.

4. Jari dan telapak tangan

Siapa sangka, bermain-main dengan jari dan telapak tangan wanita ternyata bisa meningkatkan gairah dan membantu mempercepat orgasme.

Letakkan tangan pasangan di tangan Anda. Pastikan telapak tangannya menghadap ke atas. Setelah itu, perlahan-lahan gerakkan jari-jari Anda di telapak tangannya.

Ingin cara lain? Anda bisa menggelitik bagian dalam tangan pasangan dengan menggunakan jari. Demi menambah keintiman, lakukan ini sambil menatap matanya.

5. Paha bagian dalam

Paha bagian dalam merupakan salah satu bagian sensitif pada wanita karena letaknya yang dekat dengan kelamin. Anda bisa memberikan rangsangan pada pasangan dengan menyentuh ringan bagian ini.

Arahkan jari-jari ke bawah paha, lalu gerakkan secara perlahan ke atas. Anda juga bisa memberikan kecupan pada paha bagian dalam secara perlahan, lalu berlanjut ke daerah vagina.

6. Tengkuk leher

Tengkuk leher menjadi salah satu area sensitif pada wanita. Rangsangan yang diberikan secara terus-menerus pada area ini bisa membantu pasangan Anda meraih orgasme lebih cepat, lho.

Menurut penelitian di Université du Québec Montréal (UQAM), leher, lengan bawah, dan batas vagina adalah yang paling sensitif terhadap sentuhan ringan.

7. Kepala

Bagian ini mungkin tidak Anda duga bisa menjadi titik sensitif pada wanita. Faktanya, sensasi rangsangan pada kepala bisa sangat menyenangkan.

Coba saja perawatan rambut di salon. Biasanya sesi perawatan akan melibatkan pemijatan pada area kepala. Sensasi yang muncul pun bisa menyenangkan.

Anda bisa merangsang titik ini dengan memainkan rambut pasangan. Cobalah pijat kulit kepalanya dan gerakkan jari-jari Anda di atasnya.

8. Telapak kaki

Bagian yang paling sensitif pada wanita berikutnya terletak di telapak kaki. Ya, bagian ini memiliki titik-titik tekanan yang bisa membantu meningkatkan gairah dan aliran darah.

Akan tetapi, perlu beberapa saat untuk menemukan titik yang tepat. Pasalnya, beberapa wanita bisa merasa sangat geli di area tersebut.

Baca Juga7 Cara Membuat Suami Mencapai Puncak Kenikmatan Seksual

9. A-spot

Pada umumnya, Anda mungkin sudah tidak asing dengan G-spot. Namun, bagaimana dengan A-spot?

Melansir Medicine Net, A-spot adalah salah satu titik rangsang wanita yang bisa membantu mempercepat orgasme. Bagi yang belum mengetahuinya, bagian ini terletak di sisi bawah lubang vagina wanita.

Ketika sedang melakukan penetrasi dengan pasangan, coba fokuskan tekanan pada dinding yang berada di depan vagina.

10. Pantat

Melansir WebMD, bokong bisa menjadi bagian sensitif pada wanita karena letaknya yang dekat dengan alat kelamin.

Jadi, ketika Anda bosan dengan area rangsangan yang cenderung di situ-situ saja, cobalah untuk memainkan bagian tubuh ini.

Itu dia sejumlah bagian sensitif pada wanita yang bisa membantu mempercepat klimaks. Jika ingin kepuasan lebih maksimal, jangan lupa komunikasikan kepada pasangan mengenai apa yang mereka sukai.

 

  1. Anonim. 2014. Researchers identify 5 most sensitive parts of female body. https://globalnews.ca/news/1337749/researchers-identify-5-most-sensitive-parts-of-female-body/. (Diakses pada 17 Juni 2022).
  2. Begum, Jabeen. 2021. 7 Most Erogenous Zones On a Woman. https://www.medicinenet.com/7_most_erogenous_zones_on_a_woman/article.htm. (Diakses pada 17 Juni 2022).
  3. Krischer, Hayley. 7 Awesome Erogenous Zones. https://www.webmd.com/sex-relationships/features/7-awesome-erogenous-zones. (Diakses pada 17 Juni 2022).
  4. Borreli, Lizette. 2016. Pleasuring A Woman: 6 Types of Female Orgasms For A Better Sex Life. https://www.medicaldaily.com/pleasuring-woman-6-types-female-orgasms-better-sex-life-395651. (Diakses pada 17 Juni 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi