Terbit: 17 September 2021 | Diperbarui: 23 Desember 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Perut semakin besar tidak menghalangi untuk berhubungan seks, karena ada pilihan posisi hubungan intim saat hamil muda. Namun, pasangan suami istri harus memilih posisi yang tidak menekan perut hamil. Apa saja posisi seks yang aman untuk ibu hamil? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

8 Posisi Hubungan Intim saat Hamil Muda (Aman dan Nyaman)

Amankah Seks Selama kehamilan?

Seks selama hamil muda aman dan boleh dilakukan di trimester kedua, yaitu ketika usia kehamilan menjajaki 4 bulan, kecuali jika dokter atau bidan menyarankan untuk tidak melakukannya. Seks selama trimester kedua tidak membahayakan janin, juga tidak berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil.

Seks aman selama kehamilan karena janin telah dilindungi oleh kantong cairan yang disebut kantung ketuban dan otot-otot rahim. Sedangkan lendir tebal yang melindungi leher rahim membantu mencegah infeksi.

Posisi Hubungan Intim saat Hamil Muda

Perut yang semakin membesar tidak menghalangi Anda untuk berhubungan intim. Sebagian besar posisi seks aman selama hamil muda, tetapi cobalah dengan posisi yang nyaman dan memudahkan bagi perut. Penting juga bagi kedua pasangan untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan.

Berikut ini beberapa posisi seks yang aman saat hamil muda:

1. Misionaris

Ketika hamil muda, kebanyakan pasangan melakukan sedikit variasi posisi seks. Salah satu posisi yang dirasa aman saat hamil muda adalah misionaris, di mana ibu hamil berbaring telentang.

Namun, saat perut semakin membesar dan tidak dapat berbaring telentang atau menahan tekanan di atas perut, posisi ini mungkin tidak lagi aman dan nyaman.

Alasannya karena selama posisi misionaris, suami berisiko menekan pembuluh darah ke plasenta sehingga menghambat aliran darah ke bayi dan menyebabkan kekurangan oksigen.

2. Doggy Style

Ini adalah posisi hubungan intim saat hamil muda yang dapat Anda gunakan pada trimester apa pun, tetapi sangat baik untuk akhir kehamilan ketika perut cukup besar untuk menghalangi posisi menghadap ke depan. Dengan posisi masuk ke belakang, Anda bisa bertumpu pada tangan dan lutut atau berlutut.

Doggy style membuat penetrasi lebih dangkal, yang mungkin terasa lebih nyaman. Jika suami merasa waswas untuk berhubungan seksual saat perut Anda semakin membesar, posisi ini dapat meredakan rasa takut.

3. Woman on Top

Selama trimester ketiga kehamilan, biasanya pasangan lebih memilih posisi ini. Dengan perut  yang semakin membesar mungkin akan merasa lebih baik dengan posisi di atas, karena memungkinkan untuk mengontrol kedalaman dan kecepatan penetrasi.

Posisi wanita di atas juga tidak berisiko menekan perut dan memungkinkan stimulasi klitoris manual untuk membantu mencapai orgasme.

4. Berdiri

Berhubungan seks sambil berdiri dapat menyesuaikan posisi apa pun yang Anda gunakan. Posisi seks berdiri saat hamil, terutama saat penetrasi dari belakang, dapat mengurangi tekanan dari punggung dan menghindari perut. Posisi ini bisa Anda gunakan kapan pun selama kehamilan dan jika terasa nyaman.

Jika ingin menjaga keseimbangan tubuh, Anda bisa melakukan seks berdiri sambil bersandar. Cobalah gunakan dinding, tempat tidur, meja, atau apa pun itu untuk bersandar. Kebanyakan wanita menyukai posisi seks berdiri selama kehamilan karena memungkinkan penetrasi yang dangkal dan cenderung memperlambat seks.

5. Duduk

Duduk pada kursi menjadi posisi seks yang aman saat hamil. Mintalah suami untuk duduk di kursi yang kokoh dan tidak memiliki pegangan. Anda juga dapat menggunakan meja atau permukaan uang kokoh lainnya. Dalam posisi ini, Anda dapat membuka kaki dan pijakan kaki lantan, ini tergantung pada ketinggian kursi.

6. Berdampingan

Anda dan pasangan dapat berbaring saling berhadapan. Mungkin perlu memiringkan tubuh sehingga dapat menekuk lutut dan menumpangkan kedua kaki di atas pinggul pasangan.

Karena saling berhadapan, posisi ini bisa memberi semua keintiman posisi misionaris tanpa ketidaknyamanan berbaring telentang.

7. Spooning

Sangat mirip dengan posisi berdampingan, tetapi kedua pasangan menghadap ke arah yang sama. Posisi ini mengharuskan Anda berbaring miring sedikit meringkuk. Pasangan kemudian dapat meringkuk di belakang Anda dan melakukan penetrasi dari belakang.

8. Posisi di Tepi Tempat Tidur

Tidur telentang dengan menekuk lutut dan bokong di tepi tempat tidur juga menjadi posisi seks yang aman saat hamil muda.

Cobalah letakkan bantal di salah satu sisi tubuh dengan nyaman untuk menopang tubuh agar tetap dalam posisi miring. Kemudian mintalah suami melakukan penetrasi sambil berlutut atau berdiri, tergantung ketinggian tempat tidur.

Potensi Risiko dan Kapan Harus Menghindari Seks saat Hamil

Risiko seks yang berpotensi saat hamil dapat mencakup infeksi akibat penyakit radang panggul dan pendarahan sebelum melahirkan. Dokter atau bidan mungkin akan menyarankan wanita hamil untuk menghindari hubungan seks jika mengalami pendarahan dalam kehamilan.

Wanita hamil mungkin disarankan untuk menghindari seks jika memiliki salah satu kondisi berikut ini:

  • Ketuban pecah, karena dapat meningkatkan risiko infeksi.
  • Masalah dengan serviks. Wanita hamil mungkin berisiko lebih tinggi mengalami persalinan dini atau keguguran.
  • Memiliki riwayat melahirkan lebih awal dan berada di trimester terakhir kehamilan,
  • Plasenta previa.
  • Kehamilan kembar.

Jika Anda dan suami waswas mencoba posisi seks selama kehamilan, sebaiknya fokus untuk mencoba satu per satu sampai menemukan posisi yang nyaman baik Anda dan pasangan. Namun, jika mengalami gangguan selama kehamilan, sebaiknya menghindari hubungan seks dan segera konsultasikan dengan dokter atau bidan!

 

  1. Anonim. 2020. Comfortable, safe sex in the third trimester. https://mybabymanual.co.uk/pregnancy/trimester-3/week-35/comfortable-sex-in-the-third-trimester/ (Diakses pada 17 September 2021)
  2. Anonim. 2018. Sex in trimester one, two and three of pregnancy. https://www.nct.org.uk/pregnancy/relationships-sex/sex-trimester-one-two-and-three-pregnancy (Diakses pada 17 September 2021)
  3. Mrunal. 2019. Sex During the 2nd Trimester of Pregnancy – Is It Safe?. https://parenting.firstcry.com/articles/sex-during-pregnancy-2nd-trimester-is-it-safe/ (Diakses pada 17 September 2021)
  4. Weiss, Robin E. 2021. Sex Positions to Try During Your Pregnancy. https://www.verywellfamily.com/sex-positions-for-pregnancy-2759947 (Diakses pada 17 September 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi