Terbit: 18 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dibandingkan dengan wanita, pria cenderung memiliki libido yang tinggi. Pria mudah terangsang secara seksual sehingga hampir setiap hari memikirkan aktivitas ranjang meski sedang kerja atau melakukan kegiatan lainnya.

5 Hal yang Menyebabkan Libido Pria Menurun Drastis

Meski pria lebih cepat “panas” ketimbang wanita, mereka juga bisa mengalami penurunan libido yang cukup signifikan. Pada kondisi ini pria akan enggan melakukan hubungan seks. Mereka pun jadi terkesan malas meski hanya memikirkannya.

Nah, agar kita semua tidak mengalami penurunan libido yang berdampak pada kehidupan seks, coba simak penyebabnya di bawah ini.

1. Rendahnya kadar testosteron

Normalnya kadar testosteron yang dimiliki oleh pria adalah 300-350 ng/dL. Kalau kadar testosteron berada di bawah standar, pria akan mengalami beberapa gangguan pada tubuh khususnya yang berhubungan dengan fungsi seksual.

Penurunan kadar hormon ini akan membuat pria mengalami penurunan libido yang cukup banyak. Dampaknya, mereka akan jarang berhubungan badan dengan pasangannya.

2. Konsumsi obat tertentu

Beberapa jenis obat seperti pil yang mengendalikan tekanan darah bisa menyebabkan pria alami penurunan libido. Selain itu, penis juga akan mengalami gangguan dan ereksi tidak bisa berjalan dengan lancar.

3. Depresi

Seseorang yang mengalami depresi akan kehilangan ketertarikan dengan aktivitas harian termasuk seks. Pria yang alami depresi akan lebih banyak mengurung diri ketimbang bersosialisasi dengan orang lain termasuk itu istri sendiri.

4. Penyakit kronis

Beberapa penyakit kronis seperti diabetes dan kanker menyebabkan pria alami gangguan ereksi. Akibat kondisi ini libido pria menjadi menurun karena kemampuan seksualnya terus menurun.

5. Gangguan tidur

Pria yang sering mengalami gangguan tidur cenderung memiliki masalah seksual. Tubuh yang selalu lelah dan lemas membuat libidonya terus turun sehingga malas melakukan banyak hal termasuk bercinta.

Selain lima hal yang disebutkan di atas, penurunan libido bisa terjadi pada pria yang obesitas dan usianya sudah lanjut atau di atas 60 tahun. Untuk mengatasi turunnya libido, pria disarankan untuk melakukan diet seimbang dan mengonsumsi makanan sehat peningkat gairah seksual seperti ginseng.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi