Terbit: 11 Oktober 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada banyak cara mengatasi kulit penis kering yang dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan, misalnya saat berhubungan seks. Lantas bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Kulit Penis Kering? Ini 10 Cara Mengatasinya yang Mudah dan Alami

Cara Mengatasi Kulit Penis Kering

Pria dapat mengalami kulit kering pada penis karena berbagai penyebab, misalnya berhubungan seks atau masturbasi yang tidak dilumasi, menggunakan sabun yang keras, atau gesekan dari pakaian ketat.

Kulit kering pada kemaluan pria biasanya bukan tanda penyakit menular seksual (PMS). Kulit kering pada penis biasanya dapat diobati dengan pengobatan rumahan, termasuk mengoleskan pelembap alami atau menghindari sabun yang keras.

Berikut ini berbagai cara mengatasi kulit kering pada kelamin pria:

1. Menggunakan sabun lembut

Penggunaan sabun yang berbahan kimia keras bisa menyebabkan kulit kering pada penis. Cara paling aman untuk membersihkan penis adalah menggunakan air hangat dan sedikit sabun lembut.

Jika ingin menggunakan sabun biasa pada area penis, pertimbangkan untuk menggunakan sabun alami yang lembut tanpa berbahan paraben.

Ketika mandi, sebaiknya gunakan produk sabun yang ditujukan untuk kulit sensitif. Jika ingin menghindari penggunaan sabun pada alat kelamin, sebagai gantinya bersihkan penis dengan air hangat. Apabila menggunakan sabun, bilas sampai bersih setelah dicuci untuk menghilangkan semua sisa produk.

2. Minyak kelapa

Menggunakan minyak kelapa adalah cara mengatasi kulit penis kering. Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai minyak pijat atau pelumas alami.

Penelitian di tahun 2014 menunjukkan bahwa mengoleskan minyak kelapa adalah pengobatan dermatitis atopik yang lebih efektif daripada minyak mineral. Namun, penting minyak dapat mengurangi efektivitas kondom.

3. Pelembap penis

Setelah mandi, gunakan krim pelembap untuk penis. Krim yang dibuat khusus untuk kulit penis dianjurkan karena lotion untuk tangan dan tubuh mungkin mengandung bahan kimia yang bisa memicu reaksi alergi.

Sebaiknya gunakan pelembap yang mengandung Shea butter dan vitamin E, yang dapat membantu mempertahankan kelembapan dan mencegah kulit kering.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Gatal di Penis (Pria Wajib Baca!)

4. Menghidrasi kulit

Hidrasi tubuh adalah cara yang baik untuk memastikan kulit mendapatkan kelembapan yang cukup dari dalam. Cara terpenting agar tetap terhidrasi adalah minum cairan yang cukup setiap hari. Namun, hindari minuman beralkohol atau kafein karena menyebabkan kehilangan cairan tubuh (dehidrasi).

Seberapa banyak air untuk diminum berbeda pada setiap orang. Biasanya minum air dianjurkan  6-8 gelas sehari, tetapi beberapa orang mungkin membutuhkan lebih atau kurang, ini tergantung pada seberapa aktif tubuh atau seberapa banyak berkeringat.

Selain minuman, Anda juga bisa mendapatkan cairan tambahan dari makanan yang mengandung banyak air secara alami, seperti jeruk, semangka, anggur, dan seledri.

5. Menggunakan pelumas saat seks

Berhubungan seks atau masturbasi dengan waktu yang lama tanpa pelumas dapat menyebabkan gesekan. Terlalu banyak gesekan bisa menyebabkan kulit kering pada penis.

Sebagai salah satu cara mengatasi kulit penis kering, gunakan pelumas untuk meningkatkan kenyamanan ketika berhubungan seks atau masturbasi. Namun, hindari pelumas berbahan gliserin atau paraben karena bisa memperburuk kekeringan pada kulit penis.

Menggunakan pelumas berbahan dasar air juga akan mengurangi kemungkinan iritasi kulit penis lebih lanjut.

6. Menggunakan kondom non-lateks

Jika pria alergi lateks, penggunaan kondom lateks bisa menyebabkan kulit kering pada penis. Selain kulit kering, gejala reaksi alergi terhadap lateks, termasuk gatal-gatal, hidung tersumbat atau meler, mengi, sesak dada, dan sulit bernapas.

Penderita alergi lateks sebaiknya menggunakan kondom non-lateks untuk menghindari kulit kering pada penis dan gejala alergi. Kondom non-lateks memiliki poliuretan atau membran alami yang berasal dari usus domba.

7. Hindari mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas dapat menghilangkan minyak alami yang mempertahankan kelembapan di kulit, sehingga membuat kulit kering pada penis. Terlalu lama di kamar mandi juga dapat menyebabkan hilangnya minyak alami di kulit.

Mengingat kulit kelamin sensitif, hindari air panas dan sebagai gantinya gunakan air hangat atau mandi air dingin.

8. Menjaga kebersihan penis

Kebersihan kelamin yang buruk dapat menyebabkan masalah kulit, seperti infeksi jamur atau balanitis—peradangan di kulit penis. Para ahli menganjurkan untuk mencuci penis menggunakan sabun lembut setidaknya sekali sehari untuk memastikan kebersihan pada penis.

Cara mengatasi kulit penis kering ini juga dapat mencegah pertumbuhan jamur akibat kondisi kulit tidak bersih.

9. Hindari pakaian ketat

Jika celana atau pakaian dalam yang Anda gunakan terlalu ketat, kemungkinan dapat melukai penis dan menyebabkan kulit kering. Sebagai solusinya, hindari penggunaan pakaian ketat mulai dari sekarang.

Sebagai salah satu cara mengatasi kulit kering pada kelamin pria, sebaiknya mengenakan celana dan pakaian dalam yang longgar atau berbahan katun. Ini bisa membantu menghindari gesekan lebih lanjut pada kulit penis.

10. Hindari detergen keras

Detergen cucian tertentu yang mengandung bahan kimia keras—seperti surfaktan—dapat menyebabkan kulit kering. Hal ini dapat memengaruhi semua bagian kulit di tubuh, termasuk kulit penis.

Untuk menghindari kulit kering pada penis, pilihlah deterjen cucian alami dan non-biologis yang dapat mengurangi iritasi dan kulit kering.

Baca Juga: Luka pada Penis: 12 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kapan Waktu yang Tepat Harus ke Dokter?

Jika cara mengatasi kulit kering pada kelamin pria tidak efektif atau kondisinya semakin parah, konsultasikan ke dokter. Mungkin dokter akan memeriksa area genital dan menentukan perawatannya berdasarkan penyebab atau merujuk ke dokter kulit, yang dapat mendiagnosis masalah kulit, misalnya eksim atau psoriasis.

 

  1. Burgess, Lana. 2011. What to do about dry skin on the penis. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325286#_noHeaderPrefixedContent (Diakses pada 11 Oktober 2021)
  2. Dugan, John. 2019. Smart Hydration Saves Dry Penis Skin. https://ezinearticles.com/?Smart-Hydration-Saves-Dry-Penis-Skin&id=10069642 (Diakses pada 11 Oktober 2021)
  3. Gillespie, Claire. 2019. What Causes Dry Skin on the Penis?. https://www.healthline.com/health/mens-health/dry-skin-on-penis (Diakses pada 11 Oktober 2021)
  4. Rathi, Geet. 2021. Dry Skin on Penis & Penis Skin Care: Top Things To Know. https://manmatters.com/blog/dry-skin-on-penis-penis-skin-care/ (Diakses pada 11 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi