Terbit: 2 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada beberapa orang yang lebih suka memiliki rambut lurus daripada keriting atau bergelombang. Bukan hanya pada wanita, pria pun terkadang mengalaminya. Tenang, ada cara meluruskan rambut pria dengan mudah.

Cara Mengatasi Rambut Keriting Pria (Alami dan Mudah)

Cara Mengatasi Rambut Keriting pada Pria Secara Alami

Bagaimana jika ingin meluruskan sendiri rambut di rumah? Ternyata ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut pria.

Cara alami lebih ringan dari sisi biaya. Namun membutuhkan sedikit usaha untuk menyiapkan bahan dan melakukan prosesnya. Jangan khawatir, pilih bahan-bahan yang ada di sekitar saja agar tidak merepotkan.

Berikut adalah 10 cara meluruskan rambut pria dengan bahan alami.

1. Pisang dan Minyak Zaitun

Selain enak dikonsumsi dan berguna untuk menyehatkan kulit, paduan pisang dan minyak zaitun juga bisa untuk meluruskan rambut.

Caranya campurkan dua buah pisang dengan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan minyak zaitun.

Blend semua bahan. Oleskan pada rambut dari akar hingga ujung. Diamkan selama tiga puluh menit, lalu cuci bersih.

2. Santan dan Jus Lemon

Siapkan 250 ml santan dan 1 sendok makan air lemon peras, campurkan dan aduk rata. Lalu diamkan semalaman.

Pada pagi hari, oleskan dari akar hingga ujung rambut. Biarkan setengah jam sebelum dicuci bersih dengan air dan sampo.

Jika ingin memakainya di malam hari, maka buat adonan ini di siang hari, ya.

3. Lidah Buaya

Siapkan 1 batang lidah buaya dan ambil isinya. Panaskan jeli lidah buaya hingga mencair lalu biarkan hingga dingin.

Setelah dingin, oleskan pada rambut dan diamkan 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Keunggulan cara alami ini adalah, bahan-bahan yang dipakai kebanyakan mengandung vitamin dan mineral penting yang berguna untuk rambut. Sehingga selain mendapatkan rambut lurus, juga sekaligus membuatnya lebih sehat, berkilau, lebat dan subur.

4. Minyak kelapa dan minyak jarak

Minyak jarak bisa didapatkan dengan mengekstrak buah jarak. Minyak ini juga bisa didapatkan di penjual bunga atau minyak atsiri.

Campurkan satu sendok makan minyak kelapa dan minyak jarak ke dalam wadah lalu hangatkan.

Setelah itu, oleskan ke seluruh permukaan rambut dan pijat. Diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan dengan sampo.

5. Cuka dan Air

Cuka yang dipakai adalah cuka masak biasa. Namun sifat asam bahan ini harus diwaspadai. Bagi mereka yang memiliki rambut dan kulit yang sensitif, lebih baik cara ini di-skip saja.

Cara meluruskan rambut pria menggunakan cuka adalah dengan mencampurkan 5 tetes cuka masak ke dalam 1 gelas air.

Oleskan pada rambut dan diamkan lima hingga sepuluh menit. Setelah itu keramaslah seperti biasa.

6. Seledri

Tidak diperlukan tambahan apapun untuk menggunakan seledri sebagai pelurus rambut.

Cukup blend segenggam seledri hingga halus, lalu oleskan pada seluruh permukaan rambut. Diamkan semalaman lalu pagi harinya keramaslah seperti biasa.

Baca Juga: 7 Cara Meluruskan Rambut dengan Masker Bahan Alami

7. Tepung beras dan putih telur

Ambil sebutir telur dan pisahkan putihnya. Campurkan 5 sendok makan tepung beras ke dalam putih telur lalu aduk hingga rata.

Oleskan pada rambut sambil menyisir perlahan agar rambut lebih lurus. Biarkan adonan di rambut hingga 1 jam lalu keramas dengan air hangat dan shampo.

8. Minyak goreng

Tunggu, jangan merasa aneh dulu. Minyak goreng, seperti minyak kelapa dan zaitun juga bisa membantu meluruskan rambut. Jangan khawatir akan baunya karena bisa dihilangkan dengan sampo.

Caranya juga mudah sekali. oleskan langsung minyak goreng hangat ke seluruh permukaan rambut sambil dipijat. Diamkan 20-30 menit sebelum dikeramas seperti biasa.

9. Minyak Kedelai dan minyak jarak

Minyak kedelai dapat dibeli di pasar swalayan. Minyak ini biasa dipakai sebagai campuran salad.

Sedangkan untuk mengatasi rambut keriting pada pria, cukup campurkan satu sendok minyak kedelai dengan dua sendok minyak jarak.

Masukkan ke dalam wadah dan panaskan, lalu biarkan hingga kembali dingin. Oleskan pada seluruh permukaan rambut dari akar hingga ujungnya. Diamkan 30 menit lalu keramaslah dengan air hangat.

10. Menyisir rambut yang basah hingga kering

Ingin meluruskan rambut tanpa bahan apapun? Bisa. caranya dengan rajin menyisir rambut secara perlahan, terus menerus hingga rambut kering.

Setiap menyisir, tarik dan luruskan rambut selama beberapa detik. Lakukan hal ini setiap kali keramas. Gunakan hair dryer agar rambut cepat kering. Jika memiliki flat iron, dapat juga menggunakan alat ini.

Gunakan dengan tingkat panas 120 derajat saja dan jangan lupa melapisi rambut dengan pelembab. Misalnya minyak argan, zaitun atau minyak castor.

Hanya saja, diperlukan ketelatenan dan konsistensi. Terutama bagi pria yang secara umum kulit kepalanya mengandung lebih banyak minyak daripada wanita.

Perawatan dengan cara alami harus diulang 3-4 kali seminggu. Hasilnya akan terlihat dalam 4 minggu atau lebih, tergantung kondisi rambut (ikal atau keriting).

Anda harus tetap merawatnya agar rambut selalu rapi. Keramas secara rutin dan gunakan conditioner, vitamin rambut, dan hair tonic bila perlu.

Baca Juga: Pertumbuhan Rambut Pria: Hal yang Memengaruhi hingga Suplemen

Cara Meluruskan Rambut Pria dengan Bantuan Profesional

Untuk cara mengatasi rambut keriting pada pria, dapat dilakukan dengan bantuan profesional.

Banyak barbershop yang dapat membantu untuk meluruskan sekaligus menata rambut pria. Cara ini lebih praktis namun tentu membutuhkan biaya besar.

Nah, itulah beberapa cara meluruskan rambut pria. Baik dengan bahan-bahan alami maupun tanpa bahan. Satu hal yang perlu diperhatikan, saat mengoleskan bahan pelurus rambut, lakukan sambil menjepit dan menarik rambut perlahan.

Lakukan dari akar hingga ujung rambut dan ulangi beberapa kali. Jika ingin bahan alami meresap ke dalam kulit kepala dan menyehatkan rambut, pijat kulit kepala sambil mengoleskan bahan pelurus. Selamat mencoba!

 

  1. Hairtsyle Camp. 2020. How to Straighten Men’s Hair the Right Way. https://hairstylecamp.com/how-to-straighten-mens-hair/. (Diakses pada 26-11-2021).
  2. Men’s Hairstyle Trends. 2019. How To Straighten Hair For Men: 4 Different Ways. https://www.menshairstyletrends.com/how-to-straighten-hair-men/. (Diakses pada 26-11-2021).
  3. Van den Abbeel. 2020. How to Straighten Men’s Hair. https://www.wikihow.com/Straighten-Men%27s-Hair. (Diakses pada 26-11-2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi