Terbit: 21 Januari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Meski olahraga dapat membuat kondisi tubuh lebih sehat, olahraga yang berat berat dapat membuat tubuh kekurangan air dan nutrisi seperti elektrolit; yang mana keduanya dapat berkontribusi pada dehidrasi, kelelahan, atau rasa nyeri. Lantas, apa minuman yang baik setelah olahraga? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

7 Minuman yang Sebaiknya Anda Konsumsi Setelah Olahraga

Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Apa yang Anda minum setelah olahraga dapat membuat perbedaan besar dalam hal memulihkan energi, membangun otot, membakar lemak, dan hal-hal lainnya.

Jika Anda terlalu lelah untuk beraktivitas di keesokan harinya, kemungkinan masalah bukan pada aktivitas yang Anda lakukan, akan tetapi pada pola diet setelah olahraga.

Berikut adalah minuman yang baik setelah olahraga, diantaranya:

1. Air Putih

Minuman setelah olahraga yang paling baik dikonsumsi adalah air putih. Setiap sel, jaringan, dan organ tubuh membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Tubuh membutuhkan air untuk mengatur suhu, membuang limbah, hingga membantu melumasi sendi.

Jadi, mengonsumsi air putih secara langsung usai berolahraga adalah langkah terbaik dan tercepat untuk menghidrasi tubuh setelah berolahraga.

2. Minuman Elektrolit

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik, termasuk natrium, klorida, kalium, magnesium, dan kalsium. Namun, olahraga yang intens dapat menguras berbagai nutrisi tersebut dari tubuh.

Ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh dapat menyebabkan lelah dan dehidrasi. Guna mengembalikan keseimbangan tersebut, salah satu caranya adalah mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit. Pilihlah minuman dengan kandungan gula yang rendah agar proses rehidrasi lebih optimal.

Baca Juga: 8 Makanan Setelah Olahraga agar Kembali Berstamina

3. Air Kelapa

Jika Anda tidak terlalu suka terhadap air putih karena tidak memiliki rasa, minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga adalah air kelapa.

Minuman ini mengandung elektrolit alami seperti potasium, natrium, dan magnesium. Hal inilah yang menjadikan air kelapa pilihan yang baik menggantikan mineral yang terkuras usai berolahraga.

Selain itu, air kelapa mengandung  gula alami yang dapat membantu memulihkan energi yang hilang setelah sesi olahraga yang melelahkan.

4. Teh Tanpa Kafein dan Tanpa Pemanis

Jika Anda bosan mengonsumsi air putih atau air kelapa, pilihan minuman lain yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga adalah teh. Minuman ini mengandung antioksidan yang dapat membantu hidrasi, pemulihan otot, dan kesehatan secara keseluruhan.

Teh yang sebaiknya Anda konsumsi adalah teh tanpa kafein, fruit flavored tea, green tea, chamomile, jahe, dan mint. Pastikan untuk memilih teh yang tidak mengandung kafein, karena kafein dapat menyebabkan dehidrasi.

5. Susu Cokelat

Segelas susu coklat dapat membantu memulihkan tubuh usai olahraga yang intens. Semua kandungan yang terdapat pada susu cokelat dapat membantu mengisi nutrisi yang hilang setelah berolahraga, seperti karbohidrat, protein, air, dan elektrolit.

Berbagai nutrisi tersebut dapat membantu memperbaiki dan memberi energi kembali pada otot yang stres akibat olahraga.

6. Jus Sayuran

Sayuran adalah sumber nutrisi penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan berfungsi dengan baik. Jus yang mengandung sayuran berdaun hijau, bit, wortel, dan sayuran lainnya menyediakan vitamin, mineral (termasuk elektrolit), dan antioksidan yang dibutuhkan untuk mendukung pemulihan otot dan rehidrasi usai berolahraga.

Baca Juga: 7 Minuman Penambah Stamina yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari

7. Smoothie

Apabila Anda tidak menyukai sayur, minuman lain yang bisa Anda jadikan pilihan adalah smoothie. Meski minuman ini umumnya terbuat dari buah, Anda bisa menambahkan sayur, air kelapa, susu almond, yoghurt, atau protein powder.

Smoothie dapat menjadi pilihan yang sangat baik jika Anda cenderung kehilangan nafsu makan setelah berolahraga. Plant-based smoothies mengandung banyak nutrisi tanpa perlu menyiapkan makanan lengkap.

Nah, itulah berbagai minuman setelah olahraga yang baik untuk Anda konsumsi. Pastikan tubuh tidak dehidrasi setelah olahraga!

 

  1. Ferraro, Kathleen. 2021. 7 Drinks to Help Replenish After a Workout. https://www.byrdie.com/after-workout-drink-5184378. (Diakses pada 21 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi