Terbit: 8 July 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Joging mungkin merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan. Namun, jangan salah, aktivitas fisik ini memiliki sederet manfaat sehat untuk tubuh. Apa saja manfaat joging? Simak di sini!

10 Manfaat Joging bagi Kesehatan, Bisa Bikin Awet Muda!

Manfaat Joging untuk Kesehatan

Joging adalah salah satu bentuk latihan sederhana yang dapat dilakukan oleh semua golongan usia. Olahraga ini juga bisa Anda lakukan kapan pun, baik di pagi hari, sore hari, ataupun malam hari.

Selain praktis, manfaat joging juga tidak main-main. Berikut ini adalah sejumlah manfaatnya:

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Joging dapat membantu meningkatkan kekuatan fisik Anda. Olahraga ringan seperti joging dapat memperkuat respons tubuh terhadap penyakit.

Hal ini berlaku pada penyakit jangka pendek, misalnya infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang, seperti diabetes.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat joging berikutnya adalah membantu mengurangi kelebihan berat badan. Jika Anda sedang memilih olahraga yang cocok untuk menyertai diet sehat Anda, joging bisa menjadi pilihan.

Joging membantu membakar kalori ekstra. Jika dilakukan bersamaan dengan diet yang tepat, penurunan berat badan yang Anda idam-idamkan akan segera terwujud!

Joging adalah latihan aerobik yang dapat membantu meningkatkan metabolisme sehingga tubuh lebih cepat dan mudah dalam membakar lemak.

Baca JugaJangan Mager, Ini 11 Cara agar Tidak Malas Berolahraga

3. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Saat Anda joging, tulang mengalami sejumlah tekanan. Selain itu, tubuh akan menyiapkan jaringan tulang untuk beban tambahan setiap hari.

Manfaat jonging pagi bisa membantu memperkuat tulang dan membantu mencegah cedera yang berhubungan dengan tulang. Apalagi di pagi hari ketika tubuh terkena paparan matahari.

Seperti yang Anda ketahui, jika terkena matahari, tubuh akan memproduksi vitamin D. Nutrisi ini baik untuk memperkuat tulang dengan membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor. Keduanya merupakan mineral penting bagi kesehatan tulang.

4. Membentuk Otot

Salah satu manfaat joging yang satu ini tentu akan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Joging adalah aktivitas fisik intens yang melibatkan otot-otot besar tubuh.

Olahraga ini menargetkan otot paha belakang, otot gluteus, otot betis, dan lain-lain. Dengan begitu, otot-otot menjadi lebih kencang dan ramping.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Joging dapat menjadi latihan kardio yang baik untuk menunjang kesehatan jantung. Olahraga ini akan membantu memperkuat otot-otot jantung sehingga kerjanya lebih efisien.

Selain itu, manfaat lain dari joging untuk kesehatan jantung berkaitan dengan kemampuan olahraga ini untuk mengendalikan tekanan darah, kadar glukosa darah, dan kolesterol di dalam tubuh.

Aktivitas fisik ini dapat membantu memompa darah lebih cepat sehingga mencegah risiko penyakit jantung.

6. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Seperti olahraga aerobik lainnya, joging juga baik untuk sistem pernapasan Anda. Dengan joging, paru-paru dapat mengambil oksigen dan membuang karbon dioksida secara lebih baik. Hal ini baik untuk daya tahan otot pernapasan.

Oleh karena itu, olahraga ini akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru serta memperkuat sistem pernapasan.

7. Menghalau Stres

Manfaat joging berikutnya baik untuk kesehatan mental Anda. Ya, joging dapat melindungi otak dari efek bahaya stres.

Jadi, jika Anda berada di dalam situasi yang sulit, maka rutinlah melakukan olahraga ini untuk membantu mengontrol pikiran Anda.

8. Mengatasi Depresi

Olahraga memberikan manfaat untuk mengelola gejala depresi. Ketika Anda stres, tubuh akan meresponsnya dengan melepaskan hormon kortisol. Hormon ini disebut-sebut berkaitan dengan kemunculan depresi pada seseorang.

Nah, olahraga seperti joging membantu menurunkan  kadar hormon ini sehingga stres tidak akan berkembang menjadi depresi.

Dokter bahkan merekomendasikan orang dengan gejala kecemasan atau depresi untuk melakukan aktivitas fisik. Tidak hanya joging, Anda juga bisa melakukan olahraga apa pun yang disukai.

Baca Juga6 Manfaat Aqua Jogging bagi Kesehatan Tubuh

9. Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain mencegah stres dan depresi, manfaat joging juga baik untuk meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Saat Anda joging, tubuh melepaskan endorfin, sekelompok hormon yang bertanggung jawab untuk menentukan apa yang Anda rasakan.

Hormon ini membuat Anda merasa baik secara alami. Dengan demikian, stres yang Anda rasakan bisa berkurang.

10. Membantu Anda Lebih Awet Muda

Manfaat joging yang satu ini tentu akan sayang untuk dilewatkan. Bagaimana tidak, aktivitas fisik ini akan membantu Anda merasa lebih baik, baik secara fisik maupun mental.

Tingkat energi dan positif yang lebih tinggi akan membantu menghambat penuaan sehingga Anda akan tampak awet muda!

Apalagi, joging akan meningkatkan kadar darah dan oksigen ke pembuluh darah kulit. Anda pun akan terlihat segar dan bercahaya.

Selain baik untuk kesehatan fisik, manfaat joging untuk kesehatan mental tidak bisa Anda sepelekan. Bonusnya lagi, olahraga ini juga bisa membantu Anda lebih awet muda. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, joging sekarang!

 

  1. Griffin, R Morgan. 2021. How Much Vitamin D Do I Need? https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-vitamin-d.  (Diakses pada 8 Juli 2022).
  2. Mrunal. 2019. 10 Surprising Benefits of Jogging that You Must Know. https://parenting.firstcry.com/articles/10-surprising-benefits-of-jogging-that-you-must-know/. (Diakses pada 8 Juli 2022).
  3. Stanborough, Rebecca Joy. 2019. All About That Pace: The Benefits of Jogging. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/benefits-of-jogging. (Diakses pada 8 Juli 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi