Terbit: 8 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Olahraga adalah aktivitas yang bisa membuat jantung berfungsi dengan optimal. Lantas, apa saja olahraga yang baik untuk kesehatan jantung? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

5 Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Olahraga yang Bikin Jantung Anda Lebih Sehat

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga untuk kesehatan jantung yang mudah dilakukan, di antaranya:

1. Jalan Cepat

Aktivitas ini berada di urutan teratas dari daftar aktivitas yang dapat menyehatkan jantung. Berdasarkan studi, berjalan cepat hanya 30 menit sehari selama lima hari dalam seminggu dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebanyak 19%. 

Di samping itu, jalan cepat juga dapat menguatkan dan meningkatkan detak jantung. Untuk mendapatkan lebih banyak manfaatnya, Anda bisa menambah kecepatan dalam berjalan. 

Selain mudah dilakukan mana saja dan kapan saja, olahraga untuk jaga kesehatan jantung ini hanya membutuhkan sepatu lari yang nyaman.

2. Yoga

Yoga adalah olahraga yang dapat membantu memperkuat dan mengencangkan otot. Selain itu, yoga juga dikenal sangat bagus untuk kesehatan jantung. 

Gerakan yoga tertentu dapat meningkatkan detak jantung sekaligus memberikan ketenangan yang dapat menurunkan tekanan darah

Anda tidak harus melakukan olahraga ini dengan intensitas tinggi untuk mendapatkan manfaatnya bagi jantung. Cukup lakukan yoga secara rutin dan lakukan dengan gerakan yang tepat.

Baca Juga5 Gerakan Yoga untuk Jantung Sehat yang Mudah Dilakukan

3. Berenang

Olahraga air ini tidak hanya memperkuat seluruh tubuh, tetapi juga memperkuat jantung Anda. Selain membuat paru-paru dan jantung kuat, berenang juga mampu menurunkan tekanan darah. 

Di samping itu, olahraga ini juga bisa menjadi pilihan aerobik yang bagus, terutama jika Anda sedang memulihkan diri dari cedera.

4. Bersepeda

Aktivitas satu ini telah terbukti dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Bersepeda membuat otot besar di kaki dapat meningkatkan detak jantung. Selain itu, bersepeda juga telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. 

5. Latihan Beban

Melakukan angkat beban tidak hanya membantu membangun massa otot dan membakar lemak, tetapi juga baik untuk meningkatkan meningkatkan kekuatan jantung Anda. 

Menurut sebuah studi, mengangkat beban dapat membantu mengurangi kemungkinan seseorang terkena stroke hingga serangan jantung sekitar 40 sampai 70%.

Selain di tempat gym, Anda bisa melakukan latihan beban menggunakan berat badan sendiri seperti push up, squat, dan pull up.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga untuk jantung sehat yang bisa Anda pilih. Apakah Anda akan memilih mengikuti kelas yoga tiga kali seminggu, berjalan-jalan di taman, atau berenang setiap pagi? Apapun olahraga yang Anda pilih usahakan untuk melakukannya secara teratur. 

 

  1. Anonim. 2021. 6 Best Exercises to Strengthen Your Heart. https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/heart/2019/02/6-best-exercises-to-strengthen-your-heart/ (Diakses pada Desember 2022)
  2. Giselle. 2022. 5 Expert-Approved Workouts That Will Make Your Heart Stronger. https://www.cnet.com/health/fitness/beyond-cardio-5-workouts-to-strengthen-your-heart-health/ (Diakses pada Desember 2022)
  3. Kim. 2022. 6 Exercises to Improve Heart Health. https://www.goodrx.com/well-being/movement-exercise/exercises-to-improve-heart-health (Diakses pada Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi