Terbit: 2 February 2022 | Diperbarui: 4 February 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat cuci tangan tidak hanya menghilangkan bakteri atau virus penyebab COVID-19, tetapi memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak manfaat lainnya hingga cara mencuci tangan yang benar di bawah ini!

6 Manfaat Rajin Cuci Tangan Pakai Air dan Sabun bagi Kesehatan

Manfaat Cuci Tangan bagi Kesehatan

Mencuci tangan yang benar merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Mencuci tangan akan lebih mudah dilakukan jika kita mengetahui manfaat menjaga kebersihan tangan sebanyak mungkin dan juga menjaga kebersihan lingkungan dengan baik.

Berikut ini manfaat cuci tangan bagi kesehatan:

1. Menjaga lingkungan kerja tetap sehat

Setiap orang yang pernah memiliki pekerjaan pasti mengetahui betapa mudahnya penyakit menular di tempat kerja. Begitu seorang rekan kerja sakit, tidak lama kemudian semua orang akan tertular.

Manfaat mencuci tangan yang benar oleh semua karyawan dapat secara drastis mengurangi penyebaran penyakit dan bahkan membantu agar tidak terinfeksi sejak awal.

2. Menghilangkan bakteri

Bakteri telah ada dan berkembang di bumi selama miliaran tahun. Mikroba bersel satu ini ulung dalam bertahan hidup di tangan dan berbagai benda.

Perlu diketahui, bahwa bakteri mampu tumbuh subur di tangan selama berhari-hari, dan mencari perlindungan di kuku dan kutikula.

Bakteri dapat berkembang biak pada benda yang sering disentuh banyak orang, misalnya uang kertas, yang dapat bertahan selama dua minggu penuh. tetapi mencuci tangan secara teratur dapat membuat Anda terlindungi.

Oleh karena itu, biasakan untuk mencuci tangan dengan benar agar bakteri mati dan menghilangkan virus, seperti virus corona (COVID-19).

3. Mengurangi penularan penyakit

Manfaat cuci tangan pakai sabun akan sangat membantu Anda dalam mengurangi penularan berbagai penyakit.

Sebaliknya, jika mencuci tangan tidak benar dapat menyebabkan hampir semua penyakit yang dipicu oleh makanan. Hal ini tidak hanya terjadi di dapur restoran, misalnya di rumah.

Meskipun di rumah sendiri, Anda juga perlu waspada terhadap kebersihan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan dan menyajikan makanan.

4. Mencegah infeksi

Hampir setiap orang mungkin tidak menyadari sering menyentuh mata, hidung, dan mulut hingga empat kali dalam satu jam. Kendatipun sepertinya sepele, kebiasaan ini berisiko tinggi bagi bakteri untuk memasuki tubuh dan menyebabkan infeksi.

Flu mungkin infeksi pernapasan yang paling mengganggu dan paling sering terjadi. Sementara virus yang menyebabkannya ditularkan melalui udara, penularan melalui udara tidak begitu efisien. Faktanya, sebagian besar flu disebabkan virus yang ditularkan ke bagian wajah dengan kondisi basah oleh tangan kotor.

Oleh karena itu, mencuci tangan secara menyeluruh dapat mengurangi kemungkinan mikroba jahat ini akan bersarang di dekat wajah. Dengan begitu dapat membantu mencegah penyakit, seperti infeksi.

5. Menjaga kesehatan anak-anak

Mengajari anak-anak bagaimana cara mencuci tangan dengan benar dapat mengurangi penyebaran penyakit di sekolah dan di rumah. Tangan anak mudah bersentuhan dengan ratusan permukaan dan benda yang berbeda setiap harinya.

Untuk mendapatkan manfaat cuci tangan pakai sabun secara maksimal, orang tua, guru, atau pengasuh, harus memastikan anak menjaga tangan tetap bersih dan bebas kuman setiap beraktivitas.

6. Menekan peningkatan resistensi antibiotik

Manfaat cuci tangan yang benar dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan perut dan pernapasan hingga lebih dari 30 persen. Antibiotik biasanya tidak perlu diresepkan untuk memerangi infeksi ini, yang dalam banyak kasus dipicu oleh virus, bukan bakteri.

Menggunakan antibiotik secara berlebihan dapat menyebabkan resistensi bakteri, membuat penyakit lebih sulit untuk disembuhkan.

Baca Juga: Cuci Tangan dengan Air Kobokan, Bersih atau Tidak?

Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Untuk mendapatkan manfaat cuci tangan 6 langkah menurut WHO atau World Health Organization, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Menggosok telapak tangan

Membasahi tangan dan menuangkan sabun cair di telapak tangan. Kemudian mengusap dan menggosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

2. Menggosok punggung tangan

Gosok kedua punggung tangan dengan jari-jari yang saling bertautan. Caranya, letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dan gosok dengan jari-jari saling bertautan.

Setelah selesai, lakukan cara yang sama dengan telapak tangan kiri di atas punggung tangan kanan.

3.  Menggosok sela-sela jari tangan

Jangan lupa untuk menggosok sela-sela jari tangan hingga bersih. Bersihkanlah sela-sela jari dengan menggosokkan kedua telapak tangan dengan jari yang saling bertautan.

4. Membersihkan setiap ujung jari tangan

Membersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. Caranya kepalkan jari-jari tangan kiri dan kaitkan tangan kanan. Kemudian gosokkan ke telapak tangan dan bergantian setelah selesai dengan satu tangan.

5. Menggosok ibu jari

Bersihkanlah ibu jari dengan membungkus menggunakan satu tangan di atas ibu jari lainnya dan gosok dengan gerakan memutar. Lakukan hal yang sama untuk kedua ibu jari.

6. Menggosok telapak tangan dengan ujung jari

Langkah terakhir, gosokkan ujung jari pada telapak tangan yang berlawanan dengan gerakan memutar. Lakukan cara yang sama untuk kedua telapak tangan.

Baca Juga: 12 Cara Mencuci Tangan yang Benar (Standar WHO)

Kapan Waktu yang Tepat Harus Mencuci Tangan?

Ketika menyentuh orang lain, permukaan, dan benda sepanjang hari, Anda mungkin memiliki banyak kuman di tangan. Dengan begitu, tubuh dapat terinfeksi oleh kuman tersebut dengan menyentuh mata, hidung atau mulut, atau menyebarkannya ke orang lain.

Untuk menjaga tangan bebas kuman, maka sering-seringlah mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih. Kebiasaan ini dapat membantu membatasi perpindahan bakteri, virus, dan mikroba lainnya.

Pastikan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas berikut:

  • Menyiapkan dan menyantap makanan.
  • Mengobati luka atau merawat orang sakit.
  • Memasuki atau meninggalkan tempat umum.
  • Menyentuh barang atau permukaan benda yang sering disentuh banyak orang, seperti gagang pintu, tombol lift, atau keranjang belanja.
  • Memasang atau melepas lensa kontak.

Pastikan pula selalu cuci tangan setelah:

  • Batuk, bersin, membuang ingus, atau mengupil.
  • Menggunakan toilet, mengganti popok, atau membersihkan anak yang telah menggunakan toilet.
  • Menyentuh hewan, pakan ternak, atau kotoran hewan.
  • Menangani sampah.
  • Menangani makanan dan merawat hewan peliharaan.

Itu dia manfaat cuci tangan bagi kesehatan dan cara yang benar dalam mencuci tangan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 6 Benefits of Proper Hand Washing. https://scrippsamg.com/6-benefits-of-proper-hand-washing/ (Diakses pada 2 Februari 2022)
  2. Anonim. 2017. 6 Benefits of Proper Hand Washing. https://www.alsco.com.au/2017/07/benefits-proper-hand-washing/ (Diakses pada 2 Februari 2022)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. 7 steps of handwashing with tips for a fun handwashing experience. https://www.fairprice.com.sg/tips/money-saving/7-steps-of-handwashing/ (Diakses pada 2 Februari 2022)
  4. Mayo Clinic Staff. 2021. Hand-washing: Do’s and don’ts. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/hand-washing/art-20046253 (Diakses pada 2 Februari 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi