Terbit: 27 December 2021 | Diperbarui: 4 November 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Keratin treatment adalah salah satu perawatan rambut agar tampak lebih lurus dan mudah diatur. Selengkapnya ketahui jenis perawatan keratin, manfaat hingga kekurangannya berikut ini!

Keratin Treatment, Perawatan agar Rambut Lebih Lurus dan Mudah Diatur

Apa itu Keratin Treatment?

Keratin treatment adalah prosedur kimia yang biasanya dilakukan di salon kecantikan untuk membuat rambut keriting tampak lebih lurus, menambah kilau rambut, dan mudah diatur. Perawatan ini dapat bertahan selama 6 bulan.

Prosedur perawatan keratin dengan mencuci rambut, kemudian penata rambut mengoleskan cairan keratin atau serum, mulai dari kulit kepala sampai ujung batang rambut. Proses ini membutuhkan sekitar 1-3 jam.

Namun, beberapa penata rambut lebih memilih untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu dan menerapkan perawatan pada rambut kering. Kemudian menekan rambut seperti menyetrika.

Jenis Keratin Treatment

Beberapa perawatan keratin membuat rambut terlihat lurus sementara yang lain hanya menghaluskan keriting. Perawatan keratin yang tepat berdasarkan jenis rambut dan kebutuhan styling.

Berikut adalah beberapa jenis keratin treatment:

1. Brazilian blowout

Salah satu perawatan keratin paling awal yang dikembangkan adalah dari Brasil di tahun 2005. Perawatan dengan jenis Brazilian blowout mahal, tetapi sepadan karena menghilangkan keriting dan menghaluskan kutikula rambut dengan melapisi helai dalam lapisan protein pelindung. Perawatannya bertahan hingga tiga bulan.

2. Cezanne

Cezanne adalah perawatan rambut keratin yang paling alami karena tanpa formaldehida. Perawatan ini sangat cocok untuk rambut halus karena tidak hanya menghilangkan keriting tetapi juga memelihara rambut yang rusak. Sayangnya, cezanne dapat merusak warna rambut yang pirang.

3. Trisolla dan Trisolla Plus

Jenis ini adalah perawatan rambut keratin yang paling cepat prosesnya. Ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki rambut tebal dan rambut rusak atau berwarna.

Apabila ingin melembutkan tekstur rambut ikal tergantung pada berapa kali setiap helai diratakan seperti disetrika. Perawatannya tidak mencerahkan warna rambut, membuat rambut mudah diatur, dan tahan terhadap cuaca panas dan lembap.

4. Keratin ekspres

Sesuai namanya, perawatan keratin ekspres termasuk singkat dengan mengaplikasian keratin pada rambut dalam bentuk serum, diikuti dengan menutup menggunakan pengering rambut.

Cara ini sangat ideal untuk rambut bergelombang atau keriting yang ingin membuat rambut lebih mudah diatur. Efeknya akan bertahan hingga enam minggu.

5. Japzilian keratin

Menggabungkan perawatan keratin Brasil dengan sistem pelurusan rambut Jepang, Japzilian memberikan hasil yang lebih tahan lama daripada perawatan keratin lainnya, karena dapat bertahan lima bulan lebih lama dari Brazilian blowout.

Ikal pertama-tama mengendurkan menggunakan perawatan Brasil, diikuti penerapan perawatan Japzilian di atas yang menutup kutikula dan keriting.

Japanese straightening perm disisir melalui rambut dan untaian kasar dilapisi dua kali. Kemudian rambut dibilas setelah satu jam dan dikeringkan lagi agar rambut halus yang benar-benar kering dengan mengandalkan udara.

Baca Juga: 7 Cara Meluruskan Rambut dengan Masker Bahan Alami

Manfaat Keratin Treatment

Tubuh secara alami memproduksi protein keratin, yang terdiri dari rambut dan kuku. Keratin dalam perawatan untuk rambut keriting, mungkin berbahan wol, bulu, atau tanduk. Sampo dan kondisioner tertentu mengandung keratin, tetapi untuk mendapatkan manfaat terbesarnya dari perawatan salon.

Berikut ini beberapa manfaat keratin treatment:

1. Rambut halus dan berkilau

Manfaat keratin dapat menghaluskan sel-sel yang tumpang tindih untuk membentuk helai rambut, yang berarti rambut semakin mudah diatur dan menghaluskan rambut keriting. Ini membuat rambut yang mengering dengan sedikit keriting dan terlihat berkilau dan sehat.

Keratin juga mampu mengurangi penampilan ujung rambut bercabang dengan mengikat rambut ke belakang untuk sementara waktu.

2. Rambut lebih mudah diatur

Perawatan dengan keratin membuat rambut lebih mudah diatur, terutama jika rambut sangat keriting atau tebal. Manfaat keratin treatment dapat mengurangi waktu pengeringan lebih dari setengahnya.

Rambut juga bisa menjadi lebih sehat dan kuat, karena mencegah dari kerusakan akibat panas.

3. Hasil tahan lama

Perawatan keratin bisa memberikan hasil yang bertahan hingga 6 bulan. Hasil ini bisa didapatkan jika perawatan keratin dengan tidak mencuci rambut terlalu sering, misalnya 2-3 kali seminggu sudah cukup.

4. Pertumbuhan rambut

Manfaat keratin dapat menguatkan dan melindungi rambut agar tidak mudah patah. Dengan begitu, ini bisa membuat rambut tampak tumbuh lebih cepat karena ujungnya tidak patah.

Meskipun harga keratin treatment tergolong mahal, tetapi hasilnya sepadan. Harga yang ditawarkan di setiap salon kecantikan mungkin berbeda. Adapun kisaran harganya dari Rp400 ribu hingga Rp500 ribu.

Namun, ada pilihan yang lebih murah, tetapi hasilnya tidak akan bertahan lama.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Smoothing yang Bikin Rambut Lurus Tahan Lama

Kekurangan Keratin Treatment

Kendatipun memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan dan penampilan rambut, tetapi perawatan ini memiliki dampak buruk bagi rambut.

Berikut ini kekurangan dari perawatan keratin:

1. Formaldehida

Meskipun tidak semuanya, ada banyak perawatan keratin mengandung formaldehida, yang bisa berbahaya jika tidak sengaja terhirup. Formaldehyde sebenarnya dapat membuat rambut terlihat lebih lurus.

The American Cancer Society memperingatkan bahwa formaldehida adalah karsinogen, yang berarti menyebabkan kanker. Formaldehida juga dapat memicu efek samping kesehatan lainnya.

Formaldehida dan senyawa terkait dalam perawatan keratin dapat menyebabkan masalah kesehatan, meliputi:

  • Iritasi mata
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Mengi
  • Mual
  • Muntah
  • Nyeri dada
  • Ruam

Efeknya terjadi selama atau segera setelah perawatan keratin menggunakan produk yang mengandung formaldehida.

2. Sulit untuk mempertahankan hasil

Mencuci rambut lebih jarang dan menghindari berenang mungkin akan mempersulit perawatan keratin bagi sebagian orang.

Jenis air yang digunakan untuk rambut sangat penting. Berenang di air yang mengandung klor atau garam (di kolam atau laut) dapat mempersingkat masa pakai perawatan keratin.

Penting juga perlu membeli sampo dan kondisioner yang bebas natrium klorida dan sulfat, karena keduanya menghilangkan perawatan keratin.

Setelah perawatan keratin, Anda harus menghindari membasahi rambut selama 3-4 hari. Selama menunggu beberapa hari, mungkin rambut bau apek bau bahkan setelah dicuci.

Penting untuk diperhatikan, perawatan rambut dengan keratin tidak dianjurkan untuk wanita hamil.

 

  • Gallagher, Grace. 2020. Pros and Cons of Keratin Treatments. https://www.healthline.com/health/keratin-treatment-pros-and-cons (Diakses pada 27 Desember 2021)
  • Iftikhar, Noreen. 2021. What Are the Side Effects of a Keratin Treatment?. https://www.healthline.com/health/what-are-the-side-effects-of-a-keratin-treatment (Diakses pada 27 Desember 2021)
  • Rathod, Kalwyna. 2029. Keratin Hair Treatment: Care, Advantages And Disadvantages. https://www.femina.in/beauty/hair/keratin-hair-treatment-all-you-need-to-know-120691.html#what-are-the-different-types-of-keratin-hair-treatments (Diakses pada 27 Desember 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi