Terbit: 17 Juni 2021 | Diperbarui: 7 Oktober 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Cara merawat rambut smoothing dapat membantu mempertahankan rambut tetap lurus, lembut, sehat, dan berkilau. Selengkapnya simak cara meluruskan rambut hingga tips perawatan untuk menyehatkan rambut!

Cara Merawat Rambut Smoothing yang Bikin Rambut Lurus Tahan Lama

Cara Merawat Rambut Smoothing

Smoothing adalah teknik meluruskan rambut yang menggunakan obat dengan kandungan keratin, jenis protein yang menyusun kulit, rambut dan kuku. Agar rambut lurus bertahan lama setelah smoothing, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini beberapa cara merawat rambut smoothing:

1. Tips untuk Rambut Setelah Smoothing

Segera setelah perawatan smoothing atau straightening, Anda akan memiliki penampilan rambut yang baru. Untuk mempertahankannya, ada beberapa tips penting yang harus Anda perhatikan, termasuk:

  • Jangan membasahi rambut setidaknya selama tiga hari, bahkan tidak boleh setetes air pun.
  • Hindari mengikat rambut atau jepit rambut apa pun, karena karena itu akan menekuk rambut dan membuat rambut kembali bergelombang.
  • Menentukan posisi tidur selama sekitar tiga hari untuk memastikan bahwa rambut lurus sepanjang malam saat tidur. Penting juga mengganti sarung bantal secara rutin untuk kesehatan rambut.

2. Tips untuk Rambut Setelah 3 Hari Smoothing

Merawat rambut dengan benar selama 3 hari pertama setelah melakukan perawatan smoothing rambut, merupakan suatu keberhasilan. Ini karena tiga hari adalah waktu yang paling rentan rambut kembali bergelombang.

Setelah berhasil, sekarang saatnya untuk mencuci rambut terlebih dahulu dan perawatan setelahnya, meliputi.

  • Ketika menggunakan sampo dan kondisioner, pastikan hanya menggunakan air dingin. Jangan pernah menggunakan air panas untuk mencuci rambut.
  • Mencuci rambut dengan sampo bebas sulfat (shampo ringan).
  • Kondisikan rambut dengan kondisioner yang sama seperti sampo setelah setiap hari ketiga. Kemudian biarkan di rambut sedikit lebih lama dari biasanya. 
  • Kembali menggunakan masker rambut dengan merek yang sama seperti sampo dan kondisioner. Ini untuk membantu menjaga kelembapan rambut. Anda juga bisa menggunakan masker rambut buatan sendiri.
  • Menggunakan sisir bergigi lebar untuk menghindari kerusakan rambut. Anda juga dapat mengurai rambut dengan jari-jari tangan.
  • Gunakan serum rambut setiap hari. Serum berfungsi melindungi rambut yang dirawat dari semua jenis kerusakan atau polusi dengan membuat lapisan pelindung rambut.
  • Mengunjungi spa rambut secara teratur, karena ini memulihkan segala jenis kerusakan dan membuat rambut sehat dan cantik.

3. Perawatan untuk Rambut Setelah 15 Hari Smoothing

Pada tahap ini, rambut menjadi lebih mudah diatur daripada tahap sebelumnya. Anda juga menjadi sedikit lebih terbiasa untuk mengikuti cara merawat rambut smoothing sehari-hari.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ingat dan jaga setelah 15 hari smoothing:

  • Makan makanan untuk rambut. Cobalah tambahkan makanan untuk rambut dalam menu harian Anda, seperti makanan kaya biotin, kacang-kacangan, almond, sayuran hijau, produk susu, dan buah-buahan yang dapat menyehatkan rambut. 
  • Asupan protein. Menambahkan protein yang cukup dalam menu makanan harian Anda juga sangat penting untuk kesehatan rambut. Makanan sumber protein, termasuk, ikan, ayam, telur, dan produk kedelai. Tambahkan juga makanan yang kaya akan asam amino, seperti biji-bijian, telur, ikan, dan susu. 
  • Rutin pangkas rambut. Memangkas ujung rambut secara teratur agar tidak ada ujung rambut bercabang atau rusak yang membuat rambut rentan mengalami kerusakan lebih lanjut. Pemangkasan juga akan membantu mendapatkan tampilan rambut yang sehat.
  • Hindari penata rambut yang panas. Alat penata rambut yang panas, seperti catokan rambut,  karena akan semakin merusak batang rambut. Pastikan menghindari semua jenis produk penataan rambut yang panas lainnya.
  • Hindari perawatan rambut untuk sementara. Perawatan rambut secara kimiawi sudah memberikan begitu banyak bahan kimia pada rambut. Olah karenanya, tidak ada perawatan, penataan, dan pewarnaan apa pun selama setidaknya enam bulan ke depan.
  • Mengenakan penutup rambut. Gunakanlah penutup rambut, seperti topi dan syal untuk melindungi rambut dari sinar matahari yang berbahaya, polusi, angin, dan hujan.
  • Hindari ikat rambut. Jangan menggunakan karet rambut dan peniti yang ketat karena dapat membuat bergelombang pada rambut yang akan sulit untuk diluruskan kembali.
  • Kondisioner pengganti sampo. Jika kondisi rambut kering dan tidak berminyak, gunakan kondisioner sebagai sampo di sela-sela keramas dalam seminggu.

Baca Juga: 13 Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami (Cepat dan Efektif)

Perawatan Alami yang Bikin Rambut Sehat, Halus, dan Berkilau

Setelah melakukan serangkaian cara merawat rambut smoothing, penting juga untuk melakukan perawatan rambut agar tetap sehat. Ada perawatan alami yang bisa Anda terapkan. Perawatan alami ini dapat membuat rambut semakin sehat, lembut, dan berkilau.

Berikut ini beberapa perawatan rambut dengan bahan alami: 

1. Masker Telur untuk Rambut

Masker telur adalah salah satu perawatan alami yang sudah populer. Manfaat masker telur dapat membuat rambut halus dan berkilau. Kuning telur mengandung peptida yang cocok untuk pertumbuhan rambut dan membantu meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan. Kandungan asam lemak telur juga membantu menyehatkan dan melembapkan rambut, sehingga membuatnya berkilau.

Berikut ini cara menggunakan masker telur untuk rambut:

  • Campurkan 2 sendok makan minyak kelapa, zaitun, atau vitamin E dengan 2 butir telur dan secangkir yoghurt atau madu. 
  • Basahi rambut dan pijat campuran ini pada kulit kepala dan rambut.
  • Setelah membiarkannya 30 menit, bilas dengan air dingin dan keramas rambut seperti biasa.

Baca Juga: 17 Cara Menghaluskan Rambut yang Mudah dan Praktis

2. Minyak Rambut

Oleskan minyak tertentu pada rambut secara teratur dapat mengembalikan kilau dan kesehatan rambut. Beberapa minyak yang cocok untuk rambut, termasuk minyak dari kelapa, zaitun, jojoba, bunga matahari, almond, dan alpukat. Minyak ini memiliki kandungan asam lemak tinggi yang membantu melembabkan rambut kering.

Berikut ini cara menggunakan minyak untuk rambut:

  • Hangatkan sedikit minyak dan pijatkan ke rambut dan kulit kepala. Biarkan semalaman atau keramas rambut setelah 30 menit.
  • Campurkan salah satu minyak dalam kondisioner dan gunakan.

3. Bilas Rambut dengan Kopi

Menggunakan kopi dapat meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut. Polifenol dan bioflavonoid dalam kopi dapat membantu membuat rambut halus, lembut, dan berkilau. Kopi juga dapat membantu melembapkan rambut dan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut.

Berikut ini cara menggunakan kopi untuk rambut:

  • Pijat rambut basah dengan kopi dingin yang sudah diseduh dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya.
  • Anda juga dapat mencampur kopi yang diseduh dengan kondisioner dan gunakan.

 

  1. Essentia, Derma. 2020. How To Take Care Of Hair After Smoothening. https://www.dermaessentia.com/blogs/learn/hair-after-smoothening (Diakses pada 17 Juni 2021)
  2. Sanghvi, Akanksha S. 2021. 8 Home Remedies for Shiny and Smooth Hair. https://www.emedihealth.com/skin-beauty/hair-scalp/make-dull-hair-smooth-and-shiny (Diakses pada 17 Juni 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi