Terbit: 30 March 2022 | Diperbarui: 4 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Seiring bertambahnya usia kondisi kulit akan mengalami perubahan. Namun, dengan perawatan yang tepat Anda tetap bisa menjaga kulit tetap awet muda. Lantas, bagaimana cara meremajakan kulit dan vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung proses tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

10 Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Meremajakan Kulit Wajah

Cara Meremajakan Kulit Wajah

Kerutan pada wajah adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Namun, Anda bisa memperlambat proses penuaan tersebut agar tampak lebih muda. Oleh karena itu, mengetahui apa saja perawatan meremajakan kulit adalah sesuatu yang penting.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kulit tetap awet muda, di antaranya:

1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Cara pertama untuk merawat keremajaan kulit adalah dengan menghindari kontak langsung dengan sinar matahari. Sinar UVA dan UVB bisa merusak kulit dan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan kulit.

Selalu gunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 jika ingin melakukan aktivitas di luar ruangan dan ulangi penggunaannya setiap 2 jam sekali. Jika memungkinkan, hindari paparan langsung sinar matahari terutama mulai jam 10 pagi hingga jam 2 siang.

2. Eksfoliasi kulit setiap minggu

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati untuk mendorong pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat. Dengan melakukan eksfoliasi, produksi kolagen juga dapat ditingkatkan sehingga kulit semakin terlihat muda dan sehat.

Selain itu, eksfoliasi kulit juga dapat mengatasi permukaan kulit yang tidak merata akibat bopeng bekas jerawat dan memberikan tampilan kulit yang lebih mulus.

3. Hindari air panas

Air panas bisa mengikis kelembapan kulit secara lebih cepat. Oleh karena itu, gunakan air dingin untuk menjaga keremajaan kulit. Air panas dapat mengurangi kadar minyak alami kulit yang menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit.

Selain itu, air panas juga dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sementara yang membuat kulit terlihat memerah.

Jika cuaca sedang dingin, bersihkan wajah dengan air hangat kemudian lanjutkan dengan pelembap berbahan alami seperti coconut oil, shea butter, dan almond oil untuk mengembalikan kelembaban kulit.

4. Terapkan pola makan sehat

Sayuran berdaun hijau seperti kale dan bayam dipercaya dapat menjadi cara meremajakan kulit wajah secara alami. Selain itu, makanan dengan kandungan omega-3 yang tinggi seperti salmon dan flaxseed oil juga baik dikonsumsi untuk membantu menjaga keremajaan kulit.

Selain itu, jika Anda ingin melawan munculnya tanda penuaan, ada baiknya mengurangi minuman dan makanan yang manis. Seiring berjalannya waktu, asupan gula yang berlebih dapat memunculkan keriput, garis halus, dan membuat kulit terlihat kusam.

Baca Juga: Kulit Wajah Kering dan Kusam? Coba 8 Cara Ini untuk Mengatasinya!

5. Batasi konsumsi alkohol

Alkohol menjadi salah satu penyebab kulit terlihat kusam dan tidak sehat, sehingga membuat kulit terlihat menua. Konsumsi alkohol menyebabkan pembengkakan pembuluh darah sehingga aliran darah di bawah permukaan kulit menjadi semakin banyak.

Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa menyebabkan kulit jadi memerah dan warnanya tidak merata. Batasi konsumsinya untuk menghindari penuaan kulit dan masalah kesehatan lain yang tidak diinginkan.

6. Berhenti merokok

Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga menjadi pusat masalah kulit. Nikotin di dalam rokok dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah dan membuat lapisan kulit semakin menipis.

Tidak hanya itu, merokok juga menurunkan produksi kolagen dalam tubuh dan membuat kulit menjadi kendur. Otot mulut yang mengerucut saat menghisap rokok juga bisa membentuk keriput dan garis-garis penuaan yang tidak diinginkan di sekitar bibir.

Vitamin untuk Meremajakan Kulit

Selain beberapa cara seperti di atas, mengonsumsi vitamin dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan adalah kunci untuk merawat keremajaan kulit. Berikut adalah beberapa vitamin yang sebaiknya Anda konsumsi untuk membantu peremajaan kulit, di antaranya:

7. Vitamin C

Vitamin C mengandung zat anti-kanker dan berperan dalam produksi kolagen untuk kulit. Konsumsi vitamin C dapat membuat kulit terlihat lebih awet muda, membantu menyembuhkan kulit yang rusak, serta mengurangi kerutan pada kulit.

Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, sayuran, vitamin yang direkomendasikan oleh dokter, serta produk perawatan kulit.

8. Vitamin D

Sumber vitamin D alami tentu saja adalah dari sinar matahari. Namun demikian, pastikan Anda melindungi kulit dengan tabir surya saat berjemur di bawah matahari dan hindari berkontak langsung dengan sinar matahari setelah jam 10 pagi. Asupan vitamin D harian yang dibutuhkan oleh kulit adalah 600 IU.

Baca Juga: 15 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami dan Medis

9. Vitamin K

Vitamin K berperan penting untuk mencegah penggumpalan darah. Selain itu, vitamin K juga sangat bermanfaat untuk mengatasi beberapa kondisi kulit seperti stretch mark, bekas luka, jerawat, bintik hitam, serta lingkaran hitam di bawah mata.

Sumber vitamin K alami antara lain adalah kale, bayam, selada, kubis, dan kacang hijau.

10. Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E juga bekerja sebagai antioksidan. Fungsi utama vitamin E adalah untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Jika Anda adalah pemilik kulit kering, maka vitamin E akan membantu meremajakan kulit dengan menjaganya tetap lembap secara alami.

Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi kacang-kacangan, mengonsumsi multivitamin, dan menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin E dan vitamin C sekaligus.

Pada akhirnya, kulit sehat memang menjadi impian banyak orang. Oleh karena itu, mengetahui berbagai cara meremajakan kulit adalah sesuatu yang penting.

 

  1. Anonim. 2019. 5 Tips to Rejuvenate Your Aging Skin. https://shorthillsderm.com/blog/5-tips-to-rejuvenate-your-aging-skin/. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  2. Bowman, Joe. 2020. The 4 Best Vitamins for Your Skin. https://www.healthline.com/health/4-best-vitamins-for-skin. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  3. Lindberg, Sara. 2020. 9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin. https://www.healthline.com/health/dull-skin. (Diakses pada 28 Maret 2022).

 


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi