Terbit: 18 September 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Kulit wajah yang kering dan kusam bisa menurunkan kepercayaan diri dan membuat seseorang terlihat kurang bersinar. Maka dari itu, simak pembahasan tentang cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam serta rekomendasi skincare terbaik untuk kulit kering pada artikel ini.

Kulit Wajah Kering dan Kusam? Coba 8 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam

Kulit adalah lapisan terluar tubuh untuk melindungi tubuh dari benda asing. Kulit memiliki bulu halus, bahkan berminyak sebagai pertahanan tubuh. Kulit wajah termasuk bagian kulit yang tipis dan sering terpapar sinar matahari, udara kotor, atau debu, sehingga seringkali kulit wajah menjadi kusam dan kering.

Kulit wajah kering dan kusam sebenarnya adalah masalah kulit yang sering terjadi akibat kulit kehilangan minyak atau pelembap alami. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan, termasuk iklim kering, cuaca panas, kebiasaan mandi air panas, atau penggunaan sabun dengan bahan kimia yang keras.

Bila Anda mengalami masalah kulit kusam dan kering akhir-akhir ini, jangan khawatir karena ada beberapa opsi perawatan kulit kering dan kusam yang bisa Anda lakukan di rumah. Berikut ini tips mengatasi kulit kusam dan kering:

1. Gunakan Pelembap

Manfaat pelembap untuk membantu menghidrasi kulit dengan cara menarik air ke dalam epidermis dan mengembalikan kelembapan alami kulit. Pelembap atau moisturizer juga dapat melindungi lapisan kulit terluar (skin barrier) dan menjaga kulit dari berbagai risiko kerusakan, termasuk flek hitam, kulit kering, dan kusam.

Disarankan untuk memakai pelembap dua kali sehari setelah cuci muka untuk menciptakan kulit wajah yang lembap, cerah, dan lebih sehat. Jenis pelembap terbaik umumnya mengandung bahan-bahan seperti ceramide, hyaluronic acid, gliserin, dimethicone, serta kombinasi minyak alami seperti minyak bunga matahari, minyak squalene, minyak jojoba, almond oil, grapeseed oil, atau tea tree oil yang bersifat seperti pelembap alami wajah.

2. Hindari Cuci Muka dengan Air Panas

Salah satu penyebab kulit kering dan kusam yang tidak disadari adalah kebiasaan cuci muka atau mandi dengan air panas. Air panas dapat meluruhkan minyak alami pada kulit yang bertugas untuk menjaga kelembapan kulit tetap seimbang.

Disarankan untuk menggunakan air hangat dan jangan cuci muka atau mandi terlalu lama (5-10 menit saja) agar kulit tidak kehilangan pelembap alami.

Baca Juga: 12 Cara Merawat Wajah Secara Alami (Pasti Glowing)

3. Penuhi Kebutuhan Antioksidan

Cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam adalah dengan memenuhi kebutuhan antioksidan, baik dari sumber alami atau penggunaan skincare. Pasalnya, kulit kering dan kusam adalah tanda bahwa ada kerusakan kulit yang harus segera diperbaiki.

Antioksidan adalah sekelompok senyawa alami yang bertugas melindungi sel-sel tubuh (termasuk sel kulit) dari kerusakan. Manfaat antioksidan untuk kulit termasuk untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, menenangkan peradangan kulit, mencegah penuaan dini, serta membantu mencerahkan kulit.

Anda dapat memenuhinya dengan sumber antioksidan alami dari buah dan sayur seperti apel, tomat, wortel, beri-berian, alpukat, dan beragam sayuran berdaun hijau. Pada produk skincare, bahan aktif seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B3 (niacinamide), ferulic acid, resveratrol, retinol, dan ekstrak botani adalah sumber antioksidan yang kuat untuk kulit.

4. Gunakan Sunscreen

Lindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar UV dengan sunscreen minimal SPF 30 agar kulit tidak kering, kusam, gelap, atau terbakar. Kandungan pada produk sunscreen juga dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit dan masalah kulit seperti flek hitam dan tanda penuaan.

Baca Juga: 9 Cara Memilih Sunscreen yang Bagus dan Cara Memakainnya

5. Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit wajah adalah metode pengelupasan sel-sel kulit mati pada lapisan paling luar kulit. Sel kulit mati yang menumpuk tersebut membuat kulit tampak kusam, gelap, kering, dan bahkan dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu komedo atau jerawat.

Jadi, cara mengatasi kulit kusam dan kering adalah dengan cara eksfoliasi kulit maksimal 2-3 kali dalam seminggu. Menurut pakar dermatologi, eksfoliasi kulit dapat membantu membuat tekstur kulit jadi halus, mengatasi garis halus, melembapkan kulit, dan membuat kulit tampak lebih muda. Namun, jangan terlalu sering karena akan membuat kulit semakin kering dan iritasi.

6. Gunakan Masker Wajah

Penggunaan masker wajah 1-3 kali seminggu adalah cara mengatasi wajah kusam dan kering. Pilih masker wajah yang mengandung antioksidan, hyaluronic acid, dan kombinasi ekstrak bahan alami untuk membuat kulit wajah jadi lembap dan glowing sempurna.

7. Hindari Skincare yang Keras

Jangan menggunakan sabun, scrub, atau produk pembersih yang bersifat keras karena itu akan menghilangkan minyak alami kulit dan memperburuk gejala kulit kering, kusam, atau bahkan iritasi. Gunakan pelembap yang lembut seperti ceramide atau ekstrak esensial yang bersifat mirip dengan minyak alami yang diproduksi kulit.

8. Gunakan Face Oil dan Essence 

Cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam adalah dengan menggunakan face oil dan essence secara rutin. Face oil dibuat dari kombinasi minyak tumbuhan alami, minyak esensial, atau ekstrak natural untuk merawat kulit dengan sempurna. Sementara essence adalah produk perawatan kulit berbasis air untuk menghidrasi, melembapkan, dan mencerahkan kulit wajah.

cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam bio beauty lab skincare x doktersehat

Salah satu rekomendasi face oil dan essence terbaik adalah produk skincare dari Bio Beauty Lab. Bio Beauty Lab adalah merek skincare kulit lokal yang berdiri sejak tahun 2017. Solusi agar kulit lembap, cantik, dan glowing!

Berikut ini rekomendasi face oil dan essence terbaik dari Bio Beauty Lab untuk mengatasi kulit kering dan kusam:

  • Luxurious Facial Oil Serum

Mengandung bahan aktif squalane oil, evening primrose oil, rosehip seed oil, sea buckthorn oil, sweet almond oil, macadamia oil, geranium essential oil, frankincense essential oil, lemon essential oil, dan vitamin E.

Manfaat Luxurious Facial Oil Serum untuk melembapkan, mencerahkan, menghidrasi, meregenerasi, mengurangi tanda penuaan kulit, serta memperbaiki masalah kulit umum lainnya secara efektif. Gunakan Luxurious Facial Oil Serum sebagai tahapan akhir dari skincare routine Anda, dua kali sekali pagi dan malam untuk hasil terbaik.

  • Phyto Power Essence – Pre Serum

Phyto Power Essence mengandung kombinasi bahan alami yaitu phytoliquid ginseng, galactomyces, centella asiatica extract, niacinamide, camellia leaf extract, cotton seed extract, yeast ferment extract, garlic bulb extract, dan allantion.

Fungsi Phyto Power Essence untuk melembapkan, mencerahkan, serta membuat tekstur kulit jadi halus dan kenyal. Gunakan Phyto Power Essence setelah cuci muka agar kulit bisa lebih menyerap kandungan skincare lanjutan lainnya, serta skincare bekerja lebih maksimal dan sempurna.

Face oil dan essence dari Bio Beauty Lab mengandung kombinasi bahan alami, vitamin untuk kulit, dan antioksidan yang efektif untuk mengatasi kulit kering, kusam, dan gelap. Selain itu, Bio Beauty Lab juga memiliki produk untuk perawatan kulit berjerawat, yaitu Facial Oil Serum Acne Treatment untuk mencegah jerawat, membersihkan komedo, meregenerasi kulit, mencerahkan, dan menjaga kelembapan kulit.

___

Nah, itulah beberapa cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam dan rekomendasi skincare terbaik. Jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit secara teratur demi menciptakan kulit yang bersih, cerah, dan sehat.

 

  1. Burns, Chelsea. 2020. Dull Skin: 7 Causes And Solutions For Getting Your Glow Back. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a32415963/dull-skin/. (Diakses pada 15 September 2021).
  2. Dr. Rebecca Lasheve. 2016. 7 Reasons You Should Really Start Using Face Oils. https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a36318/face-oils-benefits/. (Diakses pada 15 September 2021).
  3. Lindberg, Sara. 2020. 9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin. https://www.healthline.com/health/dull-skin. (Diakses pada 15 September 2021).
  4. Mayo Clinic. 2019. Dry skin. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/diagnosis-treatment/drc-20353891. (Diakses pada 15 September 2021).
  5. Palmer, Angela. 2020. How to Use Antioxidants for Skin Health. https://www.verywellhealth.com/antioxidants-for-skin-health-4587778. (Diakses pada 15 September 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi