Terbit: 1 December 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Ketumbar adalah salah satu bumbu yang umum digunakan untuk membuat makanan lebih sedap. Selain memperkaya cita rasa masakan, rempah ini juga memiliki sejumlah kebaikan untuk tubuh. Apa saja manfaat ketumbar bagi kesehatan? Simak selengkapnya melalui ulasan berikut.

Selain Menjadi Penyedap, Ini 10 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Ketumbar—baik daun maupun bijinya—menyimpan kandungan yang baik untuk tubuh. Rempah ini bisa menjadi sumber serat, kalsium, magnesium, zat besi, dan mangan.

Daun ketumbar memiliki sebelas komponen minyak esensial dan enam jenis asam, termasuk di antaranya vitamin C atau asam askorbat.

Sementara itu, biji ketumbar kaya akan fitonutrien dan berbagai nutrisi yang sama dengan bagian daunnya.

Berkat seluruh kandungan tersebut, ketumbar menjadi tumbuhan yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat ketumbar yang penting untuk Anda tahu, di antaranya:

1. Mengurangi Inflamasi

Salah satu manfaat ketumbar untuk kesehatan adalah kemampuannya dalam mengurangi inflamasi atau peradangan. Khasiat ini hadir berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

Nah, antioksidan inilah yang akan mencegah terjadinya kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga sudah terbukti mampu melawan peradangan di tubuh.

2. Menurunkan Gula Darah

Perlu diketahui, tingginya kadar gula di dalam darah yang terjadi terus-menerus bisa meningkatkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2.

Nah, ketumbar disebut-sebut dapat membantu mengurangi kadar gula di dalam darah dengan mengaktifkan enzim tertentu. Manfaat ketumbar ini bisa diperoleh dari biji, ekstrak, ataupun minyaknya.

Sebaliknya, orang yang memiliki gula darah rendah harus berhati-hati pada rempah yang satu ini. Pasalnya, khasiatnya sangat efektif dalam menurunkan gula darah.

Baca JugaMenilik Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Jantung, Apa Saja?

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ekstraksi ketumbar diketahui memberikan efek diuretik, di mana hal ini akan membantu membuang kelebihan natrium di dalam tubuh sehingga tekanan darah bisa menurun.

Jadi, manfaat air ketumbar secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan jantung karena dapat menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu, ketumbar juga baik untuk jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Minyak atsiri yang diperoleh dari ekstraksi ketumbar mengandung komponen yang baik untuk kesehatan pencernaan, seperti borneol dan linalool.

Menurut penelitian dalam Ethnobotanical Leaflet, ketumbar dapat membantu meredakan diare akibat mikroba dan jamur.

Khasiat ini berasal dari kandungan yang bersifat antibakteri, seperti cineole, limonene, borneol, alpha-pinene, dan beta-phellandrene.

5. Membantu Melawan Infeksi

Salah satu manfaat ketumbar adalah membantu mengatasi infeksi, terutama infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella.

Khasiat ini kemungkinan berasal dari kandungan duodenum yang tinggi pada ketumbar. Menurut penelitian di University of California, senyawa alami ini diketahui lebih kuat dua kali lipat dibandingkan dengan antibiotik untuk melawan Salmonella.

6. Memberikan Perlindungan pada Kulit

Manfaat lainnya dari ketumbar adalah menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya berperan dalam menjaga kulit dari tanda-tanda penuaan dan efek buruk paparan sinar matahari.

Selain itu, sejumlah penelitian juga menemukan bahwa ketumbar dapat membantu mengatasi ruam kulit.

Kendati demikian, manfaat ketumbar untuk kulit masih memerlukan penelitian lanjutan.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat ketumbar untuk kesehatan otak berkaitan dengan sifat antiinflamasi di dalamnya. Senyawa ini dipercaya dapat membantu melindungi Anda dari berbagai penyakit yang menyerang otak.

Perlu diketahui, berbagai penyakit pada otak berhubungan dengan peradangan pada tubuh, misalnya saja Alzheimer, Parkinson, dan multiple sclerosis.

Berbagai penelitian sudah menunjukkan bahwa antioksidan dalam tanaman ini dapat membantu mengurangi risiko peradangan pada otak, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi gejala kecemasan. Namun, penelitian pada manusia masih diperlukan.

8. Memperkuat Tulang

Ketumbar kaya akan kalsium sehingga dapat menjadi pilihan sumber kalsium yang baik. Selain kandungan tersebut, rempah ini juga mengandung sejumlah mineral penting yang dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang, sekaligus mencegah osteoporosis.

Menurut penelitian, menambahkan ramuan ketumbar ke dalam makanan dapat membantu menjaga tulang Anda kuat dan sehat selama beberapa tahun.

9. Memelihara Kesehatan Mata

Berkat antioksidan di dalamnya, ketumbar bermanfaat untuk kesehatan mata; termasuk mencegah gangguan degenerasi makula serta mengurangi stres dan ketegangan pada mata.

Selain itu, daun ketumbar mengandung beta-karoten yang dapat mengurangi berbagai risiko gangguan pada mata.

Baca Juga12 Manfaat Daun Parsley untuk Kesehatan Tubuh

10. Melebatkan Rambut

Bagi pemilik rambut rontok, Anda mungkin tidak ingin melewatkan manfaat ketumbar yang satu ini. Ya, ketumbar merupakan nutrisi alami bagi kesehatan rambut Anda.

Jus ketumbar yang dioleskan pada kulit kepala diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, sekaligus mencegah kerontokan rambut terjadi.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskannya ke kulit kepala, tunggu selama satu jam, lalu bilas menggunakan air mengalir. Anda bisa menggunakan jus ketumbar sebelum keramas menggunakan sampo.

Itu dia beberapa manfaat ketumbar yang sayang untuk dilewatkan. Meski berpotensi mendatangkan manfaat, tetap waspadai kemungkinan efek samping yang dapat terjadi, misalnya reaksi alergi pada kulit.

Sementara pada wanita hamil, sebaiknya hindari konsumsi ketumbar, kecuali jika sudah berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.

Perlu diingat, sebagian besar manfaat ketumbar diperoleh lewat ekstraksi tanaman. Jadi, belum diketahui berapa jumlah daun atau biji ketumbar yang dapat mendatangkan manfaat serupa.

 

  1. Anonim. 2022. Health Benefits of Coriander. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-coriander. (Diakses pada 30 November 2022).
  2. Agrawal, Surbhi Bansal. 2015. Coriander Juice for Hair Growth. https://www.lybrate.com/topic/coriander-juice-for-hair-growth/bf10765b5a172ee3bb9f65f988c0d66f. (Diakses pada 30 November 2022).
  3. Bjarnadottir, Adda. 2019. 8 Surprising Health Benefits of Coriander. https://www.healthline.com/nutrition/coriander-benefits. (Diakses pada 30 November 2022).
  4. Nagdeve, Meenakshi. 2021. 11 Surprising Health Benefits Of Coriander. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/health-benefits-of-coriander.html. (Diakses pada 30 November 2022).

DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi